Qupas Healthy

Nggak Cuma Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

10 February 2020, at 08:00
Nggak Cuma Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Mungkin nggak banyak orang yang mengonsumsi biji selasih secara rutin. Pasalnya, biji ini biasanya hanya dimanfaatkan sebagai topping atau campuran minuman segar.

Meskipun demikian, biji yang berasal dari tanaman basil ini memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti protein, zat besi, serat, antioksidan, vitamin A, K, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, mengonsumsi biji selasih dapat membawa manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan (Foto: completehealthnews.com)
completehealthnews.com

Manfaat biji selasih yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Indian Journal of Experimental Biology.

Biji selasih mengandung cukup banyak serat dan antioksidan. Kedua asupan tersebut berguna untuk menjaga jumlah kolesterol agar tetap normal dan melindungi pembuluh darah dari pembentukan plak.

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat Biji Selasih (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Selain itu, rutin mengonsumsi biji selasih juga bisa membuat pencernaanmu sehat. Hal ini karena terdapat kandungan pektin yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Bakteri-bakteri tersebut dapat membantu proses pencernaan dan mencegah penyakit. Selain itu, pektin juga bisa menunda pengosongan lambung sehingga asam lambung nggak cepat naik.

3. Menguatkan Gigi dan Tulang

Manfaat Selasih (Foto: thetotalsmile.com)
thetotalsmile.com

Biji selasih mengandung cukup banyak mineral. Mulai dari kalsium, kalium, zat besi, tembaga, mangan, bahkan magnesium. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Maka dari itu, mengonsumsi biji selasih secara rutin diklaim dapat mengurangi risiko osteoporosis dan membuat tulang tetap kuat seiring dengan bertambahnya usia.

Baca juga: Mumpung Lagi Musim, Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Sistem Kekabalan Tubuh

​​​​​​​Biji Selasih (Foto: hellosehat.com)
hellosehat.com
​​​​​​​

Tahu nggak sih, mengonsumsi biji selasih secara rutin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindari dari berbagai penyakit lho.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yaitu polifenol yang cukup tinggi di dalamnya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Biji Selasih untuk Kesehatan (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Manfaat biji selasih selanjutnya adaah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi di dalamnya dapat mencegah gangguan penglihatan.

Selain itu, vitamin A juga menjadi antioksidan kuat bagi retina sehingga dapat mencegah perkembangan katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat biji selasih yang mungkin belum kamu ketahui.