Nggak Melulu Perpustakaan, Kamu yang Hobi Baca Bisa Berwisata ke 5 Kota Buku Ini

23 April 2019, at 09:00
0
0
Nggak Melulu Perpustakaan, Kamu yang Hobi Baca Bisa Berwisata ke 5 Kota Buku Ini

Kamu sudah pernah dengar tentang istilah kota buku belum? Kota buku adalah sebuah kota atau desa yang memiliki banyak toko buku bekas atau toko buku antik.

Buat kamu yang mengaku sebagai pecinta buku, ada yang kurang rasanya jika kamu belum mengetahui kota-kota tersebut.

Nggak cuma buku, di sana kamu akan menemukan banyak hal menarik seperti pemandangan alam dan budaya yang unik sehingga cocok menjadi destinasi wisata.

Baca Juga: Museum Menarik di Jakarta Barat yang Cocok untuk Pecinta Sejarah

Berikut ini 5 kota buku yang cocok buat kamu yang suka traveling sekaligus bibliophile (pecinta buku), supaya nggak melulu ke perpusatakaan yang terkadang membosankan.

1. Hay-on-Wye, Inggris

hay on wye inggris
instagram.com/bookishsteph1

Hay-on-Wye atau lebih biasa disebut Hay merupakan salah satu kota buku tertua yang berada di daerah River Wye, Wales-Inggris.

Kota kecil tersebut memiliki 1.400 penduduk dan 40 toko buku dengan ratusan ribu koleksi di dalamnya. Jika berkunjung ke sana, kamu akan menemui banyak sekali buku baik di dalam ruangan maupun di luar.

kota buku hey on wye
instagram.com/kobobooks

Bahkan kamu akan menemukan berbagai fasilitas umum yang dihiasi atau menyediakan buku-buku untuk dibaca. Nggak sedikit juga toko kejujuran yang ada di pinggir jalan.

Selain itu, setiap tahunnya pada bulan Mei hingga Juni akan diadakan The Hay Festival of Literature and Art selama 10 hari yang sudah dimulai sejak tahun 1988. Kamu bisa pergi ke sana pada saat festival dan bertemu dengan beberapa penulis terkenal jika beruntung.

2. Becherel, Perancis

becherel perancis
instagram.com/dreamerandgreener

Becherel merupakan desa yang pada tahun 1989 resmi menjadi kota buku ketiga di Eropa. Nggak cuma penuh dengan buku, tempat ini akan membuat para bibliophile merasa tentram karena hanya dihuni oleh 750 penduduk.

Selain itu, kamu juga akan menemukan banyak buku, majalah, bahkan film tua yang langka jika bisa memilih dengan seksama.

kota buku becheler
instagram.com/jeanpaulaubron

Desa ini merupakan destinasi yang cocok bagi para pecinta buku sekaligus penikmat traveling karena ada banyak acara yang diadakan seperti book festival atau book market pada setiap bulan atau tahunnya.

Terletak 35 km dari kota Rennes, kamu bisa membaca dan berburu buku dengan suasana yang menyenangkan di tempat yang instagramable ini.

3. Bredevoort, Belanda

bredevoort belanda
instagram.com/vero.supertramp

Kota tua yang berjarak sekitar 160 km dari Amsterdam ini merupakan daerah yang memiliki banyak sejarah. Sayangnya, nggak banyak yang tertarik dengannya.

Oleh sebab itu, pada tahun 1990-an Bredevoort dikembangkan menjadi kota buku untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan.

kota buku bredevoort
instagram.com/naniinnihon

Bredevoort dihuni oleh 1.500 penduduk dan terdapat sekitar 20 toko buku yang buka setiap hari Selasa sampai Sabtu, dan Minggu sore.

Berkunjunglah di hari Rabu pada minggu ketiga karena akan ada pasar buku spesial di ‘t Zand Square yang diikuti oleh seluruh penjual buku Belanda. Sedangkan di bulan Mei dan Agustus akan diadakan book fair berskala internasional.

Baca Juga: Pesona Tempat Syuting Game of Thrones, Jadi Pengen ke Luar Negeri!

4. Fjaerland, Norwegia

fjaerland norwegia
instagram.com/mxdeliefschiemxn

Fjaerland merupakan sebuah desa di Norwegia yang menjadi surganya para pecinta buku. Bagaimana nggak, di kota yang hanya memiliki 300 penduduk ini, kamu bisa menemukan buku dimana-mana.

Nggak cuma toko buku besar saja, kamu bahkan bisa membeli buku di toko kelontong lho. Menariknya, di Fjaerland juga terdapat banyak toko kejujuran yang nggak memiliki penjaga.

kota buku fjaerland
instagram.com/restlessfeetnet

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam desa Fjaerland dengan melakukan hiking ke salah satu gletser terbesar di Eropa. Menarik sekali, kan? Kamu bisa mengunjungi kota buku ini setiap bulan Mei hingga September.

5. Torup Bogby, Denmark

torup bogby denmark
instagram.com/bogbilleder

Kota buku yang satu terinspirasi dari Fjaerland, lho. Salah satu penduduk merasa bahwa konsep tersebut juga akan cocok dengan Torup.

Semuanya dimulai pada tahun 2006 dan kota buku tersebut sukses dihadiri oleh 2.000 orang saat mengadakan festival buku musim panas.

kota buku torup bogby
theguardian.com

Tahun-tahun selanjutnya, Torup mulai menempatkan toko-toko buku kejujuran berupa gerobak di pinggir jalan dan kafe-kafe buku.

Nggak cuma itu, Tarup juga memiliki banyak toko buku yang dibangun di tempat-tempat nggak biasa seperti bekas kandang kuda dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenang Keindahan Katedral Notre Dame yang Melegenda dan Penuh Sejarah

Menariknya, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan indah dan dapat jalan-jalan di salah satu desa yang memiliki arsitektur mirip dengan rumah di serial The Hobbit.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 kota buku yang nggak cuma akan memuaskan hasratmu sebagai bibliophile, tapi juga bisa memanjakan mata dengan alam dan arsitektur yang antik.

Untuk merayakan hari buku sedunia, yuk membuat agenda untuk mengunjungi kota buku yang luar biasa menarik di atas!

0 Comment