Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Sehari-hari? Lakukan Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

29 July 2018, at 03:00
3
0
Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Sehari-hari? Lakukan Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

Saat menstruasi datang, ada beberapa gejala seperti kelelahan, pusing, kembung, payudara terasa nyeri dan bengkak, serta nyeri pada perut bagian bawah yang kerapkali menyertainya. Meski hal ini sebenarnya normal terjadi pada wanita, tetapi tak jarang juga dapat menyebabkan suasana hati menjadi buruk sehingga aktivitas sehari-hari menjadi terhambat pula.

 

Untuk mengatasinya, beberapa orang memilih meminum obat pereda nyeri, tetapi sebagian besar lainnya lebih memilih meredakannya dengan cara- cara alami, yang selain tidak kalah manjurnya juga terbukti lebih aman bagi tubuh.

 

yourmedikart.com

 

Mengonsumsi buah pisang

 

Buah pisang kaya akan kandungan potassium yang dipercaya banyak orang dapat meringankan rasa kram dan nyeri pada perut saat haid tiba. Selain itu, buah pisang juga dapat meningkatkan mood yang seringkali menjadi tidak terkontrol di masa-masa menstruasi.

 

Meminum air jahe

 

Sudah sejak lama jahe terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan beragam penyakit, termasuk nyeri haid. Jahe memiliki senyawa yang dapat mengurangi produksi prostaglandis pada tubuh sehingga membuat kontraksi urin selama masa haid berkurang. Memarkan satu ruas jahe, lalu tambahkan air panas dan nikmati saat masih hangat. Tambahkan gula jika suka.

 

Mandi air hangat

 

Dengan mandi menggunakan air hangat selama masa haid, tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang menyerang tubuh.

 

Kompres air panas

 

Masukkan air hangat ke dalam botol kemudian gunakan untuk mengompres daerah perut demi mengurangi rasa nyeri dan meredakan ketegangan pada otot perut.

 

Olahraga ringan

 

Olahraga ringan dan sederhana seperti berjalan, bersepeda, dan berenang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri yang menyerang saat haid datang. Hal ini dikarenakan otot-otot akan bergerak dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar serta tubuh akan mengeluarkan endorphin yang merupakan senyawa anti nyeri alami. Yang perlu diingat, saat melakukan olahraga ringan jangan memaksakan diri dan sesuaikan dengan kondisi tubuh saat itu.

 

Relaksasi

 

Selain olahraga ringan, aktivitas relaksasi seperti yoga dan pilates juga dipercaya mampu meredakan rasa sakit selama periode menstruasi. Gerakan pada kedua latihan ini akan meregangkan otot yang kaku sekaligus membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang. Lakukan gerakan yang berfokus pada daerah perut dan punggung untuk meredakan rasa sakit.

 

Cara-cara alami di atas sangat mudah untuk dilakukan dan memang terbukti dapat mengurangi rasa sakit terutama kram perut saat haid datang. Meskipun begitu, jangan sepelekan nyeri haid yang terasa menyiksa hingga timbul gejala lain seperti pendarahan. Segera hubungi dokter agar dapat dilakukan tindakan yang tepat sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

0 Comment