Nggak Lagi Berupa Kertas, Ini Lho Desain e-STNK yang Segera Diluncurkan

01 November 2019, at 12:00
0
0
Nggak Lagi Berupa Kertas, Ini Lho Desain e-STNK yang Segera Diluncurkan

Setelah meluncurkan Smart SIM atau Surat Ijin Mengemudi elektronik, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih akan melakukan inovasi selanjutnya. Tentunya dengan memanfaatkan kemajuan jaringan teknologi informasi yang semakin erat dengan kehidupan sehari-hari sobat Qupas semua.

Nah, di zaman serba digital ini, nantinya Polri akan melanjutkan kembali program digitalisasi. Diantaranya dengan menyiapkan program peluncurkan e-STNK.

bentuk dari stnk lama
tirto.id

Seperti yang kamu ketahui, kalau STNK yang saat ini ada di dalam dompet atau gantungan kunci motormu itu berupa dua lembar surat-surat.

Ada Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang dilapisi dengan kantung plastik tebal atau laminating.

Untuk menyimpannya pun terkadang kamu masih harus melipatnya 3 kali agar lebih mudah dan efektif untuk dibawa kemana-mana.

Baca juga: Berani Berteduh Saat Lampu Merah, Siapkan 1 juta untuk Bayar Denda

Nah dengan adanya program digitalisasi ini, nantinya kamu sudah nggak perlu repot-repot lagi deh untuk membawa STNK kemana-mana.

pengendara sepeda motor
kompasiana.com

Pasalnya, bentuk dari e-STNK akan berubah total. Surat-surat bermotor yang sebelumnya harus dilipat saat dibawa ini akan digantikan dengan kartu dengan chip di salah satu sisinya.

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Registrasi Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra, memberikan penyataan untuk mengkonfirmasi rencana menerbitkan STNK berbentuk kartu.

desain stnk terbaru
otomotif.kompas.com

Hanya saja untuk desain e-STNK masih dalam pengkajian. Jadi masih bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk peluncurannya pun masih belum dipastikan akan terealisasi kapan.

Walau begitu, adanya e-STNK nantinya bisa memudahkan para pengendara untuk membawa surat penting kendaraan bermotor kemana mana.

Kalau pun nanti sudah bisa jadi e-STNK, harus dijaga baik-baik dan jangan sampai hilang ya sobat Qupas!

Topics:

0 Comment