Orang Tua Harus Tahu, Ini Penyebab Anak Mengalami Pubertas Lebih Cepat

14 July 2019, at 10:00
0
0
Orang Tua Harus Tahu, Ini Penyebab Anak Mengalami Pubertas Lebih Cepat

Pubertas adalah proses peralihan masa anak-anak ke remaja yang ditandai dengan adanya perubahan fisik dan mental. Hal ini biasanya mulai dialami oleh anak perempuan pada usia 8-13 tahun, sedangkan pada anak laki-laki pada usia 9-14 tahun.

Masa puber perempuan ditandai dengan pembesaran payudara, sedangkan pada anak laki-laki hal tersebut ditandai dengan pembesaran testis dan suara.

Namun, ada anak-anak yang mengalami masa pubertas lebih cepat daripada yang lainnya. Orang tua harus tahu faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut agar dapat mengatasinya.

Baca Juga: 6 Jenis Permainan yang Penting untuk Perkembangan Anak, Apa Saja Ya?

1. Faktor Penyakit dan Genetik

faktor genetik
istockphoto.com

Salah satu faktor yang dapat membuat seorang anak mengalami pubertas lebih cepat adalah adanya penyakit tertentu dan masalah genetik.

Beberapa penyakit tertentu dapat merangsang produksi hormon gonad, seperti tumor ovarium atau tumor testis.

Pada umumnya, pubertas dini yang terjadi pada anak perempuan lebih sering disebabkan karena gangguan hormon di otak yaitu pada bagian hipotalamus dan hipofise. Sedangkan pada anak laki-laki hal tersebut sering disebabkan oleh adanya tumor.

2. Faktor Sosial

faktor sosial
trendsnhealth.com

Selain faktor genetik dan penyakit, ternyata lingkungan sosial juga sangat berpengaruh pada proses pubertas anak, lho.

Misalnya, anak-anak yang tumbuh dari keluarga broken home bisa mengalami pubertas lebih cepat karena melakukan pemberontakan dengan mengeksplorasi dirinya sendiri tanpa bimbingan orangtua.

faktor lingkungan anak
kindercare.com

Selain itu, hal-hal sepele yang mungkin nggak diperhatikan orang tua seperti lagu-lagu dewasa juga secara nggak langsung bisa membuat anak merasa penasaran dan mencari tahu.

Film-film yang memperlihatkan adegan-adegan pacaran, ciuman, dan lain sebagainya juga bisa memicu keluarnya hormon seksual anak-anak lebih cepat daripada usia seharusnya.

Baca Juga: Mengenal Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orang Tua Nggak Salah Memberi

3. Faktor Nutrisi

faktor nutrisi
picfair.com

Faktor nutrisi ternyata juga memliki pengaruh yang cukup kuat pada masa perkembangan anak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang mengalami obesitas akibat gaya hidup yang nggak sehat cenderung mengalami pubertas lebih cepat.

Mengonsumsi makanan dari ayam atau sapi yang disuntik dengan hormon-hormon tertentu juga dapat menjadi penyebab terjadinya pubertas dini pada anak-anak.

4. Faktor Zat Kontaminan

anak pakai make up
agefotostock.com

Nggak hanya itu, beberapa senyawa kimia yang terkandung pada suplemen makanan atau kosmetik dewasa yang digunakan oleh anak-anak juga bisa menyebabkan pubertas lebih cepat.

Zat-zat kimia polutan seperti residu pestisida, polybrominated biphenyls, phthalates, bisphenol dan dichlorobenzene ternyata juga berpengaruh lho.

Nah itu dia Sobat Qupas beberapa penyebab pubertas dini pada anak yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Anak Betah di Rumah

Anak-anak yang mengalami pubertas lebih cepat biasanya akan cenderung mengalami pertumbuhan pesat di awal, namun pada akhirnya menjadi nggak optimal. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan anak sulit beradaptasi secara emosional dan sosial.

Oleh sebab itu orang tua harus dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi tersebut. Atau mencoba mencegah pubertas lebih cepat pada anak dengan memerhatikan faktor-faktor di atas.

0 Comment