Nggak Perlu Muncak, 5 Wisata Jogja dan Jateng Ini Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Merapi

11 October 2019, at 15:00
0
0
Nggak Perlu Muncak, 5 Wisata Jogja dan Jateng Ini Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Merapi

Gunung Merapi sangat populer di kalangan para pendaki. Destinasi yang berada di Jogja dan Jawa Tengah ini pun sudah cukup banyak yang menaklukkannya. Tapi ada pula yang belum sempat untuk mendaki Gunung Merapi.

Tingginya risiko membuat kita harus berpikir ulang untuk menjelajahi Gunung Merapi. Terutama buat para pendaki pemula.

Nah, sekarang nggak perlu muncak kok supaya bisa lebih 'dekat' dengan Gunung Merapi. Cukup datangi wisata di Jogja dan Jawa Tengah ini, keinginanmu untuk melihat gagahnya Gunung Merapi bakal terkabul. Dimana saja sih lokasinya?

1. Bunker Kaliadem

bunker kaliadem
instagram.com/dedihermawanboy

Bunker Kaliadem memang cukup populer karena keindahan alamnya. Dari sini, kamu seolah jadi sangat dekat dari Gunung Merapi. Spot foto di wisata ini pun nggak bakal mengecewakan.

Bukan cuma punya pemandangan epik, Bunker Kaliadem juga punya histori luar biasa.Tempat wisata di Sleman ini bisa dibilang jadi saksi bisu erupsi Gunung Merapi tahun 2006 lalu.

Disarankan untuk sewa tour guide wisata Merapi saat liburan ke sini. Biayanya sekira Rp350 ribu untuk sewa jeep plus jasa pemandu. Sedangkan buat yang bawa kendaraan roda dua, biaya jasa tour guide sekira Rp60 ribu.

Lokasi Bunker Kaliadem : Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Jogja

Tiket masuk Bunker Kaliadem : Rp4 ribu per orang dan parkir Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Kali Talang

kali talang
instagram.com/debrianacynthiaputrii

Berada di ketinggian sekira 1.160 mdpl, puncak dan kawah Merapi terlihat sangat dekat dari tempat wisata di Jawa Tengah ini. Keren banget deh pokoknya buat foto-foto.

Akses jalan menuju ke Kali Talang cukup mudah. Dari Kota Klaten, jaraknya sekira 31 kilometer. Kalau kamu berangkat ke arah timur, rute termudahnya adalah melalui Kecamatan Manisrenggo. Sesampainya di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dangan Jogja, beloklah ke kanan atau ke arah utara setelah menemui perempatan.

Lurus saja mengikuti jalan tersebut sekira 10,5 kilometer. Kemudian kamu bakal menemui jalan kampung yang cukup sempit. Di sana sudah tersedia petunjuk jalan ke lokasi kok. Jadi nggak perlu khawatir tersesat.

Lokasi Kali Talang : Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Tiket masuk Kali Talang : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang
instagram.com/sonydansetiadi

Wisata di Jawa Tengah ini pun menjadi spot cantik untuk melihat Gunung Merapi. Meski nggak sedekat saat dilhat dari Bunker Kaliadem dan Kali Talang, tapi Air terjun Kedung Kayang recommended buat kamu kunjungi.

Untuk melihat kegagahan Gunung Merapi sekaligus air terjun, di destinasi Magelang ini tersedia gardu pandang. Selain dilihat dari atas, kamu juga bisa turun ke bawah. Kurang lebih lima sampai 10 menit, kamu bakal sampai di kawasan air terjun.

Selama perjalanan, kamu harus menyeberangi sungai. Ada dua cara untuk melewatinya, yaitu berjalanan di tengah arus atau melompat di atas bebatuan. Keduanya punya risiko dan tantangan masing-masing. Yang penting harus tetap hati-hati ya!

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang : Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang : Rp4 ribu per orang, asuransi Rp500, dan parkir Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Mata Air Kedung Kayang Magelang Konon Asalnya dari Telur Angsa, Bener Nggak Sih?

4. Kalikuning Park

kalikuning park
instagram.com/ikahanifah

Objek wisata Jogja yang mulai dibuka untuk umum pada Februari 2017 lalu ini juga bisa jadi pilihan buat kamu yang berlibur sambil melihat pemandangan Gunung Merapi. Saat di Kalikuning Park, kamu bisa melihat pohon-pohon pinus, puspa, rasamala, tanaman kantung semar, hingga beragam tumbuhan lain.

Kalau kamu beruntung, kamu juga bakal melihat Elang Jawa yang kini populasinya mulai menurun. Jembatan Kalikuning yang instagenik pun bisa kamu temukan di sini.

Lokasi Kalikuning Park : Jalan Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Jogja

Tiket masuk Kalikuning Park : Rp10 ribu per orang dan parkir kendaraan Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Ketep Pass

ketep pass
instagram.com/dcresencia

Wisata Magelang yang berada di kawasan Bukit Sawangan ini berada di ketinggian sekira 1.200 mdpl. Ketep Pass berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, sehingga pemandangan dan suasana khas pegunungan bakal kamu rasakan saat berada di sini.

Berbagai hal yang bisa kamu lakukan di sini selain melihat keindahan Gunung Merapi maupun Merbabu, yaitu santai di gazebo, menikmati kuliner khas maupun jagung bakar, hingga nonton film tentang Gunung Merapi di teater mininya.

Lokasi Ketep Pass : Jalan Blabak - Boyolali No.KM. 16, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Ketep Pass : Rp12 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Itu dia Sobat Qupas, lima wisata di Jogja dan Jawa Tengah alias Jateng yang bisa bikin kamu lebih dekat dengan Gunung Merapi tanpa harus muncak. Gimana, tertarik buat mengunjungi salah satunya?

0 Comment