Qupas Family

Orang Tua Harus Peka, Ini 5 Tanda Anak Butuh Kacamata

03 February 2020, at 10:00
Orang Tua Harus Peka, Ini 5 Tanda Anak Butuh Kacamata

Gangguan mata bisa menyerang siapa saja, bukan hanya orang dewasa namun juga anak-anak bahkan yang usianya masih balita. Meskipun demikian, sering kali si kecil nggak mengatakan secara langsung bahwa ia mengalami masalah saat melihat.

Maka dari itu, orang tua sebaiknya peka dan mengetahui tanda-tanda anak butuh kacamata berikut ini. Jangan sampai terlambat dideteksi ya!

1. Sering Mengucek Mata dan Berkedip

Gangguan Mata Anak (Foto: verywellfamily.com)
verywellfamily.com

Tanda anak mengalami gangguan mata yang pertama adalah sering mengucek mata dan berkedip. Pada umumnya, hal tersebut memang biasanya dilakukan anak-anak saat sedang mengantuk.

Akan tetapi, apabila si kecil sering mengucek mata atau berkedip saat bersantai dan nggak mengantuk, hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa terdapat masalah pada penglihatannya.

2. Membaca Terlalu Dekat dan Susah Fokus

Tanda Anak Butuh Kacamata (Foto: pediatriayfamilia.com)
pediatriayfamilia.com

Coba perhatikan, apakah jarak baca anak terlalu dekat? Jika iya, coba jauhkan bacaan dari si kecil dan lihat bagaimana responnya.

Apabila buah hati merasa kesulitan dan susah fokus, maka kemungkinan besar ia mengalami masalah pada matanya. Jangan dianggap remeh ya!

3. Duduk atau Berdiri Terlalu Dekat dengan Layar

Anak Menonton Tv (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Selain membaca terlalu dekat, melihat layar TV atau HP terlalu dekat juga bisa menjadi tanda anak butuh kacamata lho!

Meskipun demikian, si kecil juga bisa melakukan hal tersebut karena tertarik dengan apa yang dilihat. Oleh sebab itu, orang tua bisa memastikannya dengan mengajak buah hati duduk minimal 3 meter dari layar TV. Setelah itu, cobalah untuk bertanya mengenai benda yang tampil di layar.

Baca juga: Bayi Menangis Tanpa Air Mata, Normal Nggak Ya?

4. Sering Menutup atau Memicingkan Satu Mata

Anak Pakai Kacamata (Foto: avopix.com)
avopix.com

Tanda anak butuh kacamata lainnya adalah sering menutup atau memicingkan salah satu mata. Bukan iseng, hal ini kemungkinan besar dilakukan karena ia kesulitan untuk fokus saat melihat sesuatu.

Apabila salah satu mata si kecil mengalami masalah, maka menutup atau memicingkan sebelah mata dapat membantunya melihat dengan lebih fokus dan tajam.

5. Sering Mengeluh Sakit Mata dan Kepala

Anak Sakit Mata (Foto: practicalpainmanagement.com)
practicalpainmanagement.com

Sakit mata dan kepala memang normal terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Akan tetapi, intensitasnya sering orang tua perlu khawatir.

Buah hati bisa saja merasa sakit karena terdapat masalah di otot belakang mata yang menyebabkan pandangan nggak jelas dan sulit fokus.

Apabila buah hati mengalami beberapa tanda di atas, segera periksa ke dokter ya Sobat Qupas! Atasi masalah sedini mungkin agar nggak menjadi lebih parah kemudian.