Nggak Nyangka! Menulis Buku Harian Ternyata Punya Sejuta Manfaat untuk Kesehatan

10 June 2019, at 00:00
0
1
Nggak Nyangka! Menulis Buku Harian Ternyata Punya Sejuta Manfaat untuk Kesehatan

Menulis buku harian atau diary merupakan kegiatan seru bagi kebanyakan remaja di zaman dahulu. Namun saat ini hal tersebut sudah memudar dan dilupakan.

Kebanyakan orang, terutama generasi millenials, menulis buku harian mungkin sesuatu yang membosankan dan buang-buang waktu.

Padahal, tradisi kuno tersebut merupakan salah satu faktor di balik kesuksesan banyak orang lho. Selain itu, menurut penelitian menulis buku harian atau diary juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini.

Baca Juga: Jangan Malu, Begini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

1. Mengurangi Stres

mengurangi stres
pexels.com/@liam-anderson-411198

Saat nggak ada orang yang dapat kamu percaya atau diajak bercerita, kamu bisa menuliskan keluh kesah atau hal-hal yang ingin kamu ceritakan pada buku harian.

Kegiatan tersebut secara nggak langsung dapat mengurangi stres karena kamu telah mengungkapkan emosi, masalah, maupun kesedihan saat menulisnya.

Menulis buku harian dapat mengurangi pengaruh negatif terhadap masalah yang kamu alami dan mmebuatmu menjadi lebih tenang.

2. Meningkatkan Kesehatan Fisik

meningkatkan kesehatan fisik
pexels.com/@mentatdgt-330508

Siapa sangka, memiliki kebiasaan menulis buku harian atau diary juga bisa meningkatkan kesehatan fisik lho.

Sebuah peneliti dari University of Texas, James Pennebaker, mengungkapkan bahwa rutin menulis buku harian dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa menulis buku harian dapat menurunkan gejala penyakit asma dan radang sendi.

3. Meningkatkan Kedisiplinan

meningkatkan kedisiplinan
pexels.com/@rawpixel

Tahukah kamu, menulis buku harian secara rutin ternyata juga membantu meningkatkan kedisiplinan diri lho.

Hal ini tanpa kamu sadari akan berpengaruh pada rutinitas lainnya seperti pola makan dan tidur yang memengaruhi kesehatan. Selain itu, kedisiplinan juga bisa meningkatkan kecerdasan otak lho!

Baca Juga: Begini Caranya Agar Stres Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik

4. Mengontrol Emosi

mengontrol emosi
pexels.com/@moose-photos-170195

Menulis buku harian atau diary dapat membantumu untuk mengontrol atau mengatur emosi diri menjadi lebih baik. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah study dari Advances in Psychiatric Treatment.

Kondisi tersebut akan berpengaruh pada kesehatan mentalmu. Itulah sebabnya, banyak psikolog atau konselor yang menyarankan menulis buku harian bagi pasiennya.

5. Menajamkan Ingatan

menajamkan ingatan
pexels.com/@valeriya

Saat menulis buku harian, berarti kamu mengenali kembali apa saja kegiatan atau hal-hal yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Secara nggak langsung, hal ini akan membuatmu semakin mudah untuk mengenali dan memahami diri sendiri. Selain itu, menuliskannya secara rutin akan melatih otak untuk berpikir secara terstruktur dan menajamkan ingatamu.

6. Mengurangi Kesepian

mengurangi kesepian
pexels.com/@linkedin

Nggak semua orang bisa mengungkapkan masalah atau perasaannya kepada orang lain. Akan tetapi menyimpan sendirian akan membuatmu merasa kesepian dan sendirian.

Hal ini apabila terjadi terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti stes dan depresi yang dimulai dari rasa nggak percaya diri.

Baca Juga: Tanda-Tanda Mentalmu Nggak Sehat, Harus Segera Periksa ke Psikolog!

Oleh sebab itu, menulis buku harian dapat menjadi alternatif agar nggak merasa kesepian dan mengalami masalah kesehatan mental.

Siapa sangka ya, ternyata menulis buku harian atau diary memiliki banyak manfaat termasuk bagi kesehatan. Oleh sebab itu, nggak salah jika Sobat Qupas tertarik untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai kebiasaan.

1 Comment
Vania Prima
10/06 - 06:49
bener banget ini