Pantai Tersembunyi di Ujung Kota Jember ini Cocok Buat Kamu yang Suka Berpetualang

12 July 2018, at 09:04
1
0
Pantai Tersembunyi di Ujung Kota Jember ini Cocok Buat Kamu yang Suka Berpetualang

Kota Jember merupakan salah kota yang berada di ujung Timur Pulau Jawa. Diapit dengan gunung, menjadikan kota yang satu ini sangat kaya akan hasil alamnya, salah satunya tembakau. Ya, Jember memang sangat terkenal akan hasil tembakau, sampai-sampai kota dingin ini dijuluki sebagai Kota Tembakau oleh kebanyakan orang di luar Jawa.

Namun, selain kaya akan hasil alamnya, ternyata Jember juga dihimpit dengan bentangan biru yang luas, yakni laut selatan. Maka dari itu, tak heran pula jika salah satu mata pencaharian terbesar masyarakat di kota ini adalah sebagai nelayan.

Tapi, terlepas dari itu semua, tahukah kamu bahwa di Jember ternyata ada sebuah pantai yang jarang terekspos media. Pantai ini digadang sebagai aset serta surganya Jember yang tersembunyi. Namanya pun cukup unik, yakni Pantai Kucur. 

 

Instagram.com

 

Mungkin kamu pernah mendengar istilah kucur dari salah satu jajanan tradisional, bukan? Penamaan pantai tersebut bukan tanpa alasan, tapi karena bentuknya memang menyerupai jajan kucur, yakni bulat dan berpusat pada bagian tengah. Uniknya lagi, pantai ini berada di tengah pulau yang mengharuskan setiap pengunjungnya untuk menyeberangi lautan terlebih dahulu.

 

Instagram.com

 

Jika kamu ingin mengetahui pesona pantai Kucur, pertama-tama kamu harus menaiki perahu yang akan membawamu ke sana. Kamu bisa menaiki perahu dari Kecamatan Puger yang lokasinya tak terlalu jauh dari pantai Kucur. Setelah itu, kamu akan sampai di tepian pulau tersembunyi dan kamu pun harus berjalan sekitar 30 menit melewati tebing serta pepohonan untuk sampai di pusat Kucur, yakni kolam dan pantai.

 

jember.travel

 

Memang cukup aneh, mengapa bisa ada kolam di dalam pulau tersebut? Kabarnya, kolam itu peninggalan dari zaman nenek moyang. Selain itu, air kolam yang mengalir derasnya tersebut dipercaya bisa membuat awet muda jika membasuhnya ke wajah secara rutin. Namun, ada satu pemandangan yang tidak akan bisa kamu lupakan jika berada di sana, yakni kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana para nelayan melawan derasnya gelombang ombak yang terbentang langsung hingga ke laut selatan.

Nah, siapa sih yang bisa menolak keindahan seperti yang tergambar di atas? Jadi kapan nih kamu mampir?

0 Comment