Pasangan Alami Depresi? Berikan Cinta dan Dukunganmu dengan Cara Ini

07 May 2019, at 07:00
1
0
Pasangan Alami Depresi? Berikan Cinta dan Dukunganmu dengan Cara Ini

Memiliki kekasih atau pasangan merupakan hal yang menyenangkan. Kamu bisa melakukan hal-hal romantis, menyenangkan, dan berbagi tawa bersama.

Namun, nggak jarang juga hal tersebut menjadi sebuah tantangan. Misalnya, saat kamu harus dihadapkan pada kenyataan bahwa pasangan memiliki penyakit mental, seperti depresi.

Gangguan kesehatan mental tersebut dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk kekasihmu.

Baca Juga: Saat Pasangan Mengidap Penyakit Parah, Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mendukungnya

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan cinta dan dukungan pada pasangan yang sedang berjuang melawan depresi.

1. Pelajari Tentang yang Ia Alami

pelajari
pexels.com/@maggie-zhan-144531

Depresi bukanlah sesuatu yang dapat dipahami dengan mudah oleh semua orang. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu memperlajari lebih dalam tentang masalah yang tengah dihadapi oleh pasanganmu tersebut.

Mempelajarinya akan membuatmu lebih mengerti dan dekat dengan apa yang dialami oleh kekasih. Mungkin terkadang kamu merasa marah dan kesal, tapi hal tersebut adalah sesuatu yang normal.

2. Ada Untuknya

hadir
pexels.com/@annetnavi

Seseorang yang mengalami gangguan mental seperti depresi sangat membutuhkan dukungan dan kehadiran orang-orang tersayang.

Namun biasanya mereka lebih memilih untuk mengisolasi diri dari masyarakat, sulit untuk mengutarakan keinginan, dan nggak meminta bantuan kepada siapa pun.

ada
pexels.com/@rosie-ann-115355

Oleh sebab itu, kamu harus selalu peka terhadap segala perubahan yang ia lakukan untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan.

Kehadiranmu secara fisik akan membuatnya merasa didukung secara emosional. Nggak perlu banyak bertindak, kamu hanya perlu mendengarkannya dengan seksama.

3. Sadari Bahwa Kamu Nggak Bisa Menyembuhkannya

menyadari
pexels.com/@dtanpt

Bagaimanapun, kamu nggak bisa menyembuhkan pasangan yang sedang depresi. Hal ini harus kamu sadari agar masalah kesehatan tersebut nggak menyerangmu juga.

Kamu berperan sebagai pendukung yang berharga bagi pasangan, namun bukan berarti kamu mampu mengubah keadaannya dan menyembuhkannya.

Baca Juga: 5 Momen Terbaik dalam Hubungan, Kamu Suka yang Mana?

4. Bersikap Proaktif

bersikap proaktif
pexels.com/@jibarofoto

Menghadapi pasangan yang tengah berjuang melawan depresi harus membuatmu bersikap proaktif. Dukung segala hal yang bernilai positif dan diinginkannya.

Sekadar mendorongnya untuk melakukan hal-hal sederhana seperti berjalan-jalan, meditasi, atau menghirup segar sudah sangat berarti.

Namun, kamu nggak bisa memaksanya untuk melakukan hal-hal yang nggak ia inginkan. Buatlah pendekatan-pendekatan yang masuk akal agar ia mampu menerimanya.

5. Ajaklah Meminta Bantuan

meminta bantuan
pexels.com/@linkedin

Pasangan memang membutuhkan cinta, dukungan, dan perhatianmu. Namun sekali lagi, kamu nggak bisa menyembuhkannya.

Oleh sebab itu, gunakan cinta dan kasih sayangmu untuk mengajaknya berobat atau meminta bantuan psikolog sebagai orang yang lebih ahli dalam bidang tersebut.

6. Jangan Mudah Tersinggung

jangan mudah tersinggung
pexels.com/@punttim

Penderita depresi seringkali memandang sesuatu dengan sudut pandang yang negatif, meskipun sudah diperlihatkan sisi-sisi positifnya.

Kamu harus memahami hal tersebut agar nggak mudah tersinggung saat pasangan sedang kambuh. Semua hal akan terlihat lebih buruk di matanya, termasuk hubungan kalian. Maka, meskipun menyakitkan kamu nggak perlu terlalu ambil hati terhadap hal ini ya!

7. Pahami Dirimu

pamahi diri
pexels.com/@pedro

Selain memberikan perhatian dan lain sebagainya pada pasangan, memahami dirimu sendiri juga merupakan bentuk bantuan pada kekasih yang mengalami depresi lho.

Pasalnya, untuk terus berada di sisinya kamu juga membutuhkan fisik dan mental yang sehat. Depresi sangat mudah memengaruhi orang lain dan bisa jadi kamu juga mengalami dampak tersebut.

Baca Juga: Cara Menghadapi Perbedaan dengan Pacar Supaya Hubungan Tetap Lancar

Oleh sebab itu, mintalah bantuan orang lain untuk mendukung dirimu. Jangan segan untuk memberikan apresiasi atau “me time” apabila kamu membutuhkannya.

Nah, itu dia Sobat Qupas 7 hal yang harus kamu lakukan untuk mendukung pasangan yang sedang melawan depresinya.

0 Comment