Pantas Cepat Rusak, 5 Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Ini Ternyata Salah Besar

17 January 2019, pada 03:00
0
0
Pantas Cepat Rusak, 5 Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Ini Ternyata Salah Besar

Lemari es atau kulkas merupakan barang yang biasanya digunakan untuk menyimpan makanan. Tetapi, apakah benar makanan yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan dan tetap aman untuk dikonsumsi?

Pada kenyatannya, kulkas tidak mampu membunuh bakteri namun hanya memperlambat pertumbuhannya. Akan tetapi bagaimana pun benda pendingin ini memang berguna sebagai pengawet makanan?

membuka kulkas
himitepa.lk.ipb.ac.id

Disisi lain, banyak orang yang mengeluh bahwa makanan tetap cepat rusak meskipun disimpan dalam mesin pendingin tersebut. Hal ini mungkin bukan disebabkan oleh cara penyimpanan yang kurang tepat.

Kebanyakan orang menganggap bahwa menyimpan makanan di kulkas saja sudah cukup. Mereka tidak memperhatikan apakah cara tersebut benar atau salah. Ini 5 kesalahan menyimpan makanan di kulkas yang sering dilakukan.

1. Suhu Kulkas

Menyimpan makanan dalam kulkas memang terlihat mudah. Sebagian besar orang tidak memastikan berapa suhu kulkas. Pemikiran seperti, “asalkan sudah dingin, berarti sudah cukup” lah yang seharusnya dihindari.

Makanan yang disimpan dengan suhu yang tidak tepat akan membuatnya lebih mudah busuk. Meskipun sudah dingin, kamu tetap perlu mengecek kembali untuk memastikan bahwa suhunya sudah pas.

Usahakan untuk mengatur suhu pendingin lebih rendah 1 derajat daripada yang diinginkan. Misalnya, kamu disarankan untuk menyimpan daging sapi dengan suhu 4 derajat celcius. Maka aturlah temperatur kulkasmu menjadi 3 derajat celcius.

Hal ini akan membuat makanan bisa bertahan lebih lama. Selain itu, kesegaran dan keamanannya juga akan lebih terjamin.

2. Mencampur Makanan

mencampurkan makanan
infocicak.wordpress.com

Kebanyakan pengguna kulkas hanya memasukkan makanan dengan asal tanpa mengkategorikannya. Makanan yang dicampur-campur akan menjadi lebih mudah rusak. Pastikan menatanya sesuai dengan arahan dan kegunaan kulkas.

Taruhlah telur di tempat yang telah disediakan, biasanya ada pada pintu bagian atas. Begitu pula dengan sayuran, bahan makanan yang satu ini memerlukan kelembapan tinggi. Alhasil, kamu harus memasukkannya ke laci sayuran.

cara menata makanan di kulkas
home.co.id

Jangan mencampurkan buah dengan sayuran karena buah membutuhkan lebih banyak udara. Jika ingin menyimpan daging mentah dalam waktu yang singkat, taruhlah di rak paling bawah. Hal ini akan mencegah kontaminasi dengan makanan lain.

Begitu pula dengan bahan-bahan lainnya. Jangan malas dan mencampurkannya begitu saja. Kategorikanlah makanan dengan yang serupa.

3. Makanan Panas

makanan pedas
lifestyle.thecable.ng

Menyimpan makanan panas dalam lemari pendingin merupakan kesalahan besar. Hal ini akan membuat kulkas bekerja keras untuk mendinginkannya. Jika dilakukan secara terus-menerus akan mengakibatkan kerusakan.

memasukkan makanan panas ke dalam kulkas
shutterstock.com

Selain itu, memasukkan makanan panas ke dalam kulkas juga akan merusak makanan tersebut. Bukan hanya nutrisinya yang akan cepat menguap, namun bakterinya juga akan cepat menyebar ke makanan lain.

Usahakan untuk mendinginkan makanan terlebih dahulu sebelum disimpan di pendingin. Jika terburu-buru, sebaiknya tinggalkan saja makanan di luar untuk sementara.

Baca Juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggosok Gigi

4. Terlalu Penuh

terlalu penuh
k975.ca

Lemari es yang terlalu penuh akan bekerja lebih kuat untuk menjaga suhu di dalamnya. Selain merusak kulkas, hal ini juga akan membuat sirkulasi udara di dalamnya menjadi minim.

Usahakan untuk menyimpan makanan sesuai dengan kategori dan tidak terlalu penuh. Sebelum memasukkan makanan, ada baiknya jika kamu memberi label.  Hal ini akan memudahkan kamu untuk melihat makanan tersebut harus segera dimakan atau tidak.

menandai makanan dalam kulkas
heatherbauer.com

Dengan seperti itu, kamu tidak akan menyimpan makanan rusak dalam kulkasmu. Lemari pendingin pun menjadi lebih kosong dan tidak terlalu penuh. Jika tidak, kamu bisa memilah kembali apa saja yang kamu masukkan ke dalamnya.

Bahan masakan yang tahan lama seperti saos, bumbu-bumbu, umbi-umbian, bawang, dan lain sebagainya bisa kamu keluarkan.  

5. Tidak Dibersihkan

kulkas tidak dibersihkan
hellosehat.com

Kebersihan lemari es ternyata juga berpengaruh dengan cepat atau tidaknya makanan menjadi busuk. Kulkas yang kotor akan menyimpan banyak bakteri di dalamnya.

Hal tersebut bisa terkontaminasi dengan makanan dan membuatnya menjadi rusak.

membersihkan kulkas
hellosehat.com

Selain membersihkan lemari pendingin dari kotoran, kamu juga harus rutin membersihkan makanan yang sudah tidak layak. Jangan sampai hal tersebut terus berada dalam kulkas dan membusuk di sana.

Sebab makanan akan lebih mudah busuk jika berdekatan dengan yang sudah rusak.

Itu dia 5 kesalahan dalam penyimpanan makanan yang ternyata sering dilakukan. Kamu juga sering melakukannya?

Mulai sekarang, coba lakukan cara-cara yang tepat menyimpan makanan dalam lemari pendingin. Jika kamu tidak malas melakukannya, dijamin makananmu tidak akan cepat rusak.

Sayang sekali kan jika makanan yang seharusnya masih layak menjadi tidak bisa dimakan karena kesalahan cara penyimpanan?

0 Komentar