Qupas Family

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Lho Pentingnya Memiliki Cita-cita untuk Anak

04 January 2020, at 09:30
Orang Tua Wajib Tahu, Ini Lho Pentingnya Memiliki Cita-cita untuk Anak

“Apa cita-citamu?” merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh orang dewasa kepada anak-anak. Kemudian, si kecil akan menjawab dengan menyebutkan profesi yang diinginkan.

Meskipun beberapa anak mungkin nggak konsisten dan sering berganti profesi yang dicita-citakan atau nggak bisa mewujudkannya saat beranjak dewasa, namun memiliki cita-cita ternyata sangat penting lho.

Memiliki cita-cita dapat membuat si kecil memiliki gambaran mengenai kehidupan di masa depan yang ia inginkan. Kemudian secara nggak langsung, hal ini akan mendorong buah hati untuk mewujudkannya.

cita-cita anak
123rf.com

Dengan kata lain, cita-cita dapat berperan sebagai motivator bagi anak-anak untuk menumbuhkan semangat dalam menjalani kehidupan, meningkatkan fokus, rajin belajar, dan lebih mudah menentukan jalan pendidikannya.

Baca juga: Ikut Les atau Kursus Sejak Kecil, Baikkah untuk Perkembangan Anak?

Selain itu, manfaat cita-cita untuk anak lainnya adalah untuk membuat anak paham bahwa usaha dan kerja keras merupakan sesuatu yang berharga. Hal ini juga dapat melatih rasa kecewa dan cara mengatasinya.

anak belajar
life.hu

Setelah mengetahui pentingnya memiliki cita-cita untuk buah hati, nggak salah apabila orang tua mulai mengenalkan konsep cita-cita dengan mulai menjelaskan tentang berbagai macam profesi.

Nggak perlu yang terlalu sulit atau muluk-muluk, kamu bisa melakukannya sambil bermain kok. Jelaskan kepada si kecil tentang berbagai profesi dan apa saja tanggung jawabnya.

Meskipun demikian, harus diingat bahwa pengenalan terhadap berbagai macam profesi ini merupakan sebuah bimbingan. Orang tua nggak sebaiknya menggiring anak untuk memiliki cita-cita tertentu dan biarkan ia memilih apa yang disukai.

manfaat cita-cita
cherebork.com

Untuk mengetahui apa yang anak suka, orang tua dapat melihatnya dari kegiatan sehari-hari. Dukung si kecil untuk mengembangkan potensinya dan apa yang ia sukai terlepas cita-cita tersebut akan terwujud atau nggak nantinya saat sudah dewasa.

Pasalnya, menurut jurnal Social Forces, hanya ada sekitar 6 persen orang dewasa yang benar-benar menjalani profesi sesuai dengan apa yang dicita-citakan saat kecil.

Terlepas dari hal tersebut, memiliki cita-cita tetap sangat penting dan membantu perkembangannya buah hati ya Sobat Qupas.