Nikmatnya 7 Jenang di Solo, Kudapan Manis Berkuah Santan dan Gula Jawa

09 April 2019, at 19:00
0
0
Nikmatnya 7 Jenang di Solo, Kudapan Manis Berkuah Santan dan Gula Jawa

Siapa nih sobat Qupas yang akan berlibur ke Solo dalam waktu dekat ini? Wah, kalau gitu nggak ada salahnya untuk mencicipi kuliner tradisional yang satu ini. 

Bubur atau jenang terkenal dengan jenisnya yang banyak. Hanya saja yang dijual hanya 5 hingga 7 jenis saja. Tapi kenikmatannya tetap nggak berubah kok. Biar semakin percaya langsung saja mampir ke tujuh kedai kudapan manis berikut ini.

1. Jenang Brayat

jenang solo brayat
instagram.com/thoryc.id

Makanan tradisional khas Solo ini punya sajian jenang yang cukup banyak, jenisnya ada:

  • Bubur sumsum
  • Grendul
  • Pati garut
  • Ketan hitam

Penganan ini terbuat dari tepung beras yang diberi kuah santan bercampur gula jawa menghasilkan cita rasa manis. Dijual dengan gerobak dorong di depan klinik daerah Dr. Setaibudi. Dalam sehari penjual jenang ini bisa menghabiskan 15 kg tepung beras lho.

Lokasi Jenang Brayat : Jalan Dr.Setiabudi No.103, Mangkubumen

Buka dari : 11:00-habis

2. Jenang Ayu Sari Rasa

jenang ayu sari rasa
instagram.com/janicaturini

Kedai kudapan manis ini sudah buka sejak tahun 2007 yang lalu. Yang awalnya hanya Rp2.500,00 sekarang menjadi Rp6.000,00 saja.

Kalau disini ada tujuh jenis jenang, seperti sumsum, gerendul, angrang, pati, kacang ijo, ketan hitam, dan mutiara. Kuah santan yang gurih tanpa tambahan gula merah ini bikin ketagihan dan kenyang seketika.

Lokasi Jenang Ayu Sari Rasa : Jalan Monginsidi No.95, Manahan

Buka dari : 06:00-12:00 WIB

3. Jenang Grendul Sekawan

jenang grendul sekawan
instagram.com/thoryc.id

Berada di dekat sekolah, membuat jajanan tradisional ini cocok untuk menu sarapan yang murah meriah. Harganya hanya Rp10.000,00.

Sama dengan isian jenang lainnya, hanya saja nggak ada tambahan kuah santan. Diganti dengan siraman saus gula merah cair yang ditambahkan dengan tepung sagu.

Lokasi Jenang Grendul Sekawan : Jalan Kartini (Pojokan SMPN 10 Solo)

Buka dari : 06:00-09:00 WIB

Baca juga : 5 Makanan dengan Nama 'Solo' ini bikin Kamu Langsung Kepengen

4. Jenang Bu Hartono

jenang bu hartono
instagram.com/solokenyang

Harganya yang hanya Rp5.000,00 saja membuat jajanan ini terbilang cukup murah meriah. Pasalnya dalam satu porsi ada empat jenis jenang Solo yang bisa dipilih sesuai selera.

Isiannya pun cukup banyak dengan takaran satu sendok sayur. Kuah gula merah cair yang asli bikin manis legit di tenggorokan.

Lokasi Jenang Bu Hartono : Jalan Kapten Piere Tendean, Nusukan

Buka dari : 08:00-habis

5. Depot Eco Roso

depot eco roso
instagram.com/depotecoroso

Kalau kuliner tradisional yang satu ini bisa kamu pesan melalui ojek online. Cocok deh buat kamu yang nggak mau keluar kamar tapi ingin sarapan manis.

Kamu bisa memesan satu jenis jenang yang mau kamu makan. Jadi bisa makin puas makannya, harganya pun hanya Rp6.500,00 saja.

Lokasi Depot Eco Roso : Jalan Dr.Rajiman No.181, Solo

Buka dari : 07:00-15:30 WIB

6. Jenang Ponpes Ta’Mirul

jenang ponpes ta'mirul
instagram.com/carikulinersolo

Kudapan manis khas Solo yang satu ini dibungkus di sebuah gelas plastik sekali buang, dijual di sebuah gerobak dorong berwarna biru.

Isiannya ada lima jenis saja, pas banget nih kalau beri tambahan es batu agar lebih menyegarkan dan nikmat. Harganya hanya sekitar Rp4.000,00 saja.

Lokasi Jenang Ponpes Ta’Mirul : Jalan K.H Samanhudi, Laweyan (Dekat Ponpes Ta'Mirul)

Buka dari : 10:00-13:00 WIB

7. Jenang Campur Mbok Poni

jenang campur mbok poni
instagram.com/dhikanov

Jenang campur khas Solo ini punya sajian es batu yang semakin menambah gurih dan segar. Bisa memilih satu jenis jenang saja lho.

Paling disarankan makan di siang hari saat sinar matahari bersinar terik. Bikin haus hilang seketika. Harganya pun juga nggak bikin dompet tipis sekitar Rp5.000,00 saja.

Lokasi Jenang Campur Mbok Poni : Lapangan Sriwaru Sondokan

Buka dari : 11:00-habis

Gimana nih kalau sobat Qupas mau mencicipi jenang Solo yang mana dulu? Langsung cobain satu satu deh!

0 Comment