Qupas Travel

Pantai Jembatan Panjang, Wisata Malang Selatan Dekat Balekambang yang Berikan Sejuta Kenangan

27 December 2019, at 04:00
1
Pantai Jembatan Panjang, Wisata Malang Selatan Dekat Balekambang yang Berikan Sejuta Kenangan

Pesona pesisir selatan Malang memang nggak ada habisnya. Seperti Pantai Jembatan Panjang yang belakangan ini juga menjadi salah satu incaran traveler.

Berada di dekat Pantai Balekambang, pemandangan alam di destinasi ini juga nggak kalah memikat. Bahkan ada cerita menarik yang menyertai wisata pesisir di Malang Selatan ini.

Mau tahu lebih banyak tentang Pantai Jembatan Panjang di Malang? Scroll down deh!

1. Tetangga Pantai Balekambang yang memesona

pantai selatan malang
instagram.com/fikriaryatama

Wisata ini pada dasarnya masih berada di dalam satu garis pantai dengan Balekambang. Panorama yang ditawarkan pun nggak beda jauh, seperti adanya hamparan pasir putih.

Cuma suasana pantai di Malang Selatan ini lebih tenang, wisawatan yang masih jarang, dan kondisi lebih bersih.

Saat kamu terus berjalan menyusuri pantai, hamparan pasir di Pantai Jembatan Panjang akan berganti menjadi kerikil dan berujung pada gugusan batu karang yang berlumut. Jadi terus perhatikan langkah kakimu dan tetap hati- hati ya!

2. Cerita di balik jembatan Pulau Hanoman

pantai jembatan panjang bantur
instagram.com/rifkydoglekk

Sesuai dengan namanya, di wilayah pesisir ini terdapat jembatan yang menghubungkan bibir pantai ke sebuah tempat bernama Pulau Hanoman.

Menurut cerita, dulu jembatan ini sering rusak meski sudah diperbaiki berulang kali. Karena itulah mitos mulai dipercayai warga setempat. Konon, rusaknya jembatan karena ada makhluk penunggu pulau yang nggak merestui pembangunan itu.

jembatan panjang malang
instagram.com/sandy_laraswati

Meski pantai di Malang ini dipercaya memiliki mitos tersebut, bukan berarti minat masyarakat menurun. Justru sebaliknya. Bahkan dulu jembatan rusak itu sering menjadi ikon foto para traveler.

Beda lagi dengan sekarang. Jembatan sudah bisa diseberangi karena pada akhirnya kembali direnovasi pada tahun 2017.

3. Ada apa di Pulau Hanoman?

pantai jembatan panjang
instagram.com/intania.pw

Puas main di Pantai Jembatan Panjang, kamu bisa mampir ke Pulau Hanoman dengan melewati jembatan.

Berada di Pulau Hanoman, kamu bisa mengelilinginya melalui jalur khusus. Panorama samudera luas dengan deburan ombak bakal kamu rasakan di sini.

Baca juga: Sajikan Jacuzzi Alam, Pantai di Malang Ini Ada di Tepi Jalan

4. Wisata murah di Malang

pantai jembatan panjang malang
instagram.com/khakim_sr

Bisa Pantai Jembatan Panjang adalah salah satu wisata murah di Malang Selatan. Soalnya kamu cuma perlu membayar tiket masuk sekitar Rp5 ribu.

Sayangnya, fasilitas di pantai sepi di Malang ini masih minim. Tapi karena lokasinya dekat dengan Balekambang, kamu bisa ikut menikmati beberapa hal yang ada di tempat wisata tersebut. Misalnya saja seperti area parkir yang luas, toilet, musala, hingga warung makan.

5. Cara ke Pantai Jembatan Panjang Malang

jembatan panjang
instagram.com/yitnosudjiman

Lokasi Pantai Jembatan Panjang berada di Sumberbening, Bantur, Kabupaten Malang. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 60 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam berkendara.

Untuk bisa sampai di wisata Malang ini, kamu perlu menuju Gondanglagi atau Kepanjen. Dari Gondanglegi, arahkan kendaraan ke Bantur.

pantai balekambang dari jembatan panjang
instagram.com/whiempy

Sedangkan kalau kamu berangkat dari Kepanjen, lanjutkan perjalanan ke Pagak hingga ke Bantur. Dari sini, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Pantai Balekambang, karena lokasi Pantai Jembatan Panjang ada di sampingnya.

Pantai Jembatan Panjang memang dekat dari Balekambang. Tapi suasana yang ditawarkan berbeda. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu juga liburan ke pantai Malang Selatan ini setelah dari Balekambang. Pasti nggak nyesel!