Nggak Hanya Karena Obat Kadaluarsa, Semua Ibu Hamil Berisiko Alami Keracunan Kehamilan

22 August 2019, at 15:00
0
0
Nggak Hanya Karena Obat Kadaluarsa, Semua Ibu Hamil Berisiko Alami Keracunan Kehamilan

Beberapa hari ini, media massa ramai dengan pemberitaan tentang ibu hamil yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi obat atau vitamin pemberian dari puskesmas.

Hal tersebut tentu saja memberikan pelajaran bagi seluruh masyarakat, khusunya ibu hamil, untuk memeriksa kembali obat atau makanan yang akan dikonsumsi.

Akan tetapi, selain karena obat dan makanan ternyata semua ibu hamil memiliki risiko mengalami keracunan kehamilan lho. Apa sih maksudnya?

1. Apa Itu Keracunan Kehamilan?

apa itu keracunan kehamilan
besttennews.com

Keracunan kehamilan merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut masalah kesehatan preeklamsia pada perempuan yang sedang mengandung.

Komplikasi yang pada umumnya ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal tersebut bisa muncul setelah kehamilan memasuki usia di atas 20 minggu, dengan kata lain di akhir trimester kedua atau ketiga.

Apabila nggak dideteksi dan ditangani sedini mungkin, masalah kesehatan tersebut dapat berbahaya bagi ibu dan janin.

2. Penyebab Keracunan Kehamilan

penyebab keracunan kehamilan
doctoraki.com/

Sebenarnya, para ahli belum bisa memastikan secara pasti apa yang menjadi penyebab dari keracunan kehamilan tersebut.

Akan tetapi, plasenta yang nggak berkembang dengan baik karena adanya gangguan pembuluh darah diduga kuat menjadi penyebab preeklamsia.

3. Gejala Keracunan Kehamilan

gejala keracunan kehamilan
draldi.com

Gejala keracunan kehamilan berbeda-beda pada setiap orang. Bahkan, ada lho ibu hamil yang nggak merasakan apapun saat mengalami masalah kesehatan tersebut.

Akan tetapi, seperti yang telah disebutkan di atas, preeklamsia biasanya ditandai dengan meningkatkan tekanan darah dan tingginya protein pada urine yang menunjukkan gangguan ginjal. Kedua gejala tersebut biasanya akan terdeteksi saat melakukan pemeriksaan kehamilan rutin.

kaki bengkak ibu hamil
istockphoto.com

Selain dua hal di atas, perempuan yang mengalami keracunan kehamilan juga dapat merasakan beberapa gejala berikut.

  • Sakit kepala parah
  • Nyeri di perut bagian atas
  • Kesulitan bernapas
  • Masalah penglihatan
  • Jumlah urine berkurang
  • Mual dan muntah
  • Pembengkakan di wajah, tangan, dan kaki

Baca Juga: Hoax, Inilah Deretan Mitos Ibu Hamil yang Nggak Harus Dipercaya

4. Orang-Orang yang Berisiko Mengalami Keracunan Kehamilan

hamil muda
123rf.com

Pada dasarnya, semua perempuan berisiko mengalami keracunan kehamilan. Akan tetapi, beberapa hal di bawah ini membuat beberapa orang memiliki risiko yang lebih terhadap masalah kesehatan tersebut.

  • Hamil anak pertama
  • Memiliki riwayat keracunan kehamilan atau preeklamsia
  • Mengandung anak kembar
  • Hamil di atas usia 40 tahun atau di bawah 20 tahun
  • Jarak kehamilan kurang dari 2 tahun atau lebih dari 10 tahun
  • Menderita penyakit; tekanan darah tinggi atau hipertensi, obesitas, diabetes, masalah ginjal, dan lupus.

5. Dampak Keracunan Kehamilan pada Janin

hasil usg
doktersehat.com

Preeklamsia atau keracunan kehamilan dapat membuat janin megalami kurang gizi akibat terlalu sedikitnya pasokan darah dan makanan yang dialirkan plasenta.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa masalah kesehatan tersebut dapat mengganggu perkembangan janin. Pasokan nutrisi yang terbatas dalam kandungan dapat membuat janin lahir dengan risiko beberapa penyakit seperti jantung koroner, hipertensi, dan diabetes.

6. Cara Mencegah Keracunan Kehamilan

pola hidup sehat
alcenerobaby.com

Untuk mencegah terjadinya preeklamsia, sebaiknya ibu hamil menerapkan pola hidup dan makan sehat. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein, rendah lemak, rendah karbohidrat, serta rendah garam.

Selain itu, ibu hamil juga harus mendapatkan istirahat yang cukup namun tetap melakukan pergerakan agar berat badan nggak terlalu meningkat dan bisa meminimalisir kemungkinan keracunan kehamilan.

Jadi itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang preeklamsia atau keracunan kehamilan yang perlu kamu ketahui. Tetap berhati-hati dan lakukan pemeriksaan rutin agar apabila terjadi masalah kesehatan bisa cepat terdeteksi dan diatasi ya!

0 Comment