Nggak Harus Mahal, Begini Tips Traveling Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

21 April 2019, at 09:00
0
0
Nggak Harus Mahal, Begini Tips Traveling Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk traveling atau jalan-jalan karena beranggapan bahwa kegiatan tersebut terlalu mahal dan menguras kantong.

Padahal, dengan perencanaan dan pilihan yang tepat, kamu bisa melakukan traveling dengan kesenangan yang maksimal dan biaya yang minimal.

Jadi, gimana sih cara untuk traveling dengan biaya hemat? Berikut ini tips jalan-jalan yang ramah di kantong dan bisa kamu terapkan.

Baca Juga: Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Solo Traveling Sekali Seumur Hidup

1. Buat Perencanaan dengan Matang

perencanaan matang
pexels.com/@rawpixel

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin traveling dengan biaya hemat adalah melakukan perencanaan dengan matang.

Nggak cuma tentang tujuan, tapi juga apa saja yang kamu butuhkan, membutuhkan waktu berapa lama, dan biaya berapa.

2. Manfaatkan Apa yang Ada

manfaatkan yang ada
pexels.com/@rawpixel

Apabila kamu memiliki kenalan, teman, atau keluarga di tempat tujuan, kamu juga bisa memanfaatkan hal tersebut. Lumayan kan bisa menghemat biaya menginap dan transportasi kalau kamu bisa numpang tidur dan meminjam kendaraan.

Selain itu, kunjungilah semua tempat wisata yang ngatis atau carilah yang sedang memberikan diskon. Menggunakan transportasi umum juga merupakan salah satu bentuk memanfaatkan apa yang ada dan bisa membantu penghematan.

3. Bawa Bekal Makanan Instan

bawa bekal
pexels.com/@oleg-magni

Jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah sebagai persiapan kalau kamu tiba-tiba lapar dalam perjalanan. Lumayan kan daripada harus beli dan mahal?

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi alternatif kalau secara nggak terduga kamu merasa nggak cocok sama makanan di tempat tersebut.

Baca Juga: Cara Liburan Hemat di Bali, Cuma Rp100 Ribu Per Hari!

4. Jangan Menginap di Hotel

jangan menginap di hotel
pexels.com/@daria

Tips hemat lainnya adalah menghindari untuk menginap di hotel. Mahal! Jika memang nggak punya teman atau saudara di tempat tujuan yang bisa dimintai tumpangan tidur, maka jangan tidur di hotel.

Lebih baik gunakan hostel atau sharing house yang akan menghemat biayamu. Nggak cuma itu, kamu juga bisa bertemu atau berbagi ruangan dengan bule dan wisatawan lainnya.

5. Kalau Bisa Pinjam, Kenapa Harus Beli?

pinjam aja
pexels.com/@rawpixel

Traveling memang membutuhkan perlengkapan yang nggak sedikit dan mungkin kamu nggak memiliki semuanya.

Meskipun begitu, jangan pernah beli. Sebaiknya kamu mencari teman atau saudara yang memilikinya dan meminjam darinya. Atau kamu bisa menyewa di tempat persewaan dengan biaya yang lebih murah.

6. Nggak Perlu Pakai Tour Guide

nggak perlu pakai guide
pexels.com/@pixabay

Pada zaman modern ini, kamu nggak perlu menggunakan jasa tour guide. Selain mahal, kamu juga sudah bisa memanfaatkan internet kok.

Kadang, internet bisa memberimu informasi yang lebih menarik daripada pemandu wisata dengan tarif sewa yang lumayan mahal itu.

7. Pilih Tanggal Low Season

pilih tanggal low season
pexels.com/@rawpixel

Terkadang waktu luang memang sulit di cari. Tapi sebaiknya kamu menghindari traveling atau jalan-jalan pada musim liburan.

Hal ini karena tarif tempat wisata, tiket, makanan, penginapan, dan lain sebagainya akan meningkat pasa musim tersebut. Nggak cuma itu, liburanmu juga nggak akan seru karena pasti terlalu ramai.

Baca Juga: Tiket Kapal Laut Murah untuk Liburan Hemat

Lebih baik pilih waktu yang nggak musim liburan supaya kamu bisa berhemat sekaligus menikmati liburan secara maksimal.

Nah, itu dia Sobat Qupas tips traveling hemat yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat, ya!

0 Comment