Qupas Beauty

Nggak Perlu Nunggu Keriput, Ini Waktu yang Tepat untuk Mulai Pakai Skincare Anti Aging

23 October 2019, at 11:00
Nggak Perlu Nunggu Keriput, Ini Waktu yang Tepat untuk Mulai Pakai Skincare Anti Aging

Dulu, beragam skincare anti aging umumnya hanya dipakai oleh wanita yang berusia 40-an. Tapi sekarang ini, keadaan sudah berubah.

Brand kecantikan dari dalam maupun luar negeri justru sedang gencar meng-kampanyekan pemakaian produk anti penuaan sejak usia 20 dan 30-an. Dari situ kemudian muncul pertanyaan.

Kapan sih sebenarnya waktu yang tepat untuk mulai memakai produk anti aging? Kamu penasaran? Simak jawabannya berikut ini!

1. Sunscreen

memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Kamu mungkin mempertanyakan, apakah tabir surya termasuk produk anti aging? Tapi para dermatologi setuju lho kalau skincare anti kerut terbaik adalan sunscreen.

Ini karena, tugas utama sunscreen adalah menangkal efek buruk sinar matahari, yang notabene menjadi pemicu utama penuaan kulit, seperti keriput ataupun flek hitam. Lalu mulai usia berapa kamu harus memakai tabir surya?

Jawabannya, sedini mungkin, atau lebih tepatnya mulai bayi usia enam bulan. Pastikan saja kandungannya sesuai dengan usia si pemakai.

2. Eye Cream

memakai eye cream
instagram.com/lorealskin

Kulit di area mata yang cenderung lebih tipis umumnya akan mengalami proses penuaan lebih dulu. Ini karena daerah tersebut memiliki kandungan kolagen yang lebih sedikit sehingga sangat mudah terkena imbas dari efek buruk sinar matahari.

Nah, agar kelembaban area mata tetap terjaga, kamu bisa mulai pakai eye cream sejak awal usia 20-an. Tapi, pastikan kandungannya sangat ringan dan punya fungsi utama untuk menghidrasi kulit.

Sedangkan ketika memasuki usia 30, masalah yang menghampiri akan semakin kompleks, seperti contohnya muncul garis halus dan kerutan. Saat itulah kamu bisa beralih pada krim mata yang mengandung Peptides dan berbagai macam vitamin lainnya yang bisa menjaga elastisitas kulit.

Baca juga: Bukan Cuma Eye Cream, Ini Lho 6 Macam Skincare untuk Area Mata yang Bisa Dicoba

3. Produk Berbahan Retinol

produk berbahan retinol
instagram.com/forskinssake

Dilansir dari stylecaster.com, seorang dermatologis yang berbasis di New York, Dr. Kavira Mariwalla, mengatakan bahwa tanda-tanda penuaan dini umumnya muncul di akhir usia 20-an hingga pertengahan umur 30an.

Itulah mengapa, di akhir usia 20-an hingga pertengahan 30-an, sangat dianjurkan untuk mulai memakai produk berbahan Retinol. Kandungan skincare tersebut memang terbukti mujarab dalam memperbaiki kulit yang rusak akibat sengatan matahari, mengecilkan pori-pori, hingga meningkatkan produksi kolagen supaya wajahmu awet muda.

Kamu bisa mulai memakai skincare berbahan retinol dalam bentuk pelembab wajah ataupun serum.

4. Produk dengan Kandungan Antioksidan

skincare berbahan green tea
instagram.com/innisfreeusa

Supaya terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, coba pakai skincare yang mengandung antioksidan sejak memasuki usia 20-an. Produk tersebut bakal melindungimu dari polusi udara dan sinar UV yang menjadi sumber dari radikal bebas.

Produk yang tinggi antioksidan seperti skincare berbahan green tea akan bekerja layaknya sebuah tameng. Aplikasikan secara teratur setiap sebelum keluar rumah, dijamin wajahmu bakalan awet muda karena nggak tersentuh oleh yang namanya radikal bebas.

5. Skincare Anti Aging Lainnya

memakai serum
instagram.com/lorealskin

Ada banyak sekali produk anti aging yang beredar di pasaran. Dan bila dilihat dari riset yang pernah dilakukan oleh salah satu brand kecantikan asal Jepang, skincare tersebut bisa kamu pakai sejak usia 25 tahunan.

Supaya manfaat yang kamu terima bisa maksimal dan wajah bebas dari garis halus serta senantiasa awet muda, pastikan untuk memperhatikan komposisinya. Karena skincare anti aging terbuat dari kandungan yang berbeda-beda.

Jangan sampai kamu memakai skincare yang seharusnya dibuat untuk wanita berusia 40 tahun keatas.

Baca juga: Kantongi Review Positif, Rangkaian Produk Raiku Anti Aging Ini Terbukti Bikin Awet Muda

Jadi gimana, sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk mulai memakai produk anti aging?