Qupas Travel

Pantai Sendiki, Wisata Malang Selatan yang Serasa Jadi Milik Pribadi

10 March 2020, at 04:00
Pantai Sendiki, Wisata Malang Selatan yang Serasa Jadi Milik Pribadi

Malang Selatan memiliki sederet pantai yang sangat memanjakan mata. Pantai Sendiki adalah salah satunya. Pernah dengar?

Seperti beberapa pantai di Malang lainnya, hamparan pasir putih dan dipadukan dengan panorama alam yang masih asri bisa kamu temukan di wisata ini.

Meski begitu, ada beberapa hal yang membedakannya dari destinasi lain. Apa saja sih?

1. Pantai di Malang yang relatif sepi

Pantai Sendiki (Foto: instagram.com/syanalnayla)
instagram.com/syanalnayla

Salah satu keistimewaan pantai di Malang Selatan ini adalah suasananya yang relatif masih sepi pengunjung. Nggak heran kalau alamnya masih cukup terjaga.

Seperti pantai selatan lain, ombak di wisata ini cukup besar. Jadi jangan berharap untuk bisa berenang bebas, ya!

Meski begitu, kamu masih bisa menikmati berbagai kegiatan lain yang nggak kalah asyik. Misalnya berjalan di area bibir pantai dengan pasir putihnya yang halus, swafoto, atau santai di kawasan pepohonan.

2. Tempat camping yang asyik di Malang

Camping Pantai Sendiki Malang (Foto: instagram.com/naufalhrndptra)
instagram.com/naufalhrndptra

Cari tempat camping di Malang yang seru? Pantai Sendiki bisa kamu jadikan alternatif.

Dengan fasilitas yang memadai seperti tersedianya musala, toilet, hingga ayunan bambu, pasti acara berkemahmu akan lebih asyik. Apalagi kalau bawa tenda sendiri, kamu cuma perlu bayar Rp20 ribu.

Penginapan di Pantai Sendiki (Foto: instagram.com/syarahaqiiz)
instagram.com/syarahaqiiz

Nggak bawa tenda? Kamu juga bisa menyewanya dengan harga yang murah banget, yaitu sekitar Rp30 ribuan.

Selain camping, kamu juga bisa menginap di akomodasi berupa homestay dan cottage unik yang ada di atas pohon saat berada di sini. Tarif per malamnya sekitar Rp150 ribu untuk kapasitas 3 orang. Murah kan?

3. Mitos Pantai Sendiki

Ayunan Bambu Pantai Sendiki (Foto: instagram.com/ariskiwhydi)
instagram.com/ariskiwhydi

Pantai Sendiki Malang bukan cuma menyajikan pemandangan alam yang indah. Sama seperti wisata di Indonesia yang lain, ada mitos yang melekat di destinasi ini.

Konon, pantai ini ditemukan oleh 4 orang sahabat. Kemudian 3 diantara mereka untuk membagi lahan dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda wilayah. Sementara orang terakhir bernama Mbah Singo Lelono merasa bingung saat memilih wilayahnya.

Setelah bertanya pada ketiga sahabatnya, Mbah Singo Lelono menancapkan patok kayu dan memberi nama Pantai Sendiki. Entah benar atau nggak cerita ini, tapi kalau kamu berjalan ke arah kiri pantai, kamu akan menemukan makam batu bertuliskan "Singo Lelono" yang dianggap leluhur oleh penduduk setempat.

Baca juga: Pantai Jembatan Panjang, Wisata Malang Selatan Dekat Balekambang yang Kental Akan Mitosnya

4. Wisata murah di Malang Selatan

Api Unggun di Pantai Sendiki (Foto: instagram.com/ed_ptr)
instagram.com/ed_ptr

Selain karena keindahan dan cerita mitos yang menarik, wisata di Malang Selatan ini juga recommended untuk dikunjungi backpacker atau traveler yang lagi hewat budget.

Ini karena tiket masuk Pantai Sendiki murah, yaitu cuma Rp5 ribu per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sekitar Rp5 ribu. Eits, biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung para pengelolanya ya!

5. Cara ke Pantai Sendiki Malang

Ayunan Pantai Sendiki (Foto: instagram.com/nurrohmah__)
instagram.com/nurrohmah__

Lokasi Pantai Sendiki sendiri ada di Tambakrejo, Sumbermanjing. Dari pusat Kota Malang, jaraknya cuma sekitar 60 kilometer atau kamu memerlukan waktu sekitar 2 jam berkendara untuk sampai ke pantai ini.

Untuk menuju lokasi, kamu bisa menggunakan motor atau mobil. Karena jalan cukup sempit, jadi lebih baik nggak membawa elf saat menuju wisata pantai ini.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Pantai Sendiki yang memesona. Selain masih sepi dan tiket masuknya murah, berbagai hal menarik akan kamu dapatkan selama liburan di tempat wisata Malang ini. Yuk langsung berangkat!