Nggak Perlu ke Salon, Begini Cara Mudah Manicure Pedicure Sendiri di Rumah

23 November 2019, at 18:00
0
0
Nggak Perlu ke Salon, Begini Cara Mudah Manicure Pedicure Sendiri di Rumah

Bagi sebagian orang, manicure pedicure di salon mungkin sudah jadi rutinitas. Tapi, banyak juga wanita yang melewatkan perawatan kuku tangan dan kaki ini karena merasa tarifnya mahal.

Padahal, manicure pedicure bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya pun mudah dan kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang.

Biar nggak keluar budget terlalu banyak, langsung simak yuk cara manicure pedicure di rumah berikut ini!

1. Bersihkan Kuku

membersihkan kuku
stocksy.com

Seperti halnya merawat wajah, langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika hendak manicure pedicure di rumah adalah dengan membersihkan kuku terlebih dulu.

Kalau kamu sedang memakai kuteks, bersihkan cat yang menempel di kuku dengan pembersih seperti aseton.

2. Rapikan Kuku

mengikir kuku
hearstapps.com

Setelah bersih, gunting kuku kaki dan tanganmu. Tapi perlu diingat, jangan memotongnya terlalu pendek ya.

Selanjutnya, kikir kuku sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Sebagai tips, baiknya kikir dengan gerakan satu arah, jangan maju-mundur karena bisa membuat kuku terasa sakit dan rapuh.

3. Rendam Kuku pada Air Hangat

merendam kaki
healthextremist.com

Ketika manicure pedicure di rumah, kamu bisa meluangkan waktu untuk merendam kaki dan tangan di air hangat selama 5-10 menit. Hal ini bisa membantumu rileks setelah lelah beraktivitas.

Supaya sensasi menenangkan bisa kamu dapat dengan maksimal, coba tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam wadah berisi air hangat yang kamu pakai untuk merendam kaki atau tangan tersebut.

Baca juga: Supaya Rambutmu Makin Indah, Ini 6 Cara Detox Kulit Kepala yang Mudah Dilakukan di Rumah

4. Eksfoliasi Kulit Kaki

scub kaki
ecolivingmama.com

Setelah direndam, kulit kaki dan tangan bakal lebih lunak dan mudah untuk dieksfoliasi. Maka dari itu, gunakan body scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bikin kulitmu terlihat kusam dan terasa kasar.

Pastikan untuk menggosok semua bagian, mulai dari tumit telapak tangan, sela-sela jari, hingga punggung tangan dan kaki. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

5. Perawatan Kutikula

merawat kutikula kuku
squarespace.com

Perawatan kuku yang satu ini sangat penting tapi sering dilewatkan, yaitu merawat kutikula. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengoleskan minyak khusus kutikula atau essential oil lainnya.

Teteskan minyak tersebut pada tiap kuku dan jari kemudian pijat berlawanan arah jarum jam.

6. Gunakan Pelembap

memakai hand cream
lemadrigal.ca

Setelah bersih dan cantik, kamu bisa merawat kaki dan tanganmu dengan mengoleskan pelembap seperti hand cream dan body lotion.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit di punggung tangan dan kakimu supaya nggak kering. Selain itu, langkah ini juga bisa membantu mengatasi kaki pecah-pecah.

7. Percantik Kuku

manicure pedicure di rumah
faviana.com

Kalau mau kukumu terlihat semakin cantik, kamu bisa memoleskan kuteks dengan warna favoritmu. Tapi ingat, oleskan base coat terlebih dulu supaya kukumu terlindungi dan hasilnya jadi lebih awet dan halus.

Kemudian pulaskan kuteks dan tunggu hingga benar-benar kering. Sebagai sentuhan akhir, aplikasikan top coat supaya hasilnya lebih tahan lama.

Baca juga: Harganya di Bawah 50 Ribu, 6 Rekomendasi Kuteks Ini Hasilnya Cepat Kering dan Tahan Lama

Nah, itulah 7 langkah manicure pedicure sendiri di rumah yang mudah banget diikuti. Selamat mencoba!

0 Comment