Qupas Family

Nggak Cuma Mitos, Ini Manfaat Air Tajin untuk Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

07 February 2020, at 10:00
Nggak Cuma Mitos, Ini Manfaat Air Tajin untuk Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

Pernahkah kamu mendengar tentang air tajin? Air rebusan beras yang didapat proses penanakan nasi secara tradisional ini sudah lama diklaim memiliki banyak manfaat, terutama untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI.

Hal tersebut ternyata nggak hanya mitos lho Bunda! Menurut penelitian, air tajin mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, mineral, protein, lemak, zat besi, dan vitamin B.

Lantas, apa saja ya manfaat air tajin untuk buah hati? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Mengatasi Diare

Bayi Menangis (Foto: diply.com)
diply.com

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh bayi. Apabila nggak ditangani dengan tepat, hal tersebut akan membahayakan si kecil dan membuatnya dehidrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua bisa memberikan air tajin kepada buah hati. Kandungan serat, natrium, dan karbohidrat di dalamnya dapat mengurangi pergerakan usus dan menggantikan cairan tubuh.

Selain itu, air rebusan beras ini juga telah direkomendasikan oleh WHO sejak tahun 90-an sebagai salah satu obat alami diare.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Balita (Foto: parents.com)
parents.com

Selain mengatasi diare dan mencegah dehidrasi, air tajin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Meskipun jumlahnya nggak sebanyak beras, namun air tajin juga mengandung vitamin B yang dikenal dapat melancarkan sirkulasi darah pada sel-sel kulit.

Nggak hanya itu, kandungan oryzanol di dalam air rebusan beras tersebut dapat membantu regenerasi kulit yang telah mati atau rusak. Banyak orang percaya bahwa air tajin cukup efektif untuk mengurangi eksim atau dermatitis otopik pada bayi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Orang Tua Ketahui Tentang Pemberian MPASI untuk Bayi

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Air Tajin (Foto: floralmixture.com)
floralmixture.com

Air tajin ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut buah hati lho! Kandungan inositol di dalamnya dapat memperkuat rambut, mencegah rambut bercabang, dan kerusakan lainnya.

Meskipun mungkin si kecil belum mengalami masalah-masalah tersebut, nggak ada salahnya untuk mencegah kan?

Bukan Pengganti ASI

Ibu Menyusui (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk bayi, bukan berarti air tajin dapat digunakan sebagai pengganti ASI untuk buah hati yang usianya belum genap 6 bulan.

Selain itu, nggak semua anak bisa mengonsumsi air tajin Bunda. Beberapa mungkin mengalami reaksi alergi saat minum air rebusan beras ini. Maka dari itu, ada baiknya apabila Sobat Qupas berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya!