Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Tahap Pemberian Pendidikan Seks pada Anak

29 July 2019, at 09:00
0
0
Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Tahap Pemberian Pendidikan Seks pada Anak

Pendidikan seks atau sex education merupakan hal penting yang sudah seharusnya diberikan baik secara formal maupun informal kepada anak, terutama yang telah beranjak dewasa.

Pendidikan seks sendiri merupakan upaya pengajaran, penyadaran, dan pemberian informasi yang berkaitan dengan seksual.

Informasi tersenut diantaranya pengetahuan tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, komitmen, dan agama agar tidak terjadi 'penyalahgunaan' organ reproduksi tersebut.

Dalam hal ini, orang tua memegang peranan penting untuk menyampaikan pendidikan seks kepada buah hati.

Baca Juga: Ini Lho Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak

Meskipun demikian, pada umumnya orang tua merasa canggung dan kesulitan saat ingin memberikan pendidikan seks pada anak. Sebaliknya, anak juga merasa takut dihakimi apabila mempertanyakan hal penting tersebut.

Oleh sebab itu, berikut ini tahapan pemberian pendidikan seks atau sex education pada anak menurut usianya yang harus kamu ketahui sebagai orang tua atau calon orang tua.

1. Usia 1-2 Tahun

usia 1-2 tahun
nm.org

Anak dengan usia 1 sampai 2 tahun sudah cukup memiliki pemahaman bahasa yang baik. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu sebagai orang tua mulai mengenalkan organ tubuh, termasuk bagian organ intim pada anak.

Perkenalkan organ intim kepada anak dengan nama sebenarnya, jangan menggunakan nama samaran seperti yang biasanya dilakukan oleh orang tua. Menyebut penis atau vagina merupakan bentuk normalisasi pembicaraan terkait seksualitas dengan anak.

2. Usia 3-5 Tahun

usia 3-5 tahun
heritageseniorcommunities.com

Setelah anak dapat mengenal dan mengetahui nama asli dari alat kelaminnya, di usia 3 sampai 5 tahun orang tua dapat mengajarkan kepada anak bagian-bagian mana saja yang nggak boleh disentuh oleh orang lain untuk menghindari pelecehan seksual.

Pada usia ini, penting juga untuk menjelaskan fungsi organ intim secara sederhana kepada anak. Peran orang tua sangat penting dalam hal ini.

3. Usia 5-8 Tahun

usia 5-8 tahun
pinterest.com

Anak-anak usia 5 sampai 8 tahun biasanya sudah mulai bersosialisasi dengan teman sebayanya. Selain itu, buah hati juga sudah mengenal perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Pada tahap ini, orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk mencintai diri sendiri dan bagaimana cara menghargainya. Nggak hanya itu, buah hati juga bisa mulai dikenalkan dengan peran gender yang berlaku pada masyarakat sekitar.

Baca Juga: 6 Jenis Permainan yang Penting untuk Perkembangan Balita, Apa Saja Ya Bunda?

4. Usia 8-12 Tahun

usia 8-12 tahun
sassymamahk.com

Peran orang tua dalam pendidikan seks anak usia 8 sampai 12 tahun sangat penting. Pasalnya, masa-masa tersebut merupakan usia menjelang pubertas yang krusial.

Penting bagi orang tua untuk memberikan penjelasan kepada anak tentang perubahan-perubahan yang akan mereka alami, baik dalam segi fisik maupun mental.

pendidikan anak usia 8-12 tahun
parentingtips.co

Usahakan untuk memberikan pemahaman kepada anak dengan cara yang mudah dimengerti dan dilakukan oleh orang tua dengan jenis kelamin sama.

Pada usia tersebut pula, kemungkinan buah hati akan memiliki ketertarikan seksual pada lawan jenis. Maka dari itu, usahakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak agar hal tersebut tersampaikan dan dapat diarahkan.

5. Usia Remaja

usia remaja
stock.adobe.com

Anak-anak remaja di atas 12 tahun mengalami banyak perubahan karena masa pubertas. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan pengertian dan arahan dari orang tua.

Yang terpenting dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia remaja adalah dengan memposisikan diri sebagai teman baiknya. Hal ini akan membuat buah hati nyaman dan nggak sungkan saat harus bercerita atau berdiskusi terkait hal-hal yang berbau seksualitas.

pendidikan anak usia remaja
compassbehavioralhealth.com

Lebih baik orang tua juga nggak memberikan penghakiman kepada anak atas kesalahan yang mereka lakukan agat terjalin komunikasi dua arah yang menyenangkan.

Nah, itu dia 5 tahapan penting dalam memberikan pendidikan anak yang harus Sobat Qupas ketahui sebagai orang tua. Anak-anak harus mendapatkannya sejak dini agar nggak salah mengartikan saat beranjak dewasa.

0 Comment