Orangtua Muda Wajib Tahu, 5 Nilai Ini Harus Mulai Diajarkan pada Anak Sejak Usia 5 Tahun

21 July 2019, at 11:00
0
0
Orangtua Muda Wajib Tahu, 5 Nilai Ini Harus Mulai Diajarkan pada Anak Sejak Usia 5 Tahun

Usia 5 tahun merupakan masa emas di mana anak mulai memasuki lingkungan baru dan belajar banyak hal. Pada umur ini, buah hati biasanya sangat kritis dan ingin tahu serta banyak meniru.

Sebagian orangtua menganggap bahwa anak usia 5 tahun masih terlalu kecil untuk diperkenalkan atau diajarkan mengenai nilai-nilai tertentu pada kehidupan.

Padahal, hal tersebut justru keliru lho. Nilai-nilai berikut ini lebih baik diajarkan pada anak sejak usianya 5 tahun.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

1. Kejujuran

kejujuran
istockphoto.com

Mengajarkan sesuatu pada buah hati harus di mulai dari diri sendiri. Apabila ingin membuat anak mengamalkan nilai kejujuran, maka usahakan untuk nggak melakukan hal tersebut di depannya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, anak dengan usia 5 tahun biasanya sangat kritis dalam berpikir sehingga bisa saja ia tahu bahwa kamu sedang berbohong dan menganggap hal tersebut nggak masalah untuk dilakukan.

Selain itu, apabila mengetahui anak sedang berbohong segera tegur dan berikan penjelasan bahwa hal tersebut nggak boleh dilakukan.

2. Keadilan

keadilan
parenting.firstcry.com

Nyatanya, anak usia 5 tahun juga sudah harus diajarkan untuk bersikap adil kepada siapapun. Hal tersebut nggak melulu tentang pembagian yang sama seperti membelikan baju kembar untuk anak dan saudaranya ya, Bunda.

Ajarkan si buah hati bersikap adil dengan memintanya meminta maaf saat berbuat salah, belajar bermain dengan adil bersama teman-temannya, dan lain sebagainya.

3. Kasih Sayang

kasih sayang
parenting.firstcry.com

Nilai kasih sayang memang biasanya sudah diajarkan sejak kecil pada buah hati. Tunjukkan hal tersebut dengan bukti nyata seperti melakukan pelukan serta ciuman yang membuat anak merasa dicintai dan aman berada di rumah.

Selain itu, orangtua juga perlu mengajarkan kasih sayang kepada buah hati dengan hal-hal sederhana seperti mengucapakan selamat ulang tahun kepada teman, mengucapkan terima kasih, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Anak dengan Hal-Hal Sederhana Ini!

4. Ketabahan

ketabahan
theconversation.com

Meskipun mungkin belum akan diterpa masalah yang berat, namun penting untuk mengajarkan anak tentang ketabahan sejak belita.

Lakukan hal tersebut dengan cara-cara sederhana seperti nggak memuji hasil karyanya secara berlebihan atau melakukan hal tersebut hanya untuk membuat anak senang. Sebaliknya dorong dan berikan semangat padanya untuk melakukan yang lebih baik.

5. Memahami Perasaan Orang Lain

memahami perasaan orang lain
parentingforbrain.com

Mengajarkan pada anak cara memahami perasaan orang lain dapat dimulai darimu sebagai orangtua. Cobalah untuk membuat anak mengerti bagaimana perasaanmu.

Misalnya apabila anak sering merengek tanpa alasan yang jelas saat kamu sedang sibuk mengurus adiknya, katakan padanya bahwa hal tersebut membuatmu nggak nyaman saat rengekannya sudah mereda. Lakukan hal tersebut dengan halus agar buah hati bisa mengerti.

Nah, itu dia Sobat Qupas nilai-nilai yang harus diajarkan pada anak sejak usia 5 tahun. Kamu sebagai orangtua muda wajib tahu!

0 Comment