Ngidam Nggak Terpenuhi, Benarkah Bikin Bayi Ngiler?

03 October 2019, at 17:00
0
0
Ngidam Nggak Terpenuhi, Benarkah Bikin Bayi Ngiler?

Ngidam adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Keinginan untuk mengonsumsi atau melakukan sesuatu yang terkadang cukup aneh ini bisa muncul kapan saja lho, bahkan tengah malam.

Berbicara tentang ngidam, fenomena tersebut disebut-sebut dapat menyebabkan bayi sering ngiler apabila nggak dituruti. Namun, benarkah hal tersebut?

Berikut ini beberapa hal tentang ngidam dan dampaknya bagi janin di dalam kandungan apabila nggak keturutan.

Penyebab Ngidam

ngidam
123rf.com

Pada dasarnya, penyebab ngidam pada ibu hamil belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian, para ahli sudah mengaitkan fenomena tersebut dengan berbagai hal.

Dalam ilmu kedokteran kandungan, ngidam bukanlah disebabkan oleh faktor medis. Sehingga, nggak ada data sains yang menegaskan bahwa hal tersebut harus ditangani dengan serius.

ibu hamil ngidam
sutcollegeofmedicine.com

Akan tatapi, para ahli berasumsi bahwa keinginan ibu hamil untuk mengonsumsi atau melakukan susuatu yang seringkali aneh tersebut dipengaruhi oleh perubahan hormon.

Selain itu, American Pregnancy Asosiation juga mengatakan bahwa hal tersebut dapat disebabkan karena faktor psikologis atau tubuh yang kekurangan nutrisi tertentu seperti zat besi.

Baca Juga: Bayi Sering Ngiler Ternyata Ada Manfaatnya Lho, Apa Saja Ya?

Benarkah Ngidam Ibu Hamil Nggak Terpenuhi Sebabkan Anak Ngiler?

bayi ngiler
123rf.com

Sepertinya, sudah saatnya kamu berhenti percaya bahwa ngidam ibu hamil yang nggak terpenuhi dapat membuat bayi sering ngiler.

Pasalnya, mengeluarkan ludah merupakan hal yang wajar dan lazim dialami oleh si kecil. Para ahli mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena bayi belum memiliki kemampuan untuk mengontrol air liurnya.

Dampak Ngidam Nggak Terpenuhi

ibu hamil sedih
thenorthernecho.co.uk

Meskipun bayi ngiler bukan disebabkan oleh ngidam ibu hamil yang nggak terpenuhi, bukan berarti hal tersebut nggak memiliki dampak yang lain.

Psikolog Tara de Thouars mengatakan bahwa ngidam yang nggak terpenuhi dapat membuat ibu hamil sedih dan suasana hati menjadi buruk. Secara nggak langsung, emosi negatif yang dirasakan oleh ibu hamil tersebut akan berdampak buruk pada janin yang dikandungnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya apabila para suami berusaha untuk menuruti istri yang sedang ngidam ya! Kalau pun terlalu aneh atau sulit untuk diwujudkan, Sobat Qupas bisa mencoba memanjakan ibu hamil dengan cara yang lain.

0 Comment