Qupas Family

Orang Tua Perlu Tahu, 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Si Anak Tengah

06 December 2019, at 10:00
Orang Tua Perlu Tahu, 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Si Anak Tengah

Jika anak sulung biasanya dikenal sebagai sosok panutan, dan anak bungsu lebih terkenal dengan karakternya yang manja. Lalu, bagaimana dengan anak kedua atau anak tengah ya?

Dibandingkan anak pertama atau terakhir, anak tengah memang lebih jarang dibicarakan. Kamu yang ada di posisi tersebut mungkin seringkali dituntut menjadi dewasa karena harus menghormati kakak sekaligus mengalah pada adik.

Meskipun demikian, menurut Catherine Salmon, Ph.D., yang merupakan profesor psikologi di University of Rendlans, keadaan yang seperti itu justru membentuk si anak tengah menjadi pribadi yang penuh dengan kelebihan.

1. Lebih Berani Mengambil Risiko

anak tengah
pexels.com/@jonas-mohamadi-621232

Sebuah studi mengungkapkan bahwa lebih dari 85 persen anak yang lahir di urutan tengah lebih berani mengambil risiko atau tantangan dibandingkan dengan kakak atau adiknya.

Para peneliti mengungkapkan bahwa anak tengah biasanya lebih terbuka sehingga dapat menyerap pengetahuan dengan lebih mudah. Hal ini pun membuat si anak tengah mampu mengukur risiko dan menyelesaikan masalah.

2. Mampu Mengelola Emosi dengan Baik

fakta anak tengah
pexels.com/@stockphotoartist

Menjadi anak tengah bukanlah sesuatu yang mudah. Ia akan dituntut untuk berada diantara bersikap manja kepada kakak atau menjadi sosok yang dewasa di depan adik. Kondisi tersebut secara nggak langsung membuat anak tengah belajar mengelola emosi dengan baik.

Nggak heran, beberapa ahli mengatakan bahwa anak tengah merupakan sosok pemimpin yang potensial. Pasalnya, ia cenderung mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan diri sendiri.

3. Cenderung Lebih Kreatif dan Ambisius

anak kreatif
huesofbliss.in

Seringkali nggak mendapatkan perhatian lebih dari orang tua membuat si anak tengah menjadi pribadi yang mencari kesenangan dari dunia luar.

Secara nggak langsung, hal tersebut apabila diarahkan kepada hal yang positif maka akan membentuk buah hati menjadi sosok yang pekerja keras, lebih kreatif, dan ambisius.

Baca Juga: Anak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan Anak Pertama, Mitos atau Fakta ya Bunda?

4. Kemampuan Negosiasinya Baik

anak kedua
bambiniphoto.sg

Anak yang lahir di urutan tengah biasanya juga memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Hal tersebut terbentuk karena pengalaman-pengalaman sederhana di masa kecil.

Misalnya, saat berusaha mendapatkan apa yang diinginkan dari saudara-saudaranya namun nggak ingin membuat keributan atau membuat orang tua mereka marah, si anak tengah akan memutar otak dengan bernegosiasi.

5. Bisa Menjadi Pasangan yang Ideal

anak tengah
pexels.com/@olly

Tahu nggak sih, anak tengah ternyata juga bisa menjadi pasangan yang ideal lho. Hal tersebut disebutkan dalam buku yang berjudul The Secret Power of Middle Childern oleh Catherine Salmon.

Rasa empati serta kemampuannya dalam hal beradaptasi serta bernegosiasi membuat si anak tengah mampu bertahan dalam sebuah hubungan.

Meskipun demikian, perlu dipahami bahwa si anak tengah juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Maka dari itu, Sobat Qupas yang merupakan orang tua bisa bersikap lebih adil dan mencoba memahami ya!