Nggak Perlu Canggung, Begini Cara Menjelaskan Tentang Mimpi Basah pada Anak Laki-laki

03 November 2019, at 19:00
0
1
Nggak Perlu Canggung, Begini Cara Menjelaskan Tentang Mimpi Basah pada Anak Laki-laki

Memiliki anak yang sedang beranjak dewasa memang nggak mudah. Pasalnya, pubertas memang menyebabkan banyak perubahan terhadap si kecil, termasuk fisik dan karakternya.

Pada masa-masa tersebut, banyak orang tua yang bingung dan mengalami kesulitan untuk menjelaskan pada buah hati tentang apa yang mereka alami termasuk tentang mimpi basah pada anak laki-laki.

Nggak perlu canggung dan bingung, agar anak tetap mendapatkan informasi yang diperlukan, yuk ikuti tips parenting berikut ini untuk menjelaskan tentang mimpi basah pada si jagoan.

1. Menjelaskan Tentang Masa Pubertas

ayah dan anak
maisfe.org

Menjelaskan tentang mimpi basah tanpa berbicara perihal masa pubertas merupakan hal yang cukup sulit. Oleh sebab itu, orang tua perlu memberikan pengertian kepada buah hati tentang apa itu puber dan apa saja dampak yang akan ia rasakan.

Orang tua bisa mulai dari hal-hal yang mudah dimengerti seperti suara yang berubah menjadi lebih berat atau tumbuhnya rambut di ketiak dan kemaluan. Setelah itu, kamu bisa mulai masuk ke topik yang lebih mendalam tentang penis yang bisa mengeras sewaktu-waktu.

2. Menjelaskan Mengapa Mimpi Basah Bisa Terjadi

pendidikan anak
maisfe.org

Setelah anak mengerti, orang tua bisa menjelaskan bahwa mimpi basah merupakan sesuatu yang dialami oleh hampir semua anak laki-laki yang sedang pubertas dan bukan sesuatu yang dapat dikendalikan oleh buah hati.

Kamu juga perlu menjelaskan bahwa cairan yang keluar dari penisnya bukanlah urine melaikan sperma.

3. Jawab Semua Pertanyaan Anak

anak dan ibu
vsyachyna.com

Beberapa anak mungkin sudah tahu tentang mimpi basah, namun ada juga yang masih bingung dengan kondisi tersebut lho.

Maka dari itu, orang tua perlu menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan anak. Berikan jawaban yang paling tepat dengan kata-kata yang mudah dimengerti untuk membuat anak paham dan nggak khawatir lagi.

Baca Juga: Bunda, Ini Cara Bijak Menjelaskan Tentang Menstruasi Kepada Anak Perempuan

4. Meluruskan Kesalahpahaman

anak dan ayah
infomagazin.net

Sebagian orang tua mungkin masih merasa tabu untuk memberikan pendidikan seks kepada anak sehingga belum pernah menjelaskan tentang masa pubertas pada buah hati. Hal tersebut bisa saja membuat si kecil mendapatkan informasi yang keliru dari sumber lain.

Oleh sebab itu, cobalah untuk menjadi lebih terbuka kepada anak saat berbicara mengenai pendidikan seks. Dengarkan pendapatnya dengan seksama dan luruskan anggapan yang salah berdasarkan pengetahuan yang kamu miliki.

5. Buat Anak Paham Bahwa Mimpi Basah Adalah Hal Normal

pendidikan anak
shutterstock.com

Hal terakhir yang perlu ditekankan oleh orang tua saat menjelaskan tentang mimpi basah kepada anak adalah bahwa hal tersebut adalah normal.

Jelaskan bahwa setiap anak memiliki pengalaman mimpi basah yang berbeda-beda, baik terkait kemunculannya yang pertama kali, frekuensi, dan lain sebagainya.

Memberikan penjelasan tentang mimpi basah bukanlah sesuatu yang jorok dan tabu untuk diperbincangkan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk pendidikan seks pada anak yang harus diberikan oleh orang tua lho Sobat Qupas.

1 Comment
Iphenk
03/11 - 22:02
Sudah tahu mimpi nya enak ngape gak dari dulu guest !