Nggak Nyangka, Ini Lho Manfaat Main Masak-masakan untuk Anak

31 August 2019, at 07:00
0
0
Nggak Nyangka, Ini Lho Manfaat Main Masak-masakan untuk Anak

Masak-masakan merupakan salah satu jenis permainan yang paling disenangi oleh anak-anak. Meskipun identik dengan perempuan, akan tetapi kegiatan tersebut juga boleh dilakukan oleh laki-laki lho.

Selain seru dan menyenangkan, main masak-masakan ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil Bunda. Penasaran kan apa saja? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Melatih Motorik Anak

melatih motorik anak
walmart.com

Permainan masak-masakan membuat anak banyak menggerakkan anggota tubuhnya. Mulai dari gerakan memotong-motong, mengaduk masakan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut apabila dilakukan dengan rutin secara nggak langsung bisa membuat kemampuan motorik halus si kecil terlatih dan berkembang secara optimal lho Bunda.

2. Menambah Kosa-Kata

melatih kemampuan sosial
ellcode.us

Saat bermain masak-masakan, buah hati akan berkenalan dengan banyak kosa-kata baru lewat peralatan dapur, bahan masakan, dan lain sebagainya yang ia gunakan.

Si kecil juga akan lebih mudah untuk belajar tentang warna, bentuk, dan lain sebagainya melalui media bermainnya.

3. Melatih Kemampuan Sosial

menambah kosa kata
bonhommedebois.com

Selain itu, bermain masak-masakan juga bisa mengembangkan kemampuan sosial anak apabila dilakukan bersama dengan orang lain atau teman sebayanya.

Melalui permainan ini, buah hati juga mencoba bermain peran atau role playing dengan menjadi koki, pedagang, ibu sedangkan temannya berperan sebagai pembeli, anak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mainan Masak-masakan Ini Bikin Si Kecil Makin Kreatif

4. Melatih Kreativitas

menambah kosa kata
123rf.com

Siapa sangka, kreativitas anak juga akan semakin berkembang ketika ia sering bermain masak-masakan. Selain karena role playing, hal ini juga dipengaruhi oleh media bermain yang bisa sangat beragam.

Misalnya, buah hati akan mulai mencoba membuat sesuatu yang mirip dengan cookies dari pasir, atau berkreasi dengan berbagai daun untuk membuat replikasi dari suatu makanan.

5. Mengajarkan Tentang Kebersihan

mengajarkan kebersihan
mandegar.info

Setiap hal yang terjadi pada permaianan anak merupakan proses belajar. Saat bermain masak-masakan, kamu sebagai orang tua bisa memanfaatkannya untuk mengenalkan kebersihan pada buah hati.

Melalui permpainan ini, kamu bisa memberikan contoh kepada anak tentang bagaimana ia harus mencuci bahan makanan sebelum dimasak dan mencuci peralatan setelah menggunakannya.

Wah, ternyata bermain masak-masakan nggak hanya memberikan sensasi menyenangkan bagi buah hati tetapi juga baik untuk perkembangannya ya.

0 Comment