Orang Tua Bijak Lakukan 5 Cara Ini untuk Menegur Anak

16 September 2019, at 17:00
0
0
Orang Tua Bijak Lakukan 5 Cara Ini untuk Menegur Anak

Anak-anak usia balita pada umumnya sudah memiliki pengetahuan mengenai lingkungan disekitarnya, akan tetapi masih berpikir secara egosentris atau fokus terhadap diri sendiri.

Pada masa tersebut, buah hati biasanya belum bisa mengetahui apakah tindakannya baik atau buruk bagi orang-orang disekitarnya. Oleh sebab itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membuat si kecil memahami baik dan buruk.

Akan tetapi, ada baiknya apabila orang tua nggak langsung menyalahkan dan memarahi buah hati. Lakukan 4 cara bijak menegur anak berikut ini agar perasaannya nggak tersakiti.

1. Tekankan pada Perilakunya, Bukan Pribadinya

menegur anak
123rf.com

Orang tua harus percaya bahwa semua anak itu baik. Hanya saja, terkadang perilakunya bisa salah karena belum mengetahui yang baik dan benar.

Oleh sebab itu, hindari memarahinya dan membuatnya terluka. Tegurlah buah hati dengan bijak dan menekankan pada perilaku yang salah, kemudian tunjukkan bagaimana yang benar dan berikan ia dorongan atau semangat untuk memperbaikinya.

Meskipun sederhana, hal tersebut tersebut perlu dilakukan untuk membuat si kecil nggak mengulangi kesalahannya lagi.

2. Hindari Menggertak

cara bijak menegur anak
soco.id

Selain menekankan pada perilaku yang salah, cara bijak menegur anak lainnya adalah dengan menghindari gretakan.

Dibandingkan dengan menakut-nakuti anak, orang tua bisa menerapkan hukuman yang ringan agar bauh hati menyadari kesalahannya. Namun perlu diingat bahwa cara ini boleh dilakukan apabila si kecil masih tetap melakukannya meskipun telah beberapa kali ditegur.

Orang tua bisa meminta buah hati berdiri di pojok sambil memikirkan apa yang telah dilakukannya selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup dan anak menurut, berikan pelukan hangat dan nasehat agar ia nggak mengulanginya.

3. Hindari Kekerasan Fisik

cara menegur anak dengan bijak
shutterstock.com

Meskipun merasa sangat marah dan kesal kepada anak, akan tetapi sangat nggak bijak apabila orang tua melakukan kekerasan fisik untuk menegur buah hati yang melakukan kesalahan.

Orang tua harus tetap sabar dan memberikan teguran dengan cara yang positif dan menghindari kekerasan fisik karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kondisi psikis buah hati.

Baca Juga: Sering Mengkritik Anak, Dampak Buruknya bisa Rusak Mental Si Kecil

4. Jangan Lakukan di Depan Umum

berbicara dengan anak
hellosehat.com

Menegur anak sebaiknya nggak dilakukan di depan umum. Pasalnya, melakukan hal tersebut dihadapan orang lain bisa membuat si kecil merasa dipermalukan sehingga kehilangan rasa percaya diri.

Usahakan untuk menunggu waktu bedua saja dengan buah hati untuk menegur dengan kata-kata yang bijak dan nggak menyinggung perasaannya. Bagaimana pun, anak-anak biasanya melakukan kesalahan karena kurangnya pemahaman.

5. Berteriak Hanya Saat Anak Melakukan Hal Berbahaya

menegur anak
shutterstock.com

Boleh nggak sih berteriak kepada anak? Apabila hal tersebut dimaksudkan untuk memarahinya, sebaiknya jangan dilakukan.

Orang tua sebaiknya berteriak kepada anak hanya saat ia melakukan hal-hal yang berbahaya bagi dirinya sendiri atau orang lain. Misalnya saat anak mendekati api, kamu bisa berteriak “stop” atau lain sebagainya yang membuat si kecil berhenti.

bapak dan anak
care.com

Setelah itu, dekatilah buah hati dan tanyakan alasan ia melakukannya. Jangan lupa untuk memberikan pengertian secara halus tentang mengapa hal tersebut nggak boleh dilakukan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara bijak menegur anak yang bisa kamu lakukan. Jangan langsung memarahinya ya!

0 Comment