Pantai Amed, Surganya Para Pecinta Olahraga Bawah Laut di Bali

05 April 2019, at 11:00
0
0
Pantai Amed, Surganya Para Pecinta Olahraga Bawah Laut di Bali

Pantai di Bali memang punya pesona yang juara. Nggak heran kalau banyak wisatawan yang rela jauh-jauh liburan ke Pulau Dewata karena hanya ingin liburan ke daerah pesisirnya saja.

Mungkin sebagian besar orang cuma berpikir pantai yang cantik harus punya pasir yang butih bersih dan air laut yang biru. Lupakan dulu soal itu. Soalnya Pantai Amed bakal bikin pandanganmu itu mulai beralih.

Pantai Amed nggak cuma punya pemandangan alam yang eksotis. Panorama bawah lautnya pun jadi primadona. Mau tahu buktinya? Langsung cus simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Tempat Diving di Kuta Selatan Ini Punya Panorama Bawah Laut Cantik, Sudah Coba?

1. Beda dengan Pantai di Bali Lainnya

pantai amed karangasem
instagram.com/agusssp_

Yap! Pantai Amed memang beda dari destinasi serupa di Bali. Soalnya pasirnya warna hitam. Aktivitas penduduk sekitar pun nggak seramai daerah Kuta.

Jadi kalau kamu niat liburan ke Bali untuk cari tempat sepi, tenang, dan punya pemandangan alam yang memikat, utamanya kawasan bawah lautnya, maka Pantai Amed adalah salah jawabannya.

2. Pemandangan Bawah Lautnya Juara

amed beach
instagram.com/mawigraphy

Para pecinta olahraga air seperti diving maupun snorkeling jangan ragu lagi untuk coba menyelam di Pantai Amed. Apalagi pemandangan bawah laut di tempat wisata di Bali ini sudah dikenal di seluruh dunia.

Airnya jernih dan banyak terumbu karang yang sehat. Ikan-ikan kecil dan eksotis pun ada di sini, seperti: 

  • Ikan banner
  • Ikan kakap hitam
  • Damselfish
  • Kupu-kupu piramida
  • Trigger fish dan ikan kardinal, dan serta biota laut lainnya

3. Ada Kapal Jepang yang Karam

amed diving
instagram.com/vovh3

Bukan cuma aneka biota laut, ada juga bangkai bekas kapal perang Jepang yang tenggelam sekitar tahun 1944 di Pantai Amed Bali. Tempat ini pun jadi rumah bagi ikan-ikan kecil dan biota laut cantik lainnya.

Letaknya sekitar 20 meter dari bibir Pantai Amed, tepatnya di Desa Banyuning. Perlu kamu tahu juga kalau area ini jadi tempat snorkeling dan scuba diving favorit di kawasan Amed. Tertarik untuk coba?

4. Aktivitas Lain di Pantai Amed

sunset di pantai amed
instagram.com/goedebawa

Pantai Amed juga punya pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang nggak kalah cantik. Jadi kamu nggak harus snorkeling ataupun menyelam kok kalau liburan ke wilayah di timur Bali ini.

Selain itu, kamu juga bisa melihat para petani garam yang sedang melakukan aktivitasnya. Mereka juga nggak keberatan untuk menjelaskan cara produksi garam pada para turis. Seru, kan?

Baca juga: Wisata di Bali timur Ini Asri dan Masih Sepi, Yuk piknik!

5. Cara ke Pantai Amed

amed bali
instagram.com/marrie.sokoloff

Lokasi Pantai Amed ada di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Jaraknya sekitar 78 kilometer dari Kota Denpasar. Kamu juga perlu waktu kurang lebih 3 jam kalau berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Mungkin kamu akan jarang menemukan transportasi umum supaya bisa sampai di kawasan Pantai Amed ini. Solusinya bisa sewa kendaraan yang tarifnya sekitar Rp650.000,00 untuk sekali perjalanan dari bandara.

6. Tiket Masuk Pantai Amed

amed diving bali
instagram.com/doubleukaykay

Bisa dibilang tempat wisata di Bali ini recommended untuk kamu yang ingin hemat. Soalnya kamu cuma perlu bayar parkir kendaraan sekira Rp5.000,00 saja.

Untuk kamu yang lupa nggak bawa peralatan snorkeling atau diving, kamu juga bisa sewa dengan kisaran harga mulai dari Rp50.000,00. Info harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya!

7. Akomodasi di Sekitar Pantai Amed

deadema guesthouse
instagram.com/tisepliak

Salah satu akomodasi di sekitar Pantai Amed yang bisa kamu pilih adalah De'Adema Guesthouse. Dari sini, hanya perlu waktu sekitar 9 menit jalan kaki untuk bisa mencapai bibir pesisir.

Tarif per malamnya mulai dari Rp400.000,00 untuk 2 tamu. Beragam fasilitas menarik seperti AC, TV, akses wifi gratis, kamar mandi pribadi hingga sarapan pun bisa kamu dapat di sini.

Selain itu De'Adema Guesthouse, kamu juga bisa menginap di Amed Sunset Beach, Amed Beach Villa, Classic Beach Villa, atau Pakel Bali Villa. Tarifnya memang sedikit lebih mahal. Tapi pelayanan tetap oke kok.

8. Kulineran di Pantai Amed

warung amsha amed
instagram.com/zelenger_

Tempat makan yang buka dari jam 10.00-22.00 WITA ini jaraknya cuma 10 meter dari laut. Harga per menunya cukup murah, yaitu mulai dari Rp10.000,00 saja.

Meski terbilang murah, cara penyajian makanan di sini nggak kalah dari restoran mewah kok. Tertarik untuk coba?

Itulah ulasan singkat soal Pantai Amed yang jadi surga bagi para pecinta olahraga bawah laut. Kamu termasuk salah satunya? Kalau gitu, nggak perlu ragu lagi untuk meluncur ke kawasan wisata Bali Timur ini!

0 Comment