Nggak Nyangka, 7 Makanan yang Sering Kamu Konsumsi Ini Beracun dan Mematikan

26 April 2019, at 00:00
0
0
Nggak Nyangka, 7 Makanan yang Sering Kamu Konsumsi Ini Beracun dan Mematikan

Kebanyakan orang mengonsumsi sesuatu tanpa tahu kandungan di dalamnya. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan seperti keracunan.

Bukan cuma makanan-makanan yang nggak umum dimakan, makanan yang sering kamu temui sehari-hari juga bisa jadi menjadi sumber masalah kesehatan.

Berikut ini 7 makanan sehari-hari yang bisa beracun dan mematikan apabila nggak diolah dengan cara yang benar.

Baca Juga: Jangan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini Bersamaan, Akibatnya Fatal!

1. Tomat

tomat
simplyrecipes.com

Tomat juga ternyata memiliki racun yang bernama glikol koloid, lho. Tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir karena kandungan berbahaya tersebut hanya ada pada tomat yang masih hijau atau belum matang.

Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih tomat yang sudah merah untuk diolah menjadi makanan agar nggak keracunan.

2. Kacang Merah

kacang merah
pexels.com/@freeimages9

Jangan pernah sesekali kamu mencoba makan kacang merah mentah jika nggak ingin keracunan. Hal ini karena di dalamnya terkandung senyawa bernama phytohaemagglutnin.

Mengonsumsinya bisa membuatmu mual dan sakit kepala. Meskipun demikian, kacang merah aman dikonsumsi dalam keadaan matang.

3. Apel

apel
pexels.com/@pixabay

Kamu pasti kalau buah apel memiliki rasa yang enak dan baik untuk kesehatan. Bahkan bijinya memiliki kandungan protein dan potasium yang apabila dikonsumsi dengan benar bisa memerangi sel kanker.

Tapi tahukah kamu kalau biji apel juga mengandung asam cyanogenic yang dapat berubah menjadi racun apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak? Sebaiknya hindari menelannya karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan hingga kematian.

Baca Juga: Cuka Apel dan 4 Bahan Alami yang Ampuh Tangani Sakit Gigi

4. Kentang

kentang
pexels.com/@rawpixel

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang enak dan kaya nutrisi. Nggak cuma itu, kentang juga cocok buat kamu yang sedang menjalankan program diet.

Tapi, ternyata makanan ini dapat memproduksi solanine yang merupakan zat beracun atau pestisida alami yang dapat menyebabkan sakit kepala hingga serangan jantung.

Racun tersebut dapat ditemukan pada kentang yang masih hijau atau yang telah menumbuhkan tunas karena terlalu lama disimpan.

5. Madu

madu
pexels.com/@valeriya

Kamu pasti tahu kalau madu memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan? Namun kamu perlu berhati-hati karena beberapa jenis madu bisa mengandung racun berbahaya.

Racun yang bernama pryrrolizidine alkaloid (PAS) tersebut ternyata mampu menyebabkan kerusakan hati hingga kanker apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Untuk menghilangkan racunnya, madu harus melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu.

6. Kluwek

kluwek
timeout.com

Siapa yang nggak tahu kluwek? Salah satu bahan utaman rawon ini ternyata memiliki asam sianida konsentrasi tinggi yang mematikan jika diolah secara sembarangan dan dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Tapi kamu nggak perlu khawatir karena racun tersebut akan hilang saat kluwek sudah direbus dan direndam dengan air. Selain itu, biji kluwek yang kamu temukan di pasar juga sudah melalui proses pengolahan kok.

7. Singkong

singkong
hellosehat.com

Nggak nyangka, umbi-umbian yang sering ditemui sehari-hari ini memiliki racun alami di dalamnya. Kandungan glikosida sianogenik yang tinggi dapat ditemukan pada jening singkong pahit.

Olahan makanan ini sudah membuat 27 orang meninggal dan 100 mengalami masalah kesehatan di Filipina pada tahun 2005.

Baca Juga: Singkong dan 4 Makanan Ini Punya Karbohidrat Lebih Tinggi dari Nasi, Sudah Tahu?

Hal ini karena singkong nggak diolah dengan benar dan masih setengah matang sehingga racun masih tersisa dan menyebabkan masalah pada tubuh.

Itu dia Sobat Qupas 7 makanan yang sering kamu temui sehari-hari tapi ternyata memiliki racun yang mematikan apabila nggak diolah dengan benar.

0 Comment