Nggak Hanya Buah Hati, Ibu Juga Dapatkan Manfaat Ini Saat Menyusui

18 August 2019, at 19:30
0
0
Nggak Hanya Buah Hati, Ibu Juga Dapatkan Manfaat Ini Saat Menyusui

Menyusui atau memberikan ASI kepada bayi merupakan salah satu cara pemenuhan nutrisi bagi buah hati yang baru lahir.

Para ahli menyarankan agar ibu menyusui selama minimal 6 bulan agar si kecil dapat mendapatkan manfaat dengan maksimal, yaitu meningkatkan perkembangan tubuh dan otak serta menguatkan daya tahan tubuhnya.

Nggak hanya bermanfaat bagi bayi, ternyata menyusui juga punya manfaat untuk ibu lho. Sebagai perempuan, kamu wajib tahu nih!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

menyehatkan jantung
hellosehat.com

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 menyebutkan bahwa ibu yang menyusui memiliki risiko yang rendah terhadap masalah kesehatan kardiovaskuler jika dibandingkan dengan yang nggak memberikan ASI.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena kegiatan menyusui ternyata dapat menurunkan kolesterol trigliserida yang mengalami peningkatan selama masa kehamilan.

Selain itu, proses menyusui juga bisa menurunkan tekanan darah, menghasilkan ketenangan, dan mengendalikan stres karena terdapat produksi hormon oksitosin.

2. Membantu Produksi Hormon Baik

membantu produksi hormon
shutterstock.com

Selain itu, studi menyebutkan bahwa kegiatan memberikan ASI kepada buah hati ternyata dapat membantu melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin.

Hormon prolaktin merupakan pemeri ketenangan yang sekaligus dapat mencegah sel telur untuk berovulasi sehingga siklus menstruasi bisa tertunda untuk sementara waktu.

Sedangkan hormon oksitosin dapat membantu rahim kembali ke ukuran normal setelah melahirkan dan menjadi pemicu kedekatan ibu dan anak.

Baca Juga: Manfaat Durian untuk Ibu Menyusui yang Nggak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
shutterstock.com

Manfaat menyusui selanjutnya mungkin adalah yang paling diidam-idamkan oleh semua wanita, yaitu membantu menurunkan berat badan.

Bagaimana nggak, perempuan hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan karena tubuh menyimpan cadangan makanan berupa lemak lebih banyak.

Menyusui ternyata mampu memperbanyak permbakaran kalori dalam tubuh. Hal tersebut juga dapat mengatasi kelebihan lemak di sekitar perut yang dapat meningkatkan masalah jantung dan diabetes pada perempuan.

4. Mengurangi Risiko Kanker Payudara dan Ovarium

mengurangi risiko kanker
ladiestory.id

Proses menyusui diklaim dapat menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium. Hal tersebut sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian, bahkan sebuah studi juga menyebutkan hal tersebut berlaku untuk kanker yang diturunkan.

Meskipun belum diketahui pasti mengapa hal tersebut dapat terjadi, akan tetapi beberapa ahli mengaitkan kondisi hormonal kadar estrogen perempuan pasca melahirkan dengan menurunnya risiko kanker payudara.

Baca Juga: Benarkah Nonton Drama Korea Bisa Tingkatkan Produksi ASI?

Sedangkan untuk kanker ovarium, hal tersebut dikaitkan dengan daya tahan tubuh yang meningkat selama menyusui.

Jadi Sobat Qupas yang sedang menjadi ibu baru jangan ragu untuk menyusui ya. Ternyata manfaatnya juga banyak lho!

0 Comment