Qupas Pop

Nggak Disangka-sangka Meme Absurd Ini Laku Hingga 60 Juta Rupiah, Apa Istimewanya?

28 January 2020, at 02:00
Nggak Disangka-sangka Meme Absurd Ini Laku Hingga 60 Juta Rupiah, Apa Istimewanya?

Siapa sih pengguna internet atau media sosial yang nggak tahu dengan kata 'meme'? Hampir semua orang tahu dan pernah menggunakannya ya!

Kata yang populer di medsos ini sudah tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V yang juga bisa diakses mulai tahun 2017 yang lalu.

Meme sendiri berarti cuplikan gambar dari acara televisi, film yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan dengan tujuan untuk melucu.

Meme April Mop (Foto: instagram.com/tvllankz)
instagram.com/tvllankz

Nggak heran, kalau sering kali orang-orang menggunakan meme sebagai pengganti kalimat untuk merespon sebuah kejadian.

Nah, baru-baru ini tersebar meme yang laku dengan harga fantastis. Nggak nanggung-nangggung, harga meme ini menyentuh angka Rp69 juta lho.

Foto Meme Johnny (Foto: imgur.com)
imgur.com

Meme itu terinspirasi dari sebuah permainan bernama Fiveaces. Walau sudah nggak lagi diproduksi, tapi game itu tetap menjadi lelucon bagi warganet.

Karakter dalam permainan yang sering kali menjadi lelucon adalah Johnny Fiveaces. Ia adalah seorang pria berjanggut yang duduk di atas kursi sambil memegang kartu As.

Baca juga: 7 Tingkah Lucu Ibu-ibu di Kereta Api yang Anti Mainstream, Duh Ada-ada Aja!

Kemudian, seorang pria bernama James Kunert-Graf asal Seattle, Washington, Amerika Serikat menggambar Johnny Fiveaces saat usianya masih 16 tahun.

Tepatnya pada tahun 2006 yang lalu, ketika James ingin bergabung dalam sebuah project seni parodi.

Sketsa Johnny (Foto: bbc.com)
bbc.com

Walau masih bocah, tapi keahlian James saat menggambar meme itu mendapatkan apresiasi cukup baik dari anggota project tersebut.

Karena apresiasi yang baik inilah membawa nama James dikenal luas hingga ke YouTube dan Reddit. Waktu itu, James memposting sketsa asli meme lucu dari Johnny Fiveaces.

Lalu, ada seseorang yang menghubunginya dan menawarkan 75 dolar Amerika Serikat. Namun, James nggak menerima penawarannya langsung karena ia masih nggak ingin menjual karyanya itu.

Foto James (Foto: bbc.com)
bbc.com

Akhirnya, James pun melelang gambar tersebut di eBay untuk melunasi kartu kredit dan hutang pinjaman mahasiswanya.

Dalam beberapa jam, meme karya James laku hingga 4.000 dolar Amerika Serikat. Meme itu dibeli oleh seorang YouTuber bernama Freddie Wong, yang menyebut meme itu seni murni.

Freddie juga menjelaskan kalau karya ini bukan sekedar meme biasa. Melihat dari goresan pensil pada selembar kertas putih yang mempertegas sketsa. 

Baca juga: 8 Meme April Mop Nyeleneh dan Kocaknya Bikin Nggak Berhenti Ngakak

Hingga hari ini, meme buatan James masih menjadi meme termahal di dunia dan masih belum terpecahkan oleh siapapun. Gimana sobat Qupas ingin mengikuti jejak James nggak nih?