Pantai Klayar dan 10 Destinasi Wisata Lain di Pacitan Ini Nggak Ada Duanya Lho!

24 August 2018, at 12:41
0
0
Pantai Klayar dan 10 Destinasi Wisata Lain di Pacitan Ini Nggak Ada Duanya Lho!

Panorama alam di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Terutama untuk pemandangan pantainya yang sangat indah. Bicara soal pantai, Jawa Timur menjadi surga dari ribuan pantai yang pantang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Klayar yang berada di Pacitan. 
Berbeda dari pantai-pantai lainnya, Pantai Klayar terkenal akan seruling samuderanya yang akan berbunyi saat ombak besar menghantam. Namun, siapa yang menyangka jika wilayah Pacitan ternyata juga memiliki beragam tempat berlibur yang tidak ada duanya dan wajib untuk didatangi, seperti:

Baca juga: 10 Objek Wisata yang Pas Untuk Babymoon Raisa dan Hamish

1. Pantai Klayar

pantai klayar
instagram.com/fayrani.muid
Pantai Klayar merupakan ikon wisata Pacitan yang sangat populer. Pantai yang berada di desa Donorejo ini terkenal akan "Seruling Samudera"-nya. Mungkin banyak dari kamu yang masih belum mengetahui apa itu Seruling Samudera.

Seruling Samudera merupakan fenomena alam di mana salah satu batu karang berlubang  akan menghasilkan bunyi seperti siulan saat ombak besar datang menghantam. Tidak hanya itu saja, dari celah batu karang tersebut juga akan menyemburkan air ombak seperti air mancur. Kamu nggak akan menemukan keindahan ini di tempat lain

pantai klayar
instagram.com/zamull_edge

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pantai Klayar, hendaknya menyiapkan kendaraan yang prima mengingat jalan menuju destinasi wisata ini harus melewati sejumlah bukit dan lembah. Kendati demikian, pemandangan menuju Pantai Klayar yang dikelilingi oleh perbukitan hijau tidak akan membuat siapapun menyesal.

Apalagi setibanya di sana,  hamparan pantai pasir putih berpadu dengan lautan biru yang akan langsung menyambut. Bicara soal Pantai Klayar, tempat berlibur yang berjarak 45 menit dari Pacitan ini juga kerap menjadi jujukan para surfer karena ombaknya yang cukup besar.  Tidak heran jika wisatawan juga da[at melihat aksi para surfer yang berdiri di atas ombak Pantai Klayar. 

Alamat:
Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63554)

2. Bukit Bara Bere

bukit bara bere
instagram.com/discoverpacitan

Siapa bilang pemandangan bak negeri di atas awan hanya bisa dinikmati di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Kamu yang singgah ke Pacitan juga bisa mendapatkan panorama menakjubkan seperti itu. Datangi saja Bukit Bara Bere yang berada di utara Kota Pacitan. 

bukit bara bere
instagram.com/danangdr

Bukit Bara Bere juga menjadi salah satu tempat untuk menanti terbitnya sang fajar. Nah, bagi kamu yang ingin mendatangi Bukit Bara Bere, lokasinya ternyata hanya berjarak 11 km dari Alun-Alun Pacitan. Berbeda dari bukit-bukit lain yang ada di tempat kelahiran SBY, area wisata satu ini menyajikan hamparan awan putih yang menutupi jajaran perbukitan dan gunung yang ada di depannya. 
Alamat:
Ledok, Tamanasri, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63552)

3. Dong Manten

dong manten
instagram.com/discoverpacitan

Destinasi selanjutnya yang dapat didatangi saat berada di Pacitan adalah Dong Manten. Dong Manten sendiri merupakan salah satu air terjun yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Tidak heran jika sepanjang perjalanan menuju Dong Mantan tidak ada papan petunjuk yang terpasang. 

dong manten
instagram.com/discoverpacitan

Kendati demikian, kamu dapat bertanya kepada warga sekitar untuk menuju ke air terjun yang masih perawan ini. Keunikan dari Dong Manten adalah aliran air terjunnya yang terhimpit oleh dua celah batu tinggi. Apalagi kolam yang terbentuk di Dong Mantan pun terlihat tenang tak beriak dan berwarna hijau zamrud. 
Alamat:
Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

4. Sungai Maron

sungai maron
instgaram.com/jatimku

Selain Pantai Klayar, kamu juga dapat mendatangi area rekreasi Sungai Maron. Sungai Maron merupakan salah satu wahana wisata dengan daya tarik air sungainya hijaunya yang sangat jernih. Keindahan tersebut juga didukung dengan kondisi sekitar sungai yang dipenuhi pepohonan hijau nan rindang.

Sayangnya, pemandangan yang menarik tersebut hanya bisa dinikmati saat musim kemarau tiba. Saat musim penghujan datang, air sungai justru berwarna kecokelatan. Jadi, pastikan untuk mendatangi Sungai Maron di waktu yang tepat. Jangan lupa pula untuk menaiki perahu mesin yang berjejer di tepi sungai. 

sungai maron
instagram.com/pacitan_paradise

Perahu tersebut merupakan salah satu kendaraan untuk menyusuri aliran Sungai Maron. Selain itu, kamu juga dapat meminta pemilik perahu untuk mengantarkan ke pantai berpasir hitam yang berada tidak jauh dari Sungai Maron. Pantai pasir hitam inilah yang kerap menjadi spot para wisatawan untuk sekedar bersantai merasakan hembusan angin atau bermain air di tepian pantainya. Bahkan, pantai berpasir hitam ini seakan menjadi surga tersembunyi bagi para pengunjung yang bertandang ke Sungai Maron.

Alamat:
Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63552)

5. Pantai Pidakan

pantai pidakan
instagram.com/anitasaputtri

Berbeda dari Pantai Klayar yang didominasi dengan pasir putihnya, Pantai Pidakan justru dipenuhi dengan batu koral yang berserakan di sepanjang garis pantai. Kendati demikian, Pantai Pidakan menjadi tempat wisata bagi wisatawan yang ingin berenang atau sekedar bermain air laut dengan aman. Apalagi mengingat Pantai Pidakan memiliki ombak yang cukup tenang.

Tidak heran jika Pantai Pidakan menjadi salah satu destinasi berwisata bersama keluarga. Selain cocok digunakan untuk bersantai-santai, area Pantai Pidakan yang cukup luas dan datar juga bisa dijadikan salah satu lokasi untuk berkemah. Maka jangan kaget jika setiap akhir minggu terdapat beberapa tenda yang berada di dalam area tempat rekreasi ini. 

pantai pidakan
instagram.com/indraiswanto84

Area Pantai Pidakan juga terbilang nyaman karena banyaknya pohon kelapa di sekitar yang menjadikan tempat rekreasi ini terasa rindang dan sejuk. Kamu yang ingin merasakan sendiri keindahan Pantai Pidakan tidak perlu bingung. Pasalnya, area wisata ini masih berada di sekitar Jalur Pantai Selatan, sama halnya dengan Pantai Klayar sehingga lebih mudah ditemukan. 

Alamat:
Gedeg Wetan, Jetak, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63571)

Baca juga: 7 Objek Wisata Wonosobo yang Membuatmu Lupa sedang Berada di Dunia karena Keindahannya
6. Pantai Karang Bolong

pantai karang bolong
instagram.com/jarambahnusantara

Selain Pantai Klayar yang terkenal akan Seruling Samuderanya, kamu juga wajib mendatangi Pantai Karang Bolong. Seperti namanya, tempat berwisata ini memang memiliki satu batu karang besar yang berlubang. Bahkan, lubang yang terbentuk akibat hantaman ombak tersebut seakan membuat batu karang berbentuk seperti jembatan yang menjorok ke laut. 

pantai karang bolong
instagram.com/galeriwisatajatim

Selain daya tarik batu karang berlubangnya, turis yang datang ke pantai ini juga dapat menikmati air terjun yang langsung mengucur ke laut. Tidak jarang jika spot satu ini menjadi salah satu titik foto yang paling banyak didatangi pelancong. Nah, bagi yang tertarik untuk menjelajah keindahan Pantai Karang Bolong, destinasi satu ini tidak jauh dari lokasi Pantai Klayar berada. 

Alamat:
Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63554)

7. Gua Gong

gua gong
instagram.com/bambangkusaeri

Keindahan goa bawah tanah di Jawa Timur tidak hanya tersebar di wilayah pesisir utara saja. Hal ini dibuktikan dengan megah dan cantiknya bebatuan bawah tanah yang terhampar di Goa Gong, Pacitan. Saking spektakulernya, Gua Gong menjadi salah satu ikon tempat berlibur di Pacitan selain Pantai Klayar.

Apalagi seperti yang telah diketahui, Pacitan juga dikenal sebagai kota seribu goa-nya. Terkait dengan Goa Gong, stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya bahkan disebut-sebut sebagai ukiran bumi terindah yang ada di penjuru Asia. Tidak heran jika Goa Gong selalu ramai oleh turis lokal dan manca. 

gua gong
instagram.com/lillylaguna

Sebagai tambahan informasi, nama Goa Gong sendiri berasal dari bunyi tetesan airnya yang terdengar seperti pukulan gong, alat musik tradisional khas Jawa. Pengunjung dapat menyusuri goa yang memiliki kedalaman 256 meter ini dengan berjalan kaki. Tidak perlu khawatir tersesat karena di sepanjang goa sudah terdapat patchwalk yang memudahkan wisatawan menjelajah goa.

Keunikan lainnya dari Goa Gong adalah adanya kolam alami yang terbentuk di dalam goa. Tidak tanggung-tanggung, terdapat lima kolam berbeda yang dapat wisatawan kunjungi. Sebut saja seperti kolam Rogo, Panguripan, Jiwo, Kamulyan dan Ralung Nisto. Air yang berasal dari kolam alami tersebut dipercaya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit, lho!

Alamat:
Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan (63553)

8. Gunung Sepang

gunung sepang
instagram.com/im_asrori
Siapa bilang Pacitan hanya memiliki Pantai Klayar? Kamu yang hobi berkemah dan memandang hamparan hijau perbukitan dapat langsung memacu kendaraan ke arah Gunung Sepang. Gunung Sepang sendiri merupakan salah satu spot tertinggi yang berada di Tulakan.
Gunung Sepang merupakan salah satu tempat yang paling banyak didatangi oleh para turis. Tidak heran jika mengingat tempat ini menyajikan pemandangan alam yang cukup luas dan membuat siapa saja terkesima. Apalagi dari Gunung Sepang akan terlihat perbukitan yang tersebar di wilayah Pacitan sekaligus birunya Samudera Hindia yang membentang. 
gunung sepang
instagram.com/pacitan_paradise
Jika kamu memutuskan untuk berkemah, area camping ground Gunung Sepang berada di puncaknya. Area tersebut memiliki tanah lapang yang cukup lebar dan datar.  Tidak heran jika setiap akhir minggu area Gunung Sepang dipenuhi beberapa tenda.
Sebagai tambahan informasi, Gunung Sepang menjadi salah satu referensi tempat untuk sekedar menghindar dari hiruk pikuk perkotaan. Selain memiliki jarak yang cukup dekat dengan kota, medan tracking menuju puncaknya pun tidaklah terlalu sulit bahkan untuk pemula. Tak hanya memberikan pemandangan menakjubkan di saat hari masih cerah,  saat malam tiba pemandangan lampu dari perkotaan di bawah akan terlihat semakin menarik.
Alamat:
Gunung Sepang, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

9. Pantai Srau
pantai srau
instagram.com/exploredolen.id
Selain Pantai Klayar, kamu yang berniat mendatangi kota asal mantan Presiden SBY ini juga dapat menjadwalkan untuk pergi ke Pantai Srau. Pantai berpasir putih ini memiliki daya tarik tersendiri dengan perbukitan hijau di sisi kanan dan kirinya. Ombaknya yang cukup besar juga menjadikan Pantai Srau sebagai salah satu tempat surfing selain Pantai Klayar.
Tak hanya melihat para surfer yang sibuk menaklukan ombak, pelancong yang berada di Pantai Srau juga dapat bermain air dan menjelajah bukit di sekitar. Bahkan, Pantai Srau menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup Instagrammable. Salah satu spot foto terbaik yang ada di Pantai Srau berada di sekitar karang berlubang yang juga membingkai pulau karang kecil nun jauh di sana. 
pantai srau
instagram.com/kharismanissa
Sebagai tambahan informasi, rival Pantai Klayar ini kerap disebut sebagai pantai perawan karena lokasinya yang masih belum banyak didatangi oleh pengunjung. Tidak heran jika kamu serasa berada di pantai milik sendiri saat berada di sini. Selain berjalan menyusuri pasir putihnya yang halus, menjelajah bukit karang yang ada di sekitar Pantai Srau juga menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi bukit karang satu ini terbagi menjadi tiga area dengan suguhan pemandangan yang unik dan berbeda-beda. 

Alamat:
Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63552)
10. Pantai Kasap

pantai kasap
instagram.com/aisyah_fatin

Raja Ampat merupakan salah satu tempat berlibur yang paling indah di Indonesia. Apalagi gugusan pulau karang yang menjulang tinggi semakin menambah keeksotisan surga tersembunyi satu ini. Sayangnya, untuk berlibur ke Raja Ampat membutuhkan biaya yang tidak murah sehingga membuat sebagian travellers urung melakukannya. Namun, kamu tak perlu bersedih karena versi mini dari Raja Ampat juga bisa ditemui di Pacitan. 

Ialah Pantai Kasap yang suguhan sceneric view-nya tidak jauh berbeda dengan Raja Ampat. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan dari puncak bukitnya yang hijau. Sepanjang mata memandang, area Pantai Kasap juga didominasi dengan pulau karang kecil yang tersebar di tengah laut. Sama persis dengan bebatuan karang yang ada di Raja Ampat. 

pantai kasap
instagram.com/septiecepty
Pantai Kasap juga menjadi tempat rekreasi yang pas bagi sobat Qupas yang mengaku sebagai sunset hunter. Beruntungnya lagi, area Pantai Kasap terletak di tempat yang berdekatan dengan Pantai Watukarung. Tidak heran jika pengunjung dapat mendatangi bagian barat Pantai Watukarung sembari menunggu sunset tiba. 

Alamat:
Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

11. Sentono Gentong

sentono gentong
instagram.com/andika_widaswara

Destinasi lainnya yang dapat dikunjungi selama berada di Pacitan adalah Sentono Gentong. Kawasan wisata satu ini tidak hanya menyajikan panorama lautan yang dilihat dari atas bukit saja. Pengunjung juga dapat mempelajari sejarah yang menjadi saksi bisu di tempat ini.

Siapa yang menyangka jika Sentono Gentong merupakan lokasi di mana para tokoh ulama dari Kalingga Selatan sempat singgah. Para ulama dari India tersebut tidak hanya melakukan perdagangan di tanah Jawa. Usut punya usut, kedatangan ulama dari Kalingga Selatan tersebut juga berkaitan dengan awal mulanya penyebaran agama Islam di Pacitan. 

sentono gentong
instagram.com/sentono_gentong

Mungkin banyak dari kamu yang penasaran mengapa wisata satu ini dinamakan Sentono Gentong. Dinamakan demikian lantaran pada saat itu, para tokoh agama yang berasal dari tanah India membawa gentong-gentong berisi air. Bahkan, banyak masyarakat yang meyakini jika gentong berisi air yang digunakan untuk berwudhu tersebut tidak pernah kosong karena air di dalamnya yang selalu berlimpah.

Alamat:
Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (63552)

Siapa yang akan menyangka jika ikon wisata dari Pacitan bukan hanya Pantai Klayar saja. Terdapat sejumlah pantai yang tak kalah indah dan mengesankan dari Pantai Klayar yang terbentang di pesisir selatan Pacitan. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menikmati suguhan alam yang tak terlupakan dari sejumlah tempat wisata lainnya yang berada di ketinggian.

0 Comment