Qupas Family

Orang Tua Baru Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Penggunaan Popok Bayi

15 January 2020, at 10:00
Orang Tua Baru Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Penggunaan Popok Bayi

Hadirnya popok bayi sekali pakai menjadi angin segar bagi sebagian orang tua karena dianggap lebih praktis dan mudah digunakan. Meskipun demikian, masih banyak juga orang yang setia dengan popok kain yang lebih tradisional.

Apabila kamu termasuk orang yang menggunakan popok sekali pakai untuk si kecil, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

1. Bahan Popok

popok bayi
coterie.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan orang tua tentang penggunaan popok bayi adalah bahannya. Pilihlah popok yang berbahan halus sehingga buah hati merasa nyaman saat menggunakannya.

Popok sekali pakai biasanya mengandung sodium polyacrylate yang cukup aman. Akan tetapi, perhatikan pula bahan lain seperti zat pewarna dan lain seabagainya yang dapat memicu iritasi di kulit buah hati.

2. Amati Kulit Bayi

mengganti popok bayi
shutterstock.com

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua tentang penggunaan popok sekali pakai bayi adalah kondisi kulit si kecil.

Perhatikan secara teliti kulit bayi saat memandikan atau mengganti popoknya. Apabila terdapar ruam merah, sebaiknya hentikan pemakaian popok sekali pakai dan segera atasi masalah tersebut.

3. Waktu Mengganti Popok

penggunaan popok sekali pakai
depositphotos.com

Orang tua juga sebaiknya memperhatikan waktu mengganti popok bayi. Idealnya, popok diganti secara rutin setiap dua sampai tiga jam sekali.

Jika hal tersebut diabaikan, kotoran dan bakteri yang terdapat pada popok bayi bisa menyebabkan iritasi dan masalah kesehatan lainnya lho.

Baca juga: 7 Kekhawatiran Berlebihan Ini Dialami Ibu Baru, Mitos atau Fakta?

4. Popok Harus Langsung Diganti pada Kondisi Ini

penggunaan popok bayi
premierhealth.com

Selain harus mengganti popok secara berkala dalam waktu dua hingga tiga jam sekali, popok juga perlu langsung diganti saat si kecil buang air besar.

Sama seperti di atas, hal tersebut penting dilakukan demi menjaga kebersihan dan mencegah berbagai penyakit.

5. Cara Pakai Popok

penggunaan popok bayi
romper.com

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang penggunaan popok pada bayi adalah cara pemakaiannya. Seringkali, orang tua memasangkan popok terlalu ketat pada si kecil sedangkan hal tersebut seharusnya dihindari.

Meskipun hal tersebut dilakukan agar kotoran atau urine buah hati nggak berceceran, akan tetapi bayi bisa menjadi nggak nyaman lho.

Nah, itu dia Sobat Qupa beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait penggunaan popok sekali pakai pada bayi. Jangan diabaikan ya!