Pantai Tureloto, Laut Mati di Indonesia yang Punya Sejuta Pesona

31 January 2019, at 11:00
0
0
Pantai Tureloto, Laut Mati di Indonesia yang Punya Sejuta Pesona

Laut mati mungkin dianggap hanya ada di wilayah Israel dan Yordania. Tapi tahukah kamu kalau perairan dengan kadar garam tinggi itu juga ada di Tanah Air?

Yap! Tepatnya di Pantai Tureloto, Kabupaten Nias Utara, kamu bisa menikmati keindahan laut mati dengan karakteristik seperti wilayah perairan di dua negara tersebut.

Mau tahu seperti apa penampakan 'laut mati-nya Indonesia' tersebut? Langsung saja deh simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Kadar garam laut mati-nya Indonesia

pantai tureloto nias
wonderfulnias.com

Ingin bisa menikmati sensasi mengapung di atas permukaan, tapi nggak jago berenang? Kabar baiknya, Pantai Tureloto tidak akan membuatmu tenggelam.

Seperti laut mati Yordania, kadar garam yang lumayan tinggi. Tapi kandungan garam di pantai ini hanya sekitar 32 persen. Jadi kamu nggak perlu khawatir tenggelam dan tetap bisa mengapung di permukaan laut.

pantai tureloto nias sumatera utara
mymilk.com

Kelebihan dari Pantai Tureloto ini adalah panorama bawah laut. Selain gugusan karang yang indah, ada juga ikan-ikan yang berenang di wilayah perairan ini.

Meski kadar garam di kawasan pantai ini cukup tinggi, namun tetap ada kehidupan kok. Jadi nggak sabar untuk mampir di wisata Sumatera Utara ini ya?

2. Pesona Laut Mati-nya Indonesia

pesona laut mati di indonesia pantai tureloto
instagram.com/vancezebua

Laut mati di Indonesia ini pesonanya memang nggak pernah habis. Lihat saja gambar laut mati Indonesia di atas. Cantik, kan?

Saat berada di sini, kamu bisa menyaksikan gugusan karang yang berada di beberapa ratus meter dari bibit pantai.

Karang tersebut tampak berjajar menyerupai benteng sebagai pemecah ombak. Inilah yang membuatmu nggak menemukan ombak besar di Pantai Tureloto.

Beberapa tahun silam, tempat wisata ini seperti pantai pada umumnya. Di sana terdapat pasir yang melimpah di pesisirnya.

pesona laut mati indonesia pantai tureloto
instagram.com/putragulo_

Tapi pasca terjadi gempa dan Tsunami yang melanda Sumatera pada tahun 2005 lalu, menjadikan area pantai tersebut terdapat banyak batu karang yang tersebar.

Baca juga: Wow! Wisata di Indonesia Terindah Ini Ternyata Terbentuk Akibat Bencana Alam

Ada pula batu karang yang memiliki bentuk unik, bahkan menyeruapi otak manusia. Jadi nggak heran kalau masyarakat sekitar menyebutnya sebagai "Batu Otak".

Selain itu, keindahan bawah laut pantai ini juga bisa dibilang sangat cantik. Aneka biota laut yang unik dan terumpu karang yang masih terjaga kelestariannya bisa kamu saksikan dengan cara snorkeling.

3. Fasilitas dan akomodasi Pantai Tureloto

fasilitas pantai tureloto
instagram.com/fandellahagu

Mau tahu apa lagi hal yang menarik dari Pantai Tureloto? Salah satunya adalah menikmati suasana area perairan asin ini dengan menggunakan perahu nelayan.

Hal merarik lainnya dari wisata pantai indah di Indonesia ini adalah adanya fasilitas yang lumayan lengkap. Mulai dari toilet hingga tempat makan yang menyajikan menu makanan laut dengan bumbu khas Nias ada di sini.

fasilitas di pantai tureloto
instagram.com/olga_utami_putri

Tepat di sore hari, kamu bisa menikmati ikan bakar dengan bumbu khas Nias, yakni rasa asam dan gurih yang berpadu satu. Soal harga, kamu cukup menyediakan budget mulai dari sepuluh ribuan saja kok.

Tempat makan sudah ada. Tapi ada satu lagi yang kurang, yakni akomodasi di sekitar pantai. Jika kamu membutuhkan penginapan, maka kamu harus menuju kota terdekat.

4. Lokasi dan akses masuk

lokasi pantai tureloto
instagram.com/rickyung

Lalu dimana letak laut mati di Indonesia ini? Tepatnya di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, kamu bissa menyaksikan kecantikan Pantai Tureloto.

Jarak dari pusat Kota Gunung Sitolo sendiri adalah sekitar 80 kilometer. Kamu bisa menempuh perjalanan dari Bandara Binaka Nias dengan menggunakan kendaraan. Estimasi waktunya sendiri kurang lebih selama dua jam.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah pagi maupun siang hari. Sebab kamu bisa menyaksikan keindahan perpaduan warna biru laut dan pasir putih berkilauan yang menyejukkan mata.

akses ke pantai tureloto
instagram.com/abdielbyz

Selain itu, ketika di waktu pagi maupun siang, aktivitas berenang tentu lebih menyenangkan. Apalagi kegiatan hunting foto bisa dilakukan juga.

Nah, itulah beberapa fakta tentang laut mati yang ternyata juga ada di Indonesia. Nggak kalah cantik dari laut mati Yordania kan? Maka berbanggalah wahai kaum milenial terhadap Tanah Air kita ini.

Apalagi masih banyak keindahan Indonesia yang dapat kamu nikmati. Kalau mau tahu informasinya dengan lebih mudah, langsung saja download aplikasi Qupas melalui Play Store dan App Store. Mumpung gratis, lho!

0 Comment