Qupas Family

Nggak Cuma Menyenangkan, Ini Lho Manfaat Liburan untuk Anak-anak

26 December 2019, at 10:00
1
Nggak Cuma Menyenangkan, Ini Lho Manfaat Liburan untuk Anak-anak

Libur telah tiba!

Akhir tahun selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh sebagian besar orang karena bertepatan dengan perayaan Natal, tahun baru, serta liburan sekolah.

Kebanyakan orang akan memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu dengan berlibur. Nggak hanya seru dan menyenangkan, kegiatan tersebut ternyata juga bermanfaat untuk anak-anak lho!

Penasaran kan? Yuk simak ulasan Qupas terkait manfaat liburan untuk anak-anak berikut ini!

1. Menghilangkan Stres

stres anak
pexels.com/@jacub-gomez-447561

Tahu nggak sih, anak-anak juga bisa merasa stres lho. Rutinitas sehari-hari seperti sekolah, les tambahan, dan lain sebagainya juga bisa membuat mereka merasa tertekan.

Menurut Charlote Gerber yang merupakan Bachelor of Science di Empire State Collage, liburan yang melibatkan udara segar, sinar matahari, kebebasan, dan berbagai permainan mampu menurunkan stres pada anak-anak.

2. Melatih Kekuatan Fisik dan Meningkatkan Konsentrasi

manfaat liburan
pexels.com/@yuliantopoitier

Selain menghilangkan stres, liburan juga bisa membantu melatih kekuatan fisik serta meningkatkan konsentrasi anak. Kegiatan di luar ruangan mampu membuat anak bergerak bebas sehingga kemampuan motoriknya terlatih.

Nggak hanya itu, kegiatan yang melibatkan gerakan tangan, kaki, mata, dan organ tubuh lainnya secara bersamaan juga bisa meningkatkan konsentrasi buah hati lho!

3. Menambah Wawasan dan Menstimulasi Perkembangan Otak

manfaat liburan untuk perkembangan anak
colorado.com

Liburan ke tempat-tempat yang cenderung baru atau asing bagi buah hati dapat memberikan tambahan wawasan atau ilmu untuknya.

Children First Foundation USA mengatakan bahwa pengalaman selama liburan akan membuat anak memiliki wawasan yang lebih terhadap budaya, seni, musik, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak Kesepian, Orang Tua Harus Peka Ya!

4. Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak

manfaat liburan untuk anak
pexels.com/@barbara-ribeiro-1667784

Manfaat liburan untuk anak-anak lainnya adalah meningkatkan kemampuan sosial. Secara nggak langsung, si kecil akan berinteraksi dengan orang lain, entah sesama wisatawan maupun penduduk lokal, saat berada di tempat wisata.

Pancing anak-anak untuk berkenalan dengan orang baru untuk melatih kecakapan komunikasi dan rasa percaya dirinya.

5. Meningkatkan Kedekatan dengan Keluarga

liburan bersama keluarga
pexels.com/@pixabay

Liburan juga menjadi salah satu momen yang paling tepat untuk meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak. Apalagi kalau di hari-hari biasa Ayah dan Bunda sibuk bekerja.

Usahakan untuk menjauhkan diri dari ponsel dan segala pekerjaan dan fokuslah pada aktivitas liburan. Buat si kecil merasa nyaman dan curahkan perhatian serta kasih sayang padanya!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat liburan untuk anak-anak. Kamu dan keluarga sudah punya rencana apa nih untuk akhir tahun nanti?