Nggak Perlu Panik, 5 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Traveling Meskipun Sedang Haid

18 July 2019, at 11:00
0
0
Nggak Perlu Panik, 5 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Traveling Meskipun Sedang Haid

Traveling atau jalan-jalan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Kegiatan menyenangkan tersebut dapat menghilangkan stres dan penat yang diakibatkan oleh padatnya rutinitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, nggak sedikit orang yang dengan sengaja menyiapkan uang, pilihan destinasi wisata, dan waktu sejak jauh-jauh hari sebalumnya.

Akan tetapi bagaimana jadinya jika kamu sudah menyiapkan segala hal, lalu mendadak menstruasi atau haid saat akan atau sudah pergi liburan? Pasti akan sangat merepotkan dan nggak nyaman.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling, Kamu Pernah Nggak?

Meskipun demikian, nggak perlu panik dan ragu untuk melanjutkan perjalanan karena kamu bisa tetap nyaman dengan tips berikut ini.

1. Pakai Baju yang Nyaman dan Bawa Cadangan

baju yang nyaman
pexels.com/@rawpixel

Saat sedang haid, kamu membutuhkan pakaian yang nyaman. Usahakan untuk menggunakan baju yang cukup longgar atau nggak terlalu ketat agar nggak menekan perut.

Jika kamu melakukan traveling saat hari pertama atau kedua haid, jangan memaksakan diri untuk menggunakan celana berwarna cerah. Hal tersebut hanya akan membuatmu nggak tenang karena khawatir menstruasi bocor dan mengotorinya.

Jangan lupa juga untuk membawa cadangan baju untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan.

2. Bawa Pembalut Lebih Banyak

bawa pembalut lebih
entitymag.com

Selain menggunakan pakaian yang nyaman, kamu juga perlu membawa pembalut lebih banyak. Lakukan hal tersebut agar nggak perlu repot-repot membeli lagi saat traveling, apalagi kalau kamu pergi ke tempat yang terpencil.

Gunakan pembalut yang lebih panjang dan sering-seringlah menggantinya karena aktivitas saat traveling lebih berat daripada yang kamu lakukan sehari-hari.

3. Bawa Obat Pereda Nyeri

pereda nyeri
pexels.com/@freestocks

Perempuan mengalami banyak perubahan hormon saat menstruasi. Itulah mengapa beberapa orang mengalami masalah kesehatan yang berbeda-beda, seperti nyeri di perut, pusing, mual, dan lain sebagainya.

Untuk berjaga-jaga, bawalah obat pereda nyeri dan lain sebagainya supaya keseruan jalan-jalanmu nggak terganggu akibat sakit yang menyerang.

Baca juga: Obat Pereda Nyeri Haid Ini anti Ribet Saat Dibawa Traveling!

4. Pilih Objek Wisata yang Sesuai

objek wisata yang sesuai
pexels.com/@carollsouzaphotography

Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan saat traveling dalam kondisi haid adalah pemilihan objek wisata yang sesuai.

Pilihlah destinasi wisata yang santai dan nggak membutuhkan banyak energi. Hindari mendaki gunung atau menuju tempat dengan jarak yang terlalu jauh.

Akan tetapi kalau sudah terlanjur, kamu bisa beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan. Jangan sampai memaksakan diri ya!

5. Hindari Beberapa Jenis Makanan

makanan yang harus dihindari
pexels.com/@mtyutina

Untuk tetap nyaman saat melakukan traveling dalam keadaan haid, ada beberapa makanan yang sebaiknya nggak kamu konsumsi karena beberapa alasan.

  • Makanan olahan. Meskipun praktis dibawa saat traveling, namun makanan yang satu ini mengandung banyak garam yang bisa menyebabkan perut kembung.
  • Kafein. Minuman berkafein seperti teh dan kopi memang paling asyik dinikmati saat liburan, akan tetapi kandungan tersebut dapat membuatmu mengalami cemas dan nyeri di payudara.

Baca Juga: Sering Bingung Memilih Oleh-oleh Saat Traveling? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini

  • Makanan berlemak. Aktivitas hormon dalam tubuh menjadi nggak stabil saat menstruasi, mengonsumsi makanan berlemak akan membuat payudara nyeri dan perut kembung.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips traveling agar tetap nyaman meskipun dalam keadaan yang menyebalkan seperti menstruasi. Ikuti lima langkah di atas, maka kamu bisa jalan-jalan tanpa merasakan kekhawatiran!

0 Comment