Nggak Perlu Repot, Begini 5 Cara Melembutkan Rambut Kasar Seperti Ijuk Supaya Mudah Diatur

07 November 2019, at 18:00
0
1
Nggak Perlu Repot, Begini 5 Cara Melembutkan Rambut Kasar Seperti Ijuk Supaya Mudah Diatur

Rambut yang kasar seperti ijuk pasti bisa bikin emosi. Selain nggak sedap dipandang, kondisi ini juga membuat kita sendiri kurang nyaman.

Penyebab rambut jadi kering dan kasar pun beragam. Bisa karena penuaan, gaya hidup, lingkungan, menurunnya produksi minyak alami rambut, hingga kurangnya perawatan.

Kalau kamu mengalami masalah tersebut, coba deh lakukan 5 cara melembutkan rambut kasar dan mengembang berikut ini.

1. Pakai Minyak Esensial

memakai minyak esensial rambut
instagram.com/sensatiabotanicals

Minyak esensial menyimpan beragam manfaat bagi kecantikan. Selain bisa dipakai untuk merawat kulit, kamu juga disarankan untuk menggunakannya ketika ingin melembutkan rambut.

Dari beragam jenis essential oil yang ada, kamu bisa memilih minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak argan untuk melembapkan dan melembutkan rambut.

Aplikasikan dengan cara mengusapkan minyak esensial tersebut ke rambut hingga kulit kepala dan iringi dengan pijatan lembut. Bila dilakukan secara teratur, perawatan ini bakal bikin rambutmu lembut dan mudah diatur.

2. Pakai Lidah Buaya

cara melembutkan rambut dengan lidah buaya
hrfun.com

Buat yang nggak suka ribet, bisa mencoba cara melembutkan rambut dengan lidah buaya. Karena kamu tinggal mengubah tanaman berlendir ini menjadi hair mist.

Caranya, kupas lidah buaya dan ambil gelnya sebanyak dua sendok makan. Kemudian campurkan dengan dua sendok makan air lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, masukkan ramuan lidah buaya tersebut ke dalam botol spray. Kamu bisa semprotkan langsung ke rambut layaknya hair mist tanpa perlu dibilas.

Baca juga: Simpel, 7 Masker Rambut dari Bahan Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

3. Pakai Kondisioner

wanita memakai conditioner
instagram.com/pantene

Beberapa orang masih mengabaikan pentingnya memakai kondisioner. Padahal produk perawatan rambut yang satu ini fungsinya banyak banget lho.

Mulai dari menjaga kelembapan rambut, menghaluskan, hingga mencegah rambut bercabang. Jadi, jangan pernah melewatkan pemakaian kondisioner setelah keramas ya. Supaya rambutmu tetap terasa halus dan mudah disisir dengan jari.

4. Pakai Produk Perawatan Khusus Rambut Kering

memakai hair mist
instagram.com/tresemme

Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang bisa pakai beragam produk perawatan rambut kering. Mulai dari shampo, kondisioner, hingga hair mask.

Tapi perlu diingat, jangan keramas dan memakai produk perawatan rambut tersebut setiap hari ya. Kamu bisa keramas 2-3 kali dalam seminggu supaya produksi minyak alami di kulit kepala tetap terjaga.

5. Hindari Alat Pemanas Rambut

memakai hair dryer
hairfinder.com

Kalau kamu sering mengandalkan hair dryer, catokan, atau alat pemanas rambut lainnya, sebaiknya minimalisir penggunaannya dari sekarang.

Sebab, suhu panas dari alat-alat styling tersebut bisa merusak lapisan rambut. Hasilnya, rambutmu bakal semakin kering, rapuh, kasar, bahkan bercabang.

Gimana, sudah tahu kan sekarang bagaimana cara merawat rambut rusak dan kasar seperti ijuk supaya kembali lembut? Selamat mencoba!

1 Comment
Ken Zhang
07/11 - 22:03
Good