Nggak Perlu Jauh-jauh ke Bali, Bogor Juga Punya Wisata Terasering ala Tegallalang

10 June 2019, at 04:00
0
0
Nggak Perlu Jauh-jauh ke Bali, Bogor Juga Punya Wisata Terasering ala Tegallalang

Bogor selalu punya cara untuk memberikan kejutan pada traveler. Salah satunya dengan kehadiran wisata terasering ala Tegallalang di Bali. Terasering 1001 Undak namanya.

Hamparan sawah yang tertata rapi itu ada di Desa Wisata Malasari. Diketahui, kawasan desa wisata ini juga punya keistimewaan selain area persawahan. Mau tahu apa saja? Jangan lupa lanjut baca, ya!

Baca juga: 5 Wisata Alam di Bogor Ini Siap Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya!

1. Wisata perpaduan antara alam, budaya dan adat

desa wisata malasari
instagram.com/indrasutantoo

Desa Wisata Malasari adalah wilayah yang memadukan alam, budaya, dan adat istiadat. Bukan cuma terbentuk secara alami. Lanskap buatan seperti terasering sampai perkebunan teh bernama Nirmala Agung pun ada di wisata Bogor ini.

Kedua lanskap itu diatur sedemikian rupa oleh leluhur penduduk Malasari dan Pemerintah Belanda. Sampai sekarang pun pemandangan alamnya tetap terjaga.

2. Terasering bak wisata di Bali

desa wisata malasari bogor
instagram.com/hendrasetiawann_

Nggak perlu jauh-jauh ke Tegallalang Bali, di Desa Wisata Malasari Bogor juga ada hamparan sawah seperti yang ada di Pulau Dewata.

Di spot terasering bernama 1001 Undak ini ditanami varietas pare gede alias padi gabah besar dan juga padi pada umumnya. Selain itu, pohon-pohon bernuansa hijau juga menghiasi area ini.

Baca juga: Namanya Puncak Galau, Tempat Camping Bertabur Bintang di Bogor!

3. Wisata di Bogor serba hemat

kebun teh nirmala agung
instagram.com/tafakuralam

Saat kamu liburan ke tempat ini, kamu akan diberi tahu tentang wisata agro maupun destinasi lainnya. Menariknya, kalau cuma ingin melihat wisata agro, misalnya spot terasering, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Kecuali kalau kamu berniat menyewa saung yang ada di sekitar spot terasering atau pergi ke curug maupun wisata lain yang lebih masuk lebih jauh ke dalam desa.

4. Wisata Bogor yang cocok untuk para petualang

terasering 1001 undak
instagram.com/dedi.bek

Desa Wisata Malasari sendiri ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Untuk bisa sampai ke sana, kamu perlu menempuh rute Parung-Ciampea-Leuwiliang-Leuwi Sadeng-Nanggung. Jaraknya sekitar 57 kilometer dengan estimasi waktu 2,5 jam berkendara.

Awalnya kamu bakal melewati jalan landai dan normal. Tapi begitu sampai di pertengahan Nanggung, medan mulai menanjak dan lebarnya cuma seukuran satu mobil sedan.

Perjalanan dilanjutkan, akses semakin ekstrem dengan medan berbatu dan naik turun. Sesekali kamu juga akan melihat hamparan sawah di sekitarnya. Setelah melewatinya, jalan kembali beraspal dan nggak lama bakal sampai di pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di sini, ada retribusi yang perlu kamu bayar sekitar Rp5.000,00 per orang.

Baca juga: Bogor Punya Taman Bunga ala Eropa, Biaya Masuknya Gratis Lho!

terasering 1001 undak bogor
instagram.com/swaradhani

Perjalanan nggak berhenti sampai di sini. Kamu masih perlu menempuh jarak beberapa kilometer supaya sampai di kawasan Desa Wisata Malasari. Atau kalau tubuhmu mulai lelah, bisa menginap di homestay yang ada di sekitar Kampung Citalahab dengan estimasi biaya Rp135.000,00 per kamar untuk 2 orang.

Gimana, tertarik untuk liburan ala petualang ke Desa Wisata Malasari? Mungkin jalannya masih cukup ekstrem. Tapi semua sepadan dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Khususnya kawasan Terasering 1001 Undak.

0 Comment