Qupas Healthy

Normalkah Jika Gigi Geraham Bungsu Belum Tumbuh Sampai Dewasa? Ini Penjelasannya

05 February 2020, at 08:00
Normalkah Jika Gigi Geraham Bungsu Belum Tumbuh Sampai Dewasa? Ini Penjelasannya

Gigi geraham bungsu atau gigi geraham ketiga merupakan gigi yang terletak di rahang atas dan bawah. Dinamakan “bungsu” karena gigi ini muncul paling terakhir diantara yang lainnya.

Pada umumnya, pembentukan benih gigi geraham bungsu dimulai saat usia 12 tahun dan berakhir di usia sekitar 23 tahun. Periode kemunculannya yang paling akhir tersebut juga membuat gigi ini disebut sebagai wisdom teeth.

Pada beberapa orang, munculnya gigi geraham dapat menyebabkan rasa sakit. Menurut penelitian, 9 dari 10 orang mengalami impaksi atau gangguan kemunculan gigi tersebut.

Sakit Gigi (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Hal tersebut dapat disebabkan oleh pertumbuhan rahang yang sudah selesai sehingga nggak terdapat tempat yang cukup lagi untuk gigi geraham bungsu. Alhasil, pertumbuhannya akan menjadi nggak maksimal atau bahkan muncul dengan posisi yang salah.

Baca juga: Inilah 5 kondisi Mulut yang Menggambarkan Kesehatanmu, Simak Yuk!

Apabila gigi bungsu tumbuh normal atau lengkung rahang memiliki ruang yang cukup dan benih gigi terbentuk dengan posisi yang tepat, sebenarnya kemunculannya nggak akan menimbulkan rasa sakit.

Akan tetapi, pernahkah kamu bertanya-tanya tentang mengapa gigi geraham bungsu belum tumbuh meskipun usia sudah dewasa, atau lebih dari 23 tahun? Normalkah hal tersebut?

Gigi Geraham Tumbuh (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Secara lengkap, seseorang seharusnya memiliki 4 buah gigi geraham bungsu. Akan tetapi, studi menyebutkan bahwa sekitar 25 persen manusia memiliki gigi geraham bungsu yang kurang dari 4 buah. Hal ini bisa disebabkan oleh kemunculannya yang bermasalah.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa memengaruhi kemunculan gigi geraham bungsu, yaitu:

  • Genetik

Gangguan kemunculan gigi geraham bungsu juga bisa diturunkan dari orang tua lho! Lengkung rahang yang kecil dengan ukuran gigi yang relatif besar bisa menghambat hal tersebut.

Baca juga: 5 Cara Alami ini Bisa Obati Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh!

  • Makanan yang Dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang kerasa dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan lengkung rahang. Hal ini dapat membuat gigi geraham bungsu lebih sulit muncul.

  • Benih Gigi yang Salah Posisi

Benih gigi yang tumbuh dengan arah yang salah akan menyebabkan masalah saat muncul ke permukaan. Hal ini juga bisa mengganggu pertumbuhan gigi lainnya.

Gigi Bungsu (Foto: lortonoralsurgery.com)
lortonoralsurgery.com

Jadi Sobat Qupas, ternyata yang ada banyak orang yang gigi gerahamnya belum tumbuh bahkan setelah dewasa lho. Kamu nggak perlu khawatir ya!

Meskipun demikian, kemunculan gigi geraham bungsu mungkin akan menyebabkan masalah karena lengkung rahang sudah terbentuk secara maksimal dan nggak ada ruang yang cukup di sana.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memeriksakannya ke dokter dan mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Biasanya, bibit geraham bungsu yang tumbuh dengan posisi miring harus dicabut agar nggak menyebabkan masalah gigi lainnya.