Pantai Menganti, Wisata Kebumen yang Diselimuti Kisah Penantian Seorang Kekasih

07 April 2019, at 04:00
0
0
Pantai Menganti, Wisata Kebumen yang Diselimuti Kisah Penantian Seorang Kekasih

Liburan ini sudah punya rencana kemana? Qupas punya rekomendasi tempat wisata di Kebumen nih. Namanya Pantai Menganti. Pernah dengar atau mampir ke sini?

Ternyata selain punya pesona alam yang cantik, pantai di Kebumen ini juga punya kisah unik lho. Salah satunya tentang penantian seorang kekasih.

Baca juga: Ada Destinasi Jembatan Kaca di Kebumen!

Mau tahu cerita lengkapnya seperti apa? Yuk simak ulasan berikut sambil mengintip kecantikan Pantai Menganti!

1. Keindahan tersembunyi di balik perbukitan karst

wisata pantai menganti kebumen
instagram.com/allesayu

Pantai Menganti masih termasuk baru dan dibuka sejak tahun 2011 lalu. Sebelumnya, destinasi di Jawa Tengah ini menjadi tempat pendaratan nelan setelah mereka pulang mencari ikan.

Suguhan alam berupa hamparan pantai yang dipadukan dengan perbukitan karst dan barisan dataran tinggi bernuansa hijau siap memesonamu.

wisata pantai menganti jawa tengah
instagram.com/trendych

Nggak cuma bisa turun ke pantai, kamu juga bisa naik ke atas bukit bernama Tanjung Karangbata. Dari sini, lanscape Samudera Hindia dan sebuah pulau karang bisa kamu lihat.

Di spot satu ini pun kamu juga bisa duduk santai sambil berteduh di gazebo yang sudah disediakan oleh pengelola.

2. Penantian seorang panglima

pantai menganti
instagram.com/msofyanaffandy

Di balik keindahannya, Pantai Menganti juga punya kisah unik terkait asal namanya. Konon dulu ada seorang panglima perang Kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke daerah pesisir selatan Jawadwipa.

Pelariannya itu karena ia dan sang pujaan hati nggak dapat restu dari sang raja. Keduanya pun berjanji untuk bertemu di tepi samudera yang punya pasir putih dan cantik.

pantai menganti kebumen
instagram.com/_elys07

Sepanjang hari, sang panglima terus menanti. Tapi sayang, pujaan hatinya itu nggak pernah datang. Meski begitu, ia tetap menanti di atas bukit kapur sambil memandang laut lepas.

Penantian sang panglima ini pun kemudian muncul nama Pantai Menganti. Bahkan cerita tersebut jadi legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Kisah Pantai Ngobaran, Saksi Bisu Runtuhnya Kerajaan Majapahit

3. Asal-usul nama Pantai Menganti

menganti beach
instagram.com/anggia_gita08

Menurut masyarakat setempat, Pantai Menganti berasal dari kata "menanti". Sesuai banget dengan cerita penantian seorang panglima di atas.

Selain itu, ada versi lain dari asal-usul pantai di Jawa Tengah ini. Kisahnya tentang persahabatan antara Wali Syekh Maulana Malik Ibrahim (salah satu Wali Songo) dan Syekh Subakir.

menganti beach kebumen
instagram.com/unnaaa__

Suatu hari keduanya melakukan perjalanan terpisah untuk menyebarkan agama Islam. Mereka pun berjanji untuk bertemu kembali di kawasan Pantai Menganti ini.

Syeck Maulana sampai lebih dulu dan menunggu sang sahabat. Mereka pun bertemu dan kembali melanjutkan perjalanan masing-masing.

4. Lokasi dan tike masuk Pantai Menganti

wisata pantai menganti
instagram.com/asa.hidie

Secara administratif, lokasi Pantai Menganti ada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Wisata ini pun mudah dijangkau pakai kendaraan pribadi.

Ada dua jalur yang bisa kamu gunakan. Pertama lewat rute Kebumen ke arah Petanahan, Puring, Suwuk, kemudian menuju Menganti. Tapi medan di rute ini kurang bersahabat.

Ada lagi rute kedua dari Kecamatan Gombong lewat Pantai Logending ke arah selatan. Jaraknya sekitar 45 kilometer dengan estimasi waktu selama kurang lebih 1,5 jam berkendara. Rute ini lebih gampang daripada jalur pertama tadi.

pantai menganti jawa tengah
instagram.com/ayusakti_

Soal harga tiket masuk, kamu cukup sediakan budget mulai dari Rp10.000,00 saja. Dengan tarif tersebut, kamu pun bisa puas main dari jam 07.00-17.00 WIB.

So, kapan nih mampir ke Pantai Menganti? Kalau lagi mampir ke Kebumen, jangan lupa mampir ke wisata yang punya legenda unik ini ya! Apalagi harga tiket masuknya super murcek (murah cekali. hehehe).

0 Comment