Qupas Travel

Pantai Ai Lemak, Tempat Berburu Sunset dan Panorama Bawah Laut di Sumbawa yang Menawan

24 December 2019, at 04:00
3
Pantai Ai Lemak, Tempat Berburu Sunset dan Panorama Bawah Laut di Sumbawa yang Menawan

Sumbawa bagai gambaran surga di dunia nyata. Banyak destinasi menarik bisa kamu temukan di wilayah ini. Pantai Ai Lemak adalah salah satunya.

Pantai di Sumbawa ini bukan cuma menawarkan pemandangan cantik di area permukaannya. Panorama bawah lautnya pun nggak kalah cakep.

Gimana, sudah mulai penasaran? Langsung saja deh simak ulasan Qupas tentang Pantai Ai Lemak di Sumbawa yang cocok buat tempat liburan romantis ini!

1. Pantai di Sumbawa buat pecinta sunset

sunset pantai ai lemak
instagram.com/thelangkahtravel

Sunset di pantai sepertinya selalu bikin speechless. Semburat warna kuning kemerahannya yang menyebar di cakrawala, pasti bikin kita nggak tahan buat mengabadikannya dalam bentuk foto.

Nah, saat berkunjung ke Pantai Ai lemak, kamu juga bakal menemukan pemandangan seperti itu. Asal cuaca sedang cerah.

Pantai di Sumbawa ini pun tampaknya memang jadi primadona, terutama karena pemandangan sunset yang dimilikinya. Nggak heran kalau banyak potret traveler di sosial media dengan latar matahari terbenam yang dramatis.

2. Wisata Sumbawa yang cocok buat pencari ketenangan

camping pantai ai lemak
instagram.com/zambavaadventure

Pantai Ai Lemak bisa dibilang cocok buat mereka yang pengen kabur sejenak dari keramaian kota. Suasananya tenang, ombaknya pun nggak terlalu besar.

Di wisata Sumbawa ini, traveler bukan cuma bisa menikmati pemadangan alamnya saja. Memancing ikan atau menghabiskan waktu dengan berkemah juga bisa dilakukan di sini.

Eits! Tapi sebagai traveler budiman, terpuji, dan nggak sombong, alangkah baiknya untuk tetap menjaga lingkungan sekitar. Intinya, jangan sampai buang sampah sembarangan selagi berada di pantai ini ya!

Baca juga: Pesona Air Terjun Tiu Kelep yang Cantiknya Kebangetan

3. Pesona bawah laut Ai Lemak Sumbawa

menyelam di pantai ai lemak
instagram.com/let_kamelia

Pecinta aktivitas underwater, baik snorkeling maupun freedive, pantang untuk melewatkan pantai di Sumbawa satu ini. Berbagai jenis biota bisa kamu saksikan di sini. Penyu juga sering muncul di wilayah perairan Ai Lemak. Terumbu karangnya juga beragam.

Spot snorkeling di Pantai Ai Lemak ini nggak terlalu berombak. Kecuali sekitar bulan Desember, Januari, dan Februari, dimana memang waktu-waktu ini adalah musim badai di utara Sumbawa. Setelah bulan-bulan tersebut, nggak masalah kalau kamu akan melihat kekayaan alam bawah laut Ai Lemak.

4. Cara ke Pantai Ai Lemak

pantai ai lemak sumbawa
instagram.com/__rheisnandya

Lokasi Pantai Ai Lemak berada di kawasan Tanjung Menangis. Untuk menjangkaunya pun nggak terlalu sulit. Apalagi sejak dibangunnya Jembatan SAMOTA (Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora).

Kamu pun bisa mencapai wisata di Sumbawa ini menggunakan motor maupun mobil. Dimana estimasi waktu tempunya kurang lebih 30 menit dari Kota Sumbawa Besar.

snorkeling pantai ai lemak
instagram.com/dhonie_hello

Setelah sampai di Jembatan SAMOTA, kamu masih memerlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit hingga menemukan petunjuk jalan ke Pantai Ai Lemak. Dari petunjuk ini, kamu cukup belok kanan dan mengikuti jalan tanah sampai menemukan venue.

Well, Pantai Ai Lemak memang worth it untuk dikunjungi. Dari panorama alam di sekitar, suasananya yang tenang, sampai pemandangan bawah lautnya, pasti bikin kamu betah berlama-lama di tempat wisata Sumbawa ini.