Nggak Selalu Buruk, Ini Lho Manfaat Bermain Gadget untuk Perkembangan Anak

01 December 2019, at 17:00
0
0
Nggak Selalu Buruk, Ini Lho Manfaat Bermain Gadget untuk Perkembangan Anak

Selama ini, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa smartphone atau gadget memiliki banyak dampak buruk terutama untuk anak-anak. Mulai dari risiko sakit mata,  perkembangan kemampuan sosial yang nggak maksimal, sampai obesitas.

Padahal, apabila digunakan dengan bijak dan tepat gadget justru memiliki beberapa manfaat untuk perkembangan anak lho. Apa saja ya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mengasah Keterampilan Motorik

motorik anak
bestlifeonline.com

Bermain gadget ternyata bisa mengasah keterampilan motorik anak. Kemampuan yang berkaitan dengan gerakan otot-otot tubuh seperti bibir, lidah, tangan, dan kaki tersebut bisa dilatih melalui permainan edukasi yang terdapat dalam gadget lho.

Saat memegang tablet atau smartphone, buah hati akan melibatkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangan.

2. Melatih Kreativitas

melatih kreativitas
appletreebsd.com

Berbeda dari anggapan kebanyakan orang, bermain gadget ternyata juga bisa melatih kreativitas anak kok. Pasalnya, saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat melatih keseimbangan otak kiri dan kanan buah hati.

Asalkan dapat memiliki kegiatan atau aplikasi yang tepat untuk si kecil, bermain gadget pun bisa menjadi menyenangkan dan edukatif.

Baca Juga: Punya Mainan Sedikit Bikin Anak Lebih Kreatif, Kok Bisa Ya?

3. Melatih Cara Berpikir

anak bermain smartphone
mirrormeapp.com

Penelitian menyebutkan bahwa perkembangan teknologi yang ada saat ini ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan lebih cepat dan baik.

Kemampuan koginitif sendiri meliputi cara berpikir, mengingat, membuat rencana, mengambil keputusan, hingga menyelesaikan masalah.

Durasi Tepat Anak Bermain Gadget

manfaat bermain gadget untuk anak
stock.adobe.com

Meskipun boleh membiarkan anak bermain gadget untuk mendapatkan manfaatnya, namun nggak berarti hal tersebut boleh dilakukan tanpa aturan lho. Orang tua harus memerhatikan beberapa batasan supaya si kecil nggak kecanduan.

Para pakar kesehatan merekomendasikan bahwa anak sebaiknya mulai diperbolehkan bermain gadget paling kecil usia 2 tahun dengan maksimal durasi 1 jam per hari.

manfaat gadget untuk perkembangan anak
hellosehat.com

Selain itu, orang tua juga tetap perlu memberikan pengawasan yang ketat dan tetap mengimbangi dengan aktivitas lain yang bermanfaat untuk perkembangan anak.

Wah, ternyata nggak selalu buruk ya. Gadget juga punya manfaat yang baik bagi perkembangan buah hati apabila digunakan secara bijak dan nggak berlebihan Sobat Qupas.

0 Comment