Qupas Healthy

Nggak Hanya Segar, Selada Air Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

21 January 2020, at 08:00
Nggak Hanya Segar, Selada Air Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Selada air merupakan tanaman yang bersifat akuatik atau semi-akuatik. Sayuran ini bisa dengan mudah kamu temui di daerah yang memiliki dataran tinggi dan suhu rendah seperti kota Batu, Jawa Timur.

Berbeda dari selada biasa, selada air memiliki daun yang lebih kecil dengan warna hijau seluruhnya. Meskipun demikian, sayuran yang satu ini nggak kalah segar lho!

Bukan hanya segar untuk dikonsumsi, selada air ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Penasaran, kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mencegah Kanker

manfaat selada air
misskyra.com

Manfaat selada air yang pertama adalah mencegah kanker. Kondisi tersebut dapat terjadi karena sayuran yang satu ini mengandung senyawa phytochemical dan isothicyanate. Keduanya dikenal dapat mengurangi risiko kanker dengan cara menjaga sel-sel tubuh dari senyawa karsinogenik.

Pernyataan di atas diperkuat dengan adanya beberapa penelitian, termasuk yang dimuat dalam Texicology and Applied Pharmacology. Di dalamnya, disebutkan bahwa senyawa dalam selada air mampu mencegah kanker usus, prostat, paru, kulit, dan payudara.

2. Menurunkan Tekanan Darah

tekanan darah
healthcracker.com

Selain dapat mencegah kanker, mengonsumsi selada air ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa selada air mengandung nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus melancarkannya. Nggak hanya itu, zat tersebut juga meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam darah yang dapat menurunkan tekanan darah secara perlahan.

3. Menyehatkan Mata

mata sehat
istockphoto.com

Tahu nggak sih, bukan hanya vitamin A lho yang bisa menyehatkan mata. Menurut penelitian yang dimuat dalam Acta Ophthalmologica Journal, kandungan vitamin C dalam selada air mampu menurunkan risiko katarak.

Selain itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin di dalamnya juga membantu mencegah perkembangan penyakit degenerasi makula yang merupakan gangguan mata.

Baca juga: Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

4. Melindungi Kesehatan Jantung

jantung sehat
theodysseyonline.com

Kandungan lutein, zeaxanthin, dan beta karoten yang terdapat dalam selada air merupakan senyawa antioksidan karotenoid yang diklaim mampu menyehatkan jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Dilansir dari Mediators of Inflammation Journal, mengonsumsi senyawa karotenoid dengan jumlah yang tinggi bahkan bisa mencegah serangan jantung dan stroke lho.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

tulang sehat
chicagohealthonline.com

Siapa sangka, mengonsumsi selada air ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, sayuran yang satu ini mengandung vitamin K, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Vitamin K berfungsi untuk mempercepat penyerapan kalsium sedangkan mineral lainnya memperkuat kesehatan tulang.

6. Baik untuk Kulit

selada air
pinterest.ca

Seperti yang telah disebutkan di atas, selada air memiliki banyak kandungan antioksidan dan vitamin C. Nggak hanya membuat organ-organ dalam tubuh menjadi sehat, mengonsumsinya juga bisa mempercantik kulitmu lho.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012 membuktikan bahwa 10 dari 11 perempuan yang rutin mengonsumsi selada air memiliki kondisi kulit yang lebih sehat.

Wah, ternyata nggak hanya bisa memanjakan lidah ya Sobat Qupas. Selada air memiliki banyak manfaat yang sayang kalau dilewatkan.