Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

05 August 2019, at 09:00
0
0
Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

Setiap orang tua pasti mencintai buah hatinya dan menginginkan yang terbaik bagi mereka. Termasuk memiliki kepribadian yang baik, sopan, pengertian dan lain sebagainya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan bimbingan orang tua sejak masa-masa awal kehidupan buah hati agar karakter baik tersebut terbawa sampai dewasa.

Berdasarkan hasil studi pengembangan manusia, universitas tertua dan salah satu yang terbaik yaitu Harvard University mengeluarkan panduan mendidik anak menjadi pribadi yang baik seperti berikut ini.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Tahap Pemberian Pendidikan Seks pada Anak

1. Menghabiskan Waktu Bersama

menghabiskan waktu bersama
happyfamilies.com.au

Meskipun terkesan sederhana, namun menghabiskan waktu bersama buah hati secara teratur dapat membuat anak belajar tentang cinta, kasih sayang, dan kepedulian.

Orang tua dapat mengekspresikan kasih sayang, melakukan perhatian yang tulus, memuji dan memotivasi buah hati serta mengembangkan percakapan yang penuh makna.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat anak meniru dan menerapkan perilaku baik yang dilakukan dan dirasakan saat bersama orang tua kepada orang lain.

2. Menjadi Teladan

menjadi teladan
verywellfamily.com

Menjadi teladan bagi anak merupakan salah satu panduan yang diungkapkan oleh Harvard University. Bagaimana pun, orang tua adalah yang paling dekat dan menjadi contoh bagi buah hati.

Anak-anak akan menghargai dan melakukan apa yang diperintahkan saat orang tua juga melakukan hal yang sama. Oleh sebab itu, penting untuk berhati-hati dalam ucapan dan tindakan agar anak nggak merasa dikhianati karena kamu sendiri nggak melakukan hal yang diperintahkan padanya.

Selain itu, biasakan anak untuk selalu terbuka kepada orang tua terutama saat menghadapi suatu permasalahan agar mendapatkan solusi yang terbaik.

3. Membuka Pemahaman Anak

membuka pemahaman anak
scarymommy.com

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk membentuk karakter anak baik pada buah hati adalah dengan memperluas pemahaman mereka. Cobalah untuk berbicara tentang orang lain dan berbagai tantangan yang mereka hadapi.

Ajak anak untuk berdiskusi tentang perbedaan dan bagaimana cara memahami orang lain dengan kepala dan pemikiran yang nggak sesuai dengannya.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

4. Mengajak Anak Menjadi Baik dan Peduli

mengajak anak peduli
pinterest.com

Orang tua perlu memberikan pemahaman pada anak bahwa menjadi baik dan peduli merupakan prioritas utama. Nggak hanya di rumah, akan tetapi sikap tersebut harus dibawa kemanapun seseorang berada.

Berikan ide kepada buah hati tentang bagaimana cara membantu orang lain, mendengarkan orang lain, dan menumbuhkan pemahaman kepada masing-masing orang yang memiliki pemahaman berbeda.

5. Memberikan Tanggung Jawab

memberi tanggung jawab
noticiasaominuto.com

Memberikan tanggung jawab mulai dari yang sederhana seperti membantu melakukan pekerjaan rumah ringan merupakan salah satu upaya membentuk si kecil menjadi pribadi yang baik.

Secara nggak langsung, hal tersebut akan membuat anak terbiasa dan peduli terhadap rutinitasnya sehari-hari.

Jangan lupa juga untuk mengucapkan “tolong” sebelum meminta bantuan dan memberikan penghargaan berupa ucapan “terima kasih” pada buah hati.

6. Membantu Anak Bertindak

membantu anak bertindak
rawpixel.com

Orang tua dapat mendorong anak untuk membantu bentindak dalam menolong orang lain. Cobalah untuk berbicara dan memberinya contoh tindakan yang nyata.

Memahami sesuatu yang disukai buah hati atau minat mereka juga merupakan langkah yang penting. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa memberikan dorongan yang tepat pada anak untuk menarik keinginanannya dalam membantu orang lain.

7. Membantu Anak Menyelesaikan Konflik

membantu menyelesaikan konflik
psychspace.com

Menghadapi orang lain dan menjadi baik memang nggak selamanya mudah, apalagi anak-anak. Oleh sebab itu, orang tua perlu membantu apabila anak mendapatkan konflik atau masalah.

Dorong buah hati untuk mengidentifikasi dan mengontrol perasaan mereka agar dapat berpikir tenang. Hal ini akan membuat anak lebih mudah terbiasa menjadi pribadi yang baik.

Jadi Sobat Qupas, 7 hal di atas merupakan tips mendidik anak menjadi pribadi yang baik dari Harvard University. Tentu saja kamu bisa menyesuaikan panduan tersebut dengan karakter si buah hati ya!

0 Comment