Nggak Perlu Bingung, ini Ciri-ciri Kulit Wajah Kombinasi dan Cara Merawatnya

11 August 2019, at 11:00
0
0
Nggak Perlu Bingung, ini Ciri-ciri Kulit Wajah Kombinasi dan Cara Merawatnya

Kulit kombinasi ternyata jadi yang paling umum dimiliki banyak orang. Sayangnya, nggak sedikit pula yang belum tahu tipe kulit wajahnya karena bingung untuk mengidentifikasinya.

Jenis kulit wajah kombinasi dikenali sebagai gabungan dari kulit kering dan berminyak. Hal ini kemudian membuat beberapa orang malah serba salah ketika merawatnya.

Nah, supaya kamu nggak bingung lagi, cari tahu yuk ciri-ciri kulit wajah kombinasi sekaligus cara merawatnya berikut ini.

A. Ciri-ciri kulit wajah kombinasi

1. Wajah terasa berminyak dan kering

kulit wajah kombinasi
beautyundercoverproduction.com

Pada kulit kombinasi, wajah bisa terasa berminyak dan kering dalam waktu bersamaan. T-zone atau area dahi, hidung, dan dagu biasanya akan lebih berminyak.

Sedangkan bagian pipi akan terasa kering.

2. Pori-pori di area hidung terlihat besar

pori-pori lebar
stylecraze.com

Pori-pori yang terlihat lebar memang bisa dialami oleh siapa saja. Beberapa bagian wajah juga bisa terkena masalah ini.

Tapi bagi pemilik kulit kombinasi, pori-pori di bagian hidung biasanya terlihat lebih besar dibandingkan dengan area wajah yang lain.

3. Bisa berjerawat juga terkelupas

kulit berjerawat dan mengelupas
skingeeks.co.uk

Bukan rahasia lagi kalau produksi minyak berlebih bisa mengundang jerawat untuk datang. Begitu pula di wajah kombinasi.

Orang dengan tipe kulit kombinasi cenderung berjerawat di beberapa area. Dan di saat yang sama, bagian wajahnya yang lain bisa terasa bersisik bahkan mengelupas karena kondisi kulit yang terlalu kering.

Nah, dari penjelasan di atas, sudah tahu kan beberapa ciri kulit wajah kombinasi. Sekarang Qupas akan lanjut membahas tentang cara merawatnya.

Baca juga: Perawatan Wajah dan Kulit yang Wajib Dilakukan Mulai Usia 20-an

B. Cara merawat kulit wajah kombinasi

1. Pakai pelembab khusus kulit kombinasi

pelembab wajah untuk kulit kombinasi
instagram.com/itsskin_official

Untuk kulit wajah kombinasi yang cenderung berminyak di area T-zone dan kering di bagian pipi, baiknya memilih produk moisturizer khusus dengan dua formula yang berbeda.

Yakni mattifying moisturizer untuk T-zone dan hydrating moisturizer untuk melembabkan area pipi yang kering. Jadi jangan sembarangan pilih produk pelembab wajah.

2. Pilih facial wash yang lembut

facial wash untuk kulit kombinasi
instagram.com/dhcskincare

Salicylic acid dan benzoyl peroxide termasuk bahan yang cukup ampuh untuk mengatasi jerawat. Tapi bagi pemilik kulit kombinasi, dua kandungan tersebut bisa membuat area pipimu semakin kering dan iritasi.

Sebisa mungkin hindari sabun muka yang mengandung kedua senyawa tersebut. Sedangkan facial wash untuk kulit kombinasi bisa memilih yang berbahan dasar air dengan formula yang ringan.

3. Pakai toner

memakai toner wajah
instagram.com/innisfreeofficial

Tahu nggak sih, fungsi toner ternyata banyak banget. Salah satunya adalah untuk menyeimbangkan pH kulit.

Itulah mengapa, toner jadi salah satu skincare kulit kombinasi yang nggak boleh dilewatkan. Pastikan kandungannya bebas dari alkohol supaya risiko iritasi bisa dihindari dan pori-porimu mengecil dengan sempurna.

4. Coba multimasking

multimasking
instagram.com/lorealskin

Teknik multimasking, atau mengoleskan beberapa jenis masker sekaligus sesuai masalah di berbagai area wajah akan lebih efektif daripada harus memakai satu masker.

Jenis clay mask yang mengandung sulfur dan salicylic acid bisa jadi pilihan yang tepat untuk area T-zone. Sedangkan bagian pipi yang cenderung kering bisa diaplikasikan masker yang tinggi hyaluronic acid.

Masker dengan kandungan chamomile dan lidah buaya juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk bagian pipi karena mampu menenangkan kulit dan menghilangkan iritasi.

Baca juga: Mengenal Kehebatan Teknik Multimasking, Benarkah Bisa Mengatasi Semua Masalah di Wajah?

Itulah serba-serbi tentang kulit wajah kombinasi sekaligus cara mengatasinya. Sekarang nggak bingung lagi kan mau milih produk perawatan yang mana.

0 Comment