Qupas Food

Nggak Hanya Kopi, 7 Makanan Ini Juga Bisa Bikin Kamu Melek Seharian Lho!

28 March 2020, at 03:00
Nggak Hanya Kopi, 7 Makanan Ini Juga Bisa Bikin Kamu Melek Seharian Lho!

Ada yang suka begadang di malam hari? Inget kata Rhoma Irama, "begadang jangan begadang...kalau tiada artinya".

Tapi kalau memang ada kepentingan, nggak ada salahnya juga kok untuk begadang. Kamu pun nggak harus minum kopi supaya bisa melek semalaman.

Karena Qupas punya rekomendasi makanan yang bikin mata melek tanpa harus minum kopi. Apa saja ya itu? Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Dark Chocolate

Dark Chocolate (Foto: nationaltoday.com)
nationaltoday.com

Cokelat hitam atau yang biasanya disebut dengan dark chocolate bisa meningkatkan kadar serotonin kimia otak. Seperti diketahui, kandungan itu bisa menambah kebahagiaan seseorang.

Nggak hanya itu saja, makanan ini juga nggak bikin orang jadi cepat capek. Kamu bisa mengolah dark chocolate menjadi camilan enak dengan mengikuti resep kue bolu cokelat yang lembut. Biar nyamil dan begadang jadi menyenangkan!

2. Tomat

Tomat (Foto: bonnieplants.com)
bonnieplants.com

Tomat yang diolah tanpa campuran apapun seperti jus tomat, bisa menambah energi dan mencegah kantuk lho.

Itu karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Kandungan itu ternyata bisa mengurangi stres oksidatif.

3. Yoghurt

Yoghurt (Foto: madaninews.id)
madaninews.id

Yoghurt biasanya dinikmati saat pagi hari. Makanan ini mengandung kandungan probiotik dan bakteri baik di dalamnya.

Kandungan itu bisa memperbaiki gejala kelelahan. Biar lebih nikmat dan sehat, kamu bisa menyantapnya sebagai smoothies dengan campuran buah-buahan lainnya.

Baca juga: 6 Jenis Yoghurt Ini Makin Banyak Diminati, Kamu Pernah Coba yang Mana?

4. Pisang

Pisang (Foto: wikimedia.org)
wikimedia.org

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012, pisang bisa memberikan dorongan energi dalam tubuh daripada minuman berenergi.

Nggak heran sesaat setelah makan pisang, kamu akan merasakan dirimu lebih bersemangat dari sebelumnya. Agar kandungan baiknya terasa, lebih baik menyantapnya langsung tanpa diolah.

5. Edamame

Edamame (Foto: meredithcorp.io)
meredithcorp.io

Camilan asal Jepang ini paling enak disajikan sebagai hidangan ringan saat berkumpul dengan keluarga. Di dalamnya, terdapat kandungan serat dan folat yang bisa meningkatkan energi tubuh.

Cara memasaknya gampang banget, yaitu tinggal rebus dan tambahkan garam biar rasanya lebih gurih. Coba deh bikin biar bisa jadi pendampingmu selama begadang.

6. Buah Pir

Buah Pir (Foto: yesdok.com)
yesdok.com

Buah pir mengandung karbohidrat yang cukup kompleks sehingga baik sebagai detoksifikasi tubuh dan menjaga imunitas diri.

Mirip seperti buah apel, pir bisa bikin kamu merasa kenyang lho. Hebat kan?

7. Alpukat

Alpukat (Foto: charliefoundation.org)
charliefoundation.org

Menikmati satu buah alpukat di malam hari bisa membuatmu terjaga hingga keesokan paginya. Itu karena kandungan serat yang terdapat dalam alpukat. Selain itu, jika buah ini dikonsumsi secara rutin, ternyata bisa mengurangi risiko berbagai penyakit.

Bukan hanya enak dinikmati langsung. Buah alpukat juga bisa jadi isian sushi murah meriah biar kenyang sampai keesokan hari. 

Sekarang jadi semakin tahu kan, Kalau ada banyak makanan sehat yang bisa bikin kamu melek tanpa harus konsumsi kopi? Yuk segera dicoba!