Orang Tua Harus Peka, 4 Hal Ini Jadi Ciri-ciri Bayi Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

18 November 2019, at 17:00
0
0
Orang Tua Harus Peka, 4 Hal Ini Jadi Ciri-ciri Bayi Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi semua orang, terutama bayi. Bukan sekadar waktu istirahat untuk memulihkan energi saja, namun hal tersebut juga berpengaruh pada perkembangan buah hati.

Menurut dr. Rosalina Dewi Roeslani Sp.A(K) yang merupakan dokter spesialis anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, terdapat dua fase bermanfaat yang dialami bayi saat tidur yaitu Rapid Eye Movement (REM) dan non-Rapid Eye Movement (non-REM).

Pada fase REM, terekam kerja otak bayi sangat aktif dan hal tersebut berperan penting dalam perkembangannya terkait dengan menguatkan daya ingat.

bayi tidur
todaysparent.com

Sedangan pada fase non-REM saat si kecil benar-benar tidur pulas, tubuh bekerja untuk menghasilkan Growth Hormon alias hormon pertumbuhan dan penggabungan protein untuk mengganti sel-sel yang rusak. Fase ini juga membuat si kecil belajar mengenal suara atau elusan ibu.

Oleh sebab itu, dapat dikatan bahwa kurang waktu tidur bisa berpengaruh pada perkembangan bayi. Untuk mengatasinya, orang tua harus peka dan mengetahui ciri-ciri bayi kurang tidur seperti di bawah ini.

1. Bayi Terus Menggosok Mata

tanda bayi kurang tidur
story.motherhood.com.my

Salah satu hal yang bisa menjadi tanda bayi kurang tidur adalah terus menerus menggosok mata. Hal tersebut dilakukan oleh si kecil sebagai refleks saat merasa lelah dan ingin tidur.

Menurut Judith Owens, M.D., yang merupakan direktur di Children’s National Medical Center menyebutkan bahwa hormon pertumbuhan terutama di sekresi saat bayi sedang tidur dan menggosok-gosok mata menandakan ia belum cukup mendapatkannya.

2. Suara Bayi Serak dan Nggak Fokus

bayi mengantuk
sporteluxe.com

Bayi yang mengantuk berat kemungkinan besar suaranya akan menjadi serak. Beberapa bahkan mengeluarkan suara seperti mendengkur lho.

Selain itu, sama seperti orang dewasa si kecil juga akan menjadi nggak fokus saat nggak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Baca Juga: 8 Gestur Tubuh Bayi ini Jadi Cara Si Kecil Berkomunikasi, Apa Maknanya?

3. Nggak Mau Bermain

bayi kurang tidur
pinterest.com

Tanda bayi kurang tidur selanjutnya adalah nggak memiliki minat untuk bermain. Si kecil bahkan nggak akan tertarik saat dipanggil namanya.

Selain itu, bayi kemungkinan akan terlihat sayu, lemah, dan lemas karena sudah mengantuk berat.

4. Rewel dan Menangis

bayi menangis
xuehua.us

Bayi memang masih belum bisa berkomunikasi lewat lisan. Salah satu cara si kecil untuk menyampaikan keinginannya adalah dengan menangis dan rewel.

Jika si kecil sering menangis meskipun sudah kenyang, nggak ada yang sakit, dan dibarengi dengan tiga tanda di atas berarti ia sedang mengantuh dan butuh tidur.

Nah, itu dia beberapa tanda bayi kurang tidur yang Sobat Qupas harus perhatikan. Apabila mendapati ciri-ciri di atas, usahakan untuk membuatnya memiliki waktu tidur yang cukup selama 14 sampai 17 jam per hari untuk bayi 0 sampai 3 bulan ya!

0 Comment