Normalkah Bila Bayi Suka Mengisap Jari Tangan? Ini Lho Faktanya

20 August 2019, at 17:00
0
0
Normalkah Bila Bayi Suka Mengisap Jari Tangan? Ini Lho Faktanya

Bagi orang tua, dapat mendampingi dan menyaksikan perkembangan bayi dari hari ke hari merupakan hal yang menyenangkan.

Momen saat pertama kali buah hati mengatakan “mama” atau “papa”, berguling, atau bahkan berjalan tanpa bantuan tentu saja sangat spesial dan menjadi kenangan yang nggak terlupakan.

Akan tetapi, beberapa kebiasaan si kecil saat masa perkembangan bisa jadi membuat orang tua baru merasa khawatir. Salah satunya yaitu saat buah hati sering mengisap jari tangannya.

Kebiasaan Bayi Mengisap Jari Tangan

kebiasaan mengisap jari tangan
hellosehat.com

Lalu, normalkah bila buah hati memiliki kebiasaan mengisap jari tangannya? Para ahli mengungkapkan bila hal tersebut wajar dilakukan oleh bayi berusia 3 sampai 7 bulan.

Mengisap jari justru menunjukkan bahwa si kecil sehat dan normal karena kemampuan refleks isap memang sudah seharusnya dimiliki sejak lahir.

Oleh sebab itu, orang tua nggak perlu khawatir dan pastikan saja tangan si kecil bersih saat melakukannya. Pada umumnya, kebiasaan tersebut akan berhenti ketika anak memasuki usia 2 sampai 4 tahun.

Arti Bayi Mengisap Jari Tangan

Selain merupakan refleks yang menunjukkan kondisi kesehatan bayi, mengisap tangan juga bisa memiliki beberapa arti seperti berikut.

1. Lapar

lapar
beritagar.id

Pada umumnya, bayi akan menangis saat merasa lapar. Akan tetapi, memasukkan jemari ke dalam mulut dan mengelurkan bunyi isapan juga menjadi tanda bahwa si kecil harus segera diberikan makanan lho.

Sebaiknya orang tua mengetahui waktu rutin untuk bayi menyusu atau pemberian MPASI sehingga dapat mengartikan secara pasti apa maksud isapan jarinya.

Baca Juga: Nggak Melulu Lapar, Ini 5 Arti Tangisan Bayi yang Perlu Orang Tua Pahami

2. Mengantuk

mengantuk
medium.com

Selain lapar, mengisap jari juga bisa menandakan bahwa bayi sedang mengantuk dan butuh beristirahat. Hal ini biasanya dibarengi dengan respon yang berkurang dari buah hati.

Nggak semua bayi bisa langsung tidur saat merasa lelah, oleh sebab itu ia membutuhkan bantuan agar mudah tertidur. Mengisap jari merupakan salah satunya.

3. Sedang Menenangkan Diri

bayi sedang menenangkan diri
parenting.lk

Mungkin banyak yang nggak tahu, akan tetapi sebenarnya bayi sudah bisa mengisap jari sejak dalam kandungan lho.

Kebiasaan tersebut merupakan salah satu cara buah hati menenangkan diri. Si kecil butuh merasa aman dan nyaman sehingga ia melakukan hal tersebut seperti saat berada dalam rahim.

Sehingga, kebiasaan mengemut atau mengisap jari yang dilakukan si kecil adalah sesuatu yang normal ya Sobat Qupas. Orang tua nggak perlu terlalu khawatir dan berusaha untuk menghilangkannya selama bayi masih berusia di bawah empat tahun.

0 Comment