Qupas Travel

Pantai Karang Gantungan, Secuil 'Surga' di Sukabumi yang Tersembunyi

18 March 2020, at 06:00
Pantai Karang Gantungan, Secuil 'Surga' di Sukabumi yang Tersembunyi

Pantai Karang Gantungan seolah menjadi oasis di tengah gurun bagi para pencari wisata baru. Terutama di Sukabumi.

Disebut hampir mirip dengan Tanah Lot di Bali, tempat wisata di Sukabumi ini menyuguhkan berbagai keistimewaan. Penasaran? Simak ulasan Qupas berikut ini ya!

1. Asal-usul nama 'Karang Gantungan'

Karang Gantungan (Foto: instagram.com/yusup.kurnia)
instagram.com/yusup.kurnia

Sesuai dengan namanya, sebutan 'Karang Gantungan' konon asalnya dari karang yang menggantung. Kalau diperhatikan, memang tampak batu seperti menggantung di permukaan air. Menurutmu gimana?

Selain itu, ada pula yang menyebut bentuknya seperti piramida hingga aseupan atau wadah yang digunakan sebagian masyarakat Sunda untuk mengukus makanan.

2. Pantai di Sukabumi yang dikelilingi tebing

Pantai Karang Gantungan Sukabumi (Foto: instagram.com/irwanjourney77)
instagram.com/irwanjourney77

Hal menarik dari wisata di Sukabumi ini bukan cuma batu karang yang tampak menggantung saja. Barisan tebing yang seolah mengelilingi kawasan pantai pun menjadi istimewa.

Terlebih lagi saat dipadukan dengan langit yang sedang cerah, deburan ombak yang menghampiri bibir pantai, dan pasir di pesisir yang tampak putih bersih.

3. Sering dikunjungi para pencari 'ketenangan'

Pantai Karang Gantungan (Foto: instagram.com/aditia.putra.21)
instagram.com/aditia.putra.21

Pantai Karang Gantungan juga kental dengan cerita legenda yang dipercaya warga setempat. Konon nggak jauh dari wisata ini terdapat makam yang asalnya dari Kerajaan Saung Galah.

Terutama saat Senin dan Kamis, pantai di Sukabumi ini nggak pernah sepi dari peziarah. Katanya, mereka yang datang ke sini untuk mendoakan dan mencari ketenangan.

Baca juga: Jelajah Pantai di Geopark Ciletuh, Wisata Asyik untuk Para Petualang Sejati

4. Cocok dikunjungi para petualang

Akses Pantai Karang Gantungan (Foto: instagram.com/ntie.chan)
instagram.com/ntie.chan

Bisa dibilang wisata ini cocok dikunjungi para petualang. Terlebih lagi sebelum menuju bibir pantai, kamu masih perlu menuruni anak tangga buatan yang jaraknya cukup jauh.

Karena masih termasuk baru, sejumlah fasilitas masih seadanya. Meski begitu, ada beberapa warung yang mulai didirikan.

5. Cara ke Pantai Karang Gantungan

Wisata Pantai Karang Gantungan (Foto: instagram.com/fajarfwijaya)
instagram.com/fajarfwijaya

Lokasi Pantai Karang Gantungan berada di Jalan Surade - Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Surade. Untuk menjangkaunya pun nggak terlalu sulit. Kamu bisa melalui pintu masuk belakang kompleks kostrad TNI AU Cibalimbing.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi wisata ini dari Jembatan Cikarang yang menuju ke Ujung Genteng. Hanya saja akses masih berupa jalan setapak dan kamu akan melalui area perkebunan pohon kelapa.

Sebagai patokan untuk menuju ke tempat wisata Sukabumi ini adalah sebelah Villa Asabaland atau dulu dikenal dengan nama Villa Amanda Ratu.

Wisata Pantai Karang Gantungan Sukabumi (Foto: instagram.com/arfidwisptr)
instagram.com/arfidwisptr

Sebaiknya, saat menuju ke lokasi wisata, ajak pemandu yang memang sudah mengetahui akses dan medan yang akan dilalui. Karena nggak sedikit traveler yang tersesat karena mereka nekat datang ke pantai tanpa dipandu siapapun.

Well, Pantai Karang Gantungan mungkin bisa jadi daftar tempat liburanmu saat situasi dan kondisi terkait penyebaran virus corona telah mereda. Sabar, ya!