Parah! Akibat Main HP Setiap Hari, Mata Anak 2 Tahun Ini Sampai Minus 9

17 June 2019, at 07:00
0
0
Parah! Akibat Main HP Setiap Hari, Mata Anak 2 Tahun Ini Sampai Minus 9

Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang umum dialami oleh banyak orang. Penyakit yang dalam dunia medis disebut sebagai miopi ini merupakan kondisi di mana seseorang merasa kesulitan untuk melihat dengan jelas objek yang jaraknya jauh.

Siapa saja bisa mengalami mata minus, termasuk anak-anak karena masalah kesehatan tersebut juga termasuk dalam penyakit yang dapat diwariskan atau diturunkan.

Akan tetapi, kisah memilukan datang dari Tiongkok, tentang seoarang anak berusia 2 tahun yang didiagnosa menderita rabun jauh parah yaitu minus 9.

Baca Juga: Sudah Pakai Kacamata, Minus Justru Bertambah? Ini Lho Penyebabnya

Mengingat bahwa rabun jauh memang bisa diturunkan, sebanarnya nggak heran kalau anak kecil juga bisa mengalaminya. Namun, angka 9 yang terbilang sangat besar untuk minus cukup membuat banyak orang prihatin terhadap keadaan anak perempuan tersebut.

anak main hp
hellosehat.com

Parahnya lagi, hal itu nggak disebabkan oleh penyakit keturunan melainkan kelalaian orang tua dalam mendidik anak.

Perempuan yang bernama Xiao Man tersebut didiagnosa mengalami rabun jauh karena setiap hari bermain HP sejak usianya 1 tahun. Padahal, di usia yang masih sangat kecil tersebut nggak sebaiknya anak diberikan akses terhadap smartphone.

Hal tersebut dilakukan oleh orang tua Xiao Man karena merasa itu merupakan cara termudah untuk membuat buah hati mereka diam dan nggak rewel.

sakit mata
hellosehat.com

Xiao Man kemudian selalu memainkan smartphone sampai berjam-jam setiap hari. Sampai ia memiliki kebiasaan menyipitkan mata dan mengerutkan keningnya.

Orang tua gadis cilik itu nggak mencurigai apapun, padahal sebenarnya hal tersebut merupakan tanda-tanda awal terjadinya mata minus.

Meskipun dapat membuat anak berhenti rewel dengan cepat, akan tetapi cara tersebut sangat nggak disarankan karena paparan radiasi dari layar ponsel dapat berbahaya bagi kesehatan mata. Terutama bagi anak kecil yang sistem kekebalan tubuhnya masih lemah.

bermain dengan anak
pexels.com/@rawpixel

Pada akhirnya, keputusan untuk memberikan smartphone tersebut justru membuat mereka menyesal seumur hidup karena rabun jauh nggak bisa disembuhkan dan mungkin angkanya akan terus bertambah sampai Xiao Man besar.

Kejadian tersebut memberikan pelaharan bagi banyak orang. Anak usia di bawah 3 tahun memang sebaiknya nggak diberikan akses untuk menggunakan gadget.

Baca Juga: Vitamin A Saja Nggak Cukup, Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

Orang tua juga perlu lebih perhatian kepada anak dengan memberikan permainan yang lebih edukatif dan memberikan waktunya untuk bermain bersama.

Selain itu, perlu juga peka terhadap perubahan yang terjadi pada anak karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala penyakit. Parah sekali kan Sobat Qupas? Semoga hal seperti itu nggak terjadi kepada kamu ya.

0 Comment